7 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui

manfaat lidah buaya

Sudah digunakan sejak lama di sejumlah negara, banyak sekali manfaat lidah buaya yang perlu Anda ketahui, karena tanaman ini dianggap bisa sangat membantu berbagai masalah kesehatan hingga kecantikan.

Aloe vera, nama lain lidah buaya merupakan tanaman yang mudah ditemui di kawasan kering. Memiliki duri dan berwarna hijau, daun lidah buaya mempunyai daging yang tebal dengan kandungan gel dan getah (lateks), dua komponen yang banyak diolah dan dimanfaatkan. 

Sejumlah penelitian menyebutkan tanaman ini kaya akan senyawa dan nutrisi yang baik untuk tubuh, antara lain Vitamin A, C, E, B12, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, asam folat, kalium, natrium dan masih banyak lagi.

Kandungan vitamin dan mineral yang luar biasa dari aloe vera memang memberikan manfaat yang juga besar misalnya, Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, kulit dan fungsi neurologis.

Sementara Vitamin C merupakan komponen penting yang melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, penyakit mata hingga kerutan kulit. 

Lidah buaya juga mengandung banyak enzim yang semuanya membantu mengurangi peradangan di kulit serta pemecahan gula dan lemak tubuh. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain sebagai obat-obatan, lidah buaya juga bisa digunakan untuk kecantikan misalnya untuk merawat kulit dan rambut.

Jadi penasaran ya, apa saja sih sebenarnya manfaat lidah buaya?

1. Manfaat lidah buaya, mengatasi segala masalah kulit 

manfaat lidah buaya
photo : pixabay
Dalam hal ini manfaat lidah buaya yang paling dikenal adalah mengatasi luka bakar. Sejak puluhan tahun lalu di Amerika salep dari lidah buaya sudah dilegalkan jadi obat yang dijual bebas untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit. 

Kandungan zat anti-inflamasi di dalamnya berguna untuk menyembuhkan luka luar, sementara kandungan anti-bakterinya efektif melawan infeksi, sehingga mempercepat penyembuhan.

Lalu banyak juga penelitian yang membuktikan bahwa lidah buaya memiliki peran dalam mengatasi iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis atau rosacea.

Kandungan lidah buaya juga dianggap bisa mengembalikan kelembapan kulit yang hilang akibat paparan ultraviolet.

2. Manfaat lidah buaya, mengatasi masalah pencernaan 

Anda yang mengalami sembelit, bisa menggunakan lateks lidah buaya yang mengandung antrakuquinon karena menghasilkan pencahar ampuh dengan meningkatkan kadar air di usus, dan menstimulasi sekresi lendir.

Dipercaya juga jika Anda mengonsumsi jus lidah buaya akan efektif dalam menjaga keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi dan mendorong bakteri pencernaan.
manfaat lidah buaya
photo : pixabay


3. Manfaat lidah buaya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Kandungan enzim di lidah buaya bisa memecah protein jadi asam amino, kemudian mengubah enzim menjadi bahan bakar untuk setiap sel sehingga memungkinkan sel berfungsi dengan baik. 

Lidah buaya juga akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh Anda akan meningkat.

4. Manfaat lidah buaya, menurunkan gula darah 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya mampu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu, dimana ini umumnya terjadi pada penderita diabetes. 

Dalam penelitian tersebut sejumlah penderita diabetes diberikan satu sendok makan gel lidah buaya selama enam minggu, dan ternyata hasilnya kadar glukosa darah dan trigliserida serum mengalami penurunan signifikan.

Dari segi kesehatan, manfaat lain lidah buaya adalah untuk mengatasi terlambat haid, serta masalah yang berhubungan dengan sendi dan tulang seperti osteoarthritis dan multiple sclerosis.


Nah setelah membahas manfaat lidah buaya untuk kesehatan, kini saatnya kita bahas manfaatnya untuk kecantikan ya:

5. Manfaat lidah buaya untuk wajah

manfaat lidah buaya
photo : pixabay
setelah mengetahui manfaat lidah buaya bagi wajah, kini sudah banyak orang yang mulai menggunakannya untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah, hingga mengatasi masalah-masalah seperti jerawat, komedo, pori-pori besar dan sebagainya.

Caranya pun relatif mudah, yakni Anda tingga mengambil bagian tengah lidah buaya, lalu tempel dan usapkan ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

Baca Juga : 7 Manfaat Tomat Untuk Wajah Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal

Oya, lidah buaya juga bisa melembapkan dan menghaluskan bibir lho! Jadi cocok untuk Anda yang memiliki masalah bibir pecah-pecah. 

6. Manfaat lidah buaya untuk kulit tubuh

Selain di bagian wajah, manfaat lidah buaya juga bisa dirasakan untuk kulit tubuh. Anda mungkin sudah tidak heran mendapati produk losion atau pelembab tubuh yang mengandung ekstrak lidah buaya.

Apalagi, lidah buaya selain bisa melembabkan dan mencerahkan juga bisa sebagai tabir surya alami yang menghindarkan Anda dari sengatan matahari. Cara pengaplikasiannya pun kurang lebih sama dengan wajah.

7. Manfaat lidah buaya untuk rambut

manfaat lidah buaya
photo : pixabay
Selain kulit, lidah buaya juga bagus untuk kesehatan rambut yang dianggap ampuh untuk  menghitamkan dan membuat rambut berkilau, hingga mencegah rambut rontok karena bisa menguatkan akar rambut. Bahkan sebagian juga percaya lidah buaya bisa menghilangkan ketombe.

Anda cukup gunakan masker lidah buaya sebelum keramas, yakni 2 kali sehari untuk bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.

Kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut. 

Selain digunakan begitu saja, Anda juga bisa mencampur lidah buaya dengan bahan alami lainnya seperti dengan lemon. 

Caranya Anda tinggal menyiapkan gel lidah buaya lalu campur dengan air perasan lemon lalu aduk rata, dan dinginkan di kulkas selama lebih kurang 1 jam. Ini bisa Anda aplikasikan setiap malam sebelum tidur.

Atau gunakan juga madu dan kunyit sebagai bahan campuran masker lidah buaya. Caranya sama dengan lemon, Anda tingga mencampur gel lidah buaya dengan sedikit kunyit, madu dan beberapa tetes air mawar. Lalu diaduk hingga merata, dan oleskan pada seluruh permukaan kulit, diamkan selama 15-20 menit dan bilas wajah hingga bersih.

manfaat lidah buaya
photo : pixabay
Tapi meski tergolong bahan alami dan banyak sekali manfaatnya, Anda tetap harus hati-hati ya, karena bukan berarti tidak memiliki efek samping, misalnya saja reaksi alergi, kejang, diare dan urin berwarna merah serta yang lainnya.

Jadi sebelum Anda menggunakan lidah buaya, ada baiknya pastikan dulu beberapa hal berikut :

1. Jika baru pertama kali mencoba, sebaiknya lakukan tes kulit. Caranya oleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan atau daun telinga belakang. Apabila terasa gatal atau muncul kemerahan, segara cuci sampai bersih dan hentikan pemakaian.

2. Guna meminamilisir resiko, pastikan menggunakan gel lidah buaya yang masih segar ya!

3. Kalau Anda memilih menggunakan produk dengan kandungan lidah buaya, teliti dulu pada kemasan dan cocokkan dengan kondisi tubuh. Utamakan juga untuk selalu menggunakan produk yang telah terdaftar di BPOM RI

4. Sejumlah kondisi yang dianjurkan untuk tidak menggunakan lidah buaya antara lain adalah anak kecil di bawah 12 tahun, karena diduga bisa mengalami sakit perut, kram, atau diare, lalu juga wanita hamil dan menyusui serta pasien dengan gangguan usus. 

Lidah buaya juga tidak dianjurkan untuk Anda yang akan menjalani operasi karena dinilai bisa mengganggu kadar gula darah, selama dan setelah operasi. 

5. Mengonsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi berpotensi menyebabkan iritasi usus, sakit perut dan kram, dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan diare, masalah ginjal, hingga  munculnya darah dalam urine.


Intinya jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping lidah buaya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli atau dokter ya!

0 Komentar untuk "7 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui"

Back To Top