7 Penyebab Wajah Kusam dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab wajah kusam banyak berasal dari hal-hal yang tidak disadari, sehingga tak sedikit yang bingung, meski sudah rutin dibersihkan, tapi kulit wajah tetap saja terlihat kusam. Jadi, agar tahu cara mengatasi kulit kusam, harus ketahui dulu penyebabnya, baik yang disadari maupun yang tidak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Penyebab wajah kusam, terkena paparan sinar matahari dan polusi

Ini bisa dibilang jadi penyebab wajah kusam yang paling utama dan sering dialami, apalagi bagi yang beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan warna kulit tidak merata dan jadi penyebab melemahnya kolagen serta membuat kulit kusam.

Sementara udara berpolusi, mengandung kotoran dan sulfur dioksida atau radikal bebas yang berpengaruh buruk pada kulit.  Radikal bebas diyakini dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan kerutan dan menstimulasi produksi pigmen. 

Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan tidak menggunakan losion berupa sunscreen dan pelindung lain seperti topi atau kacamata.

2. Penyebab wajah kusam, kurang asupan nutrisi 

Apa yang Anda makan juga berpengaruh lho ke kulit. Jika jarang mengonsumsi buah dan sayur yang notabene baik untuk kesehatan kulit, maka jangan heran wajah akan kusam.

Vitamin dan mineral adalah asupan yang dibutuhkan oleh kulit. Jadi kekurangan mineral seperti zinc bisa membuat wajah kusam. Karena mineral bisa membentuk anti-oksidan alami pada tubuh, yang dapat menutrisi kulit agar tetap sehat berseri. 

Selain mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, jangan lupa lengkapi dengan multivitamin harian yang tentunya mengandung mineral.

3. Penyebab wajah kusam, dehidrasi


Penyebab wajah kusam, dehidrasi

Selain makanan, konsumsi air putih juga berpengaruh lho. Kalau sampai kekurangan cairan alias dehidrasi, akan membuat sirkulasi darah tidak lancar dan mengurangi volume darah yang dialirkan ke kulit, sehingga membuat kulit terlihat kusam dan pucat.

4. Penyebab wajah kusam, kondisi stress dan kurang istirahat

Meski stress kaitannya ke psikologis, tapi jangan salah, karena bukan berarti tidak berpengaruh pada fisik Anda. Salah satunya bisa dilihat pada wajah yang kusam. 

Karena stres bisa meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit, pada akhirnya membuat kulit tak bercahaya dan tampak kusam. Begitu juga dengan kurang istirahat atau tidur.

Baca Juga: 11 Manfaat Tea Tree Oil yang Wajib Diketahui

Padahal istirahat yang cukup sangat berpengaruh lho pada kondisi kulit. Karena kurang istirahat bisa menghambat proses regenerasi sel kulit, sehingga pada akhirnya wajah jadi terlihat kusam. 

5. Penyebab wajah kusam, malas merawat wajah

Penumpukan sel kulit mati adalah salah satu penyebab wajah menjadi kusam. Dari hasil penelitian, setiap orang itu jutaan sel kulit mati setiap harinya.  Jadi jika tidak diangkat, kulit mati akan menumpuk dan membuat wajah lebih gelap dan kusam.

Dan untuk itulah tak hanya mencuci muka, tapi sesekali diperlukan eksfoliasi, dimana ini bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati.  Bisa dibayangkan jika tidak pernah melakukan eksfoliasi, meski Anda rajin mencuci wajah, sel kulit mati akan tetap menumpuk dan membuat wajah kusam.

Oya, malas merawat wajah di sini juga termasuk kebiasaan tidur dengan makeup masih menempel di wajah ya… Bahkan tak hanya akan terlihat kusam, tapi makeup yang dibiarkan semalaman di wajah akan membuat Anda berjerawat dan bisa menyebabkan penuaan dini lho…

6. Penyebab wajah kusam, menggunakan produk perawatan yang salah

Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai juga harus diperhatikan. Karena jika produk yang digunakan tidak sesuai dengan kulit wajah, makan bukan saja wajah jadi kusam, tapi bisa juga menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan berminyak.

Umumnya produk perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi wajah kusam adalah yang memiliki kandungan vitamin C.

7. Penyebab wajah kusam, faktor hormon 

Sifat hormon yang fluktuatif juga bisa memengaruhi kondisi kulit, seperti kondisi pubertas, menopause dan faktor lainnya. Ketika estrogen menurun, di sini lain testosteron jadi lebih tinggi sehingga kulit menjadi lebih berminyak, pori-pori wajah tertutup, akhirnya akan membuat kulit tampak kusam.

Ada banyak cara untuk mengatasi wajah kusam, mulai dari produk perawatan kulit khusus, atau ke klinik kecantikan. Tapi tentunya itu akan memakan dana yang besar ya?

Tenang saja, karena ada kok cara-cara alami yang murah meriah untuk mencegah dan mengatasi kulit kusam, misalnya saja:

1. Membersihkan wajah secara rutin dan gunakan produk sesuai kulit


Membersihkan wajah secara rutin dan gunakan produk sesuai kulit

Karena salah satu penyebab wajah kusam adalah malas membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan yang salah, maka untuk mengatasinya adalah dengan rutin membersihkan, ditambah menggunakan produk yang sesuai jenis kulit.

Disarankan untuk membersihkan wajah sebanyak 2 kali sehari, pagi hari dan tentunya malam hari setelah beraktivitas, agar sisa kotoran yang menempel di kulit benar-benar terangkat. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap, dan pastikan produk yang digunakan sesuai jenis kulit ya…

Baca Juga: 5 Manfaat Antioksidan dan Sumber Alami untuk Mendapatkannya

Misalnya bagi yang memiliki kulit kering, gunakan pelembap yang di antaranya mengandung asam hialuronat, gliserin dan lanolin. Lalu kalau untuk kulit berminyak, disarankan memakai pelembap wajah dengan label nonkomedogenik. 

Sedangkan pemilik kulit sensitif, sebaiknya pilih pelembap wajah yang hipoalergenik dan tidak mengandung pewangi.

2. Menggunakan masker berbahan alami

Untuk mengatasi wajah kusam secara alami, bisa coba masker pepaya dengan nanas, yang ampuh mengangkat kulit kering dan kulit mati.  Caranya tinggal menghaluskan kedua bahan di atas, lalu oleskan ke wajah dan leher secara merata selama 20 menit.

Atau bisa juga dengan masker putih telur, yang merupakan bahan alami mencerahkan kulit kusam. Kocok putih telur lebih dulu hingga mengembang dan oleskan secara merata ke kulit wajah. Lalu tunggu sampai kering dan bilas dengan air.

Pilihan berikutnya adalah masker berbahan kunyit yang mengandung antioksidan dan antiinflamasi sehingga bisa membuat tampilan kulit terlihat lebih bercahaya.

Caranya campurkan kunyit, madu dan yoghurt lalu aduk hingga merata dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

3.Melakukan eksfoliasi 

Ini tahapan tak kalah penting, karena ampuh dalam mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, menyamarkan kerutan hingga mencegah pori-pori tersumbat.

Pemilik kulit normal cenderung kering, sebaiknya melakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu. Kalau yang punya kulit kombinasi dan berminyak, lakukan eksfoliasi sebanyak 3-4 kali seminggu.


Bahan alami yang bisa digunakan adalah kopi bubuk yang dicampur gula merah, susu dan madu. Saat campuran ini diaplikasikan ke wajah, gosoklah secara perlahan selama kurang lebih 4 menit, dan barulah bilas wajah.

4. Minimalisir produk kecantikan 

Artinya, jika Anda terlalu banyak menggunakan produk, belum tentu bagus bagi kesehatan kulit, karena belum tentu semuanya cocok dengan jenis kulit Anda, apalagi bagi pemilik kulit sensitif.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Ampuh

Secara umum, sebaiknya batasi penggunaan produk dengan aroma yang berlebihan atau yang mengandung busa berlebihan, Karena bisa saja produk tersebut membuat kulit tak hanya kusam, tapi juga iritasi bahkan jadi rusak.

5. Makan kacang kedelai 

Karena kedelai merupakam sumber protein yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat kolagen. Apalagi isoflavon dalam kedelai juga bisa jadi antioksidan untuk menjaga kolagen dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Dari hasil penelitian, Anda bisa atasi wajah kusam dengan konsumsi 160 mg per hari.

Jadi, sudah siap atasi penyebab wajah kusam? Semoga bermanfaat!

0 Komentar untuk "7 Penyebab Wajah Kusam dan Cara Ampuh Mengatasinya"

Back To Top