Cara Mengecilkan Pipi Tembem Pria Dengan Cepat dan Alami


Saat ini, urusan penampilan bukan hanya milik kaum hawa saja, namun banyak juga pria yang mulai menaruh perhatian lebih terhadap perawatan wajah agar senantiasa terlihat ideal. Seiring dengan perkembangan gaya hidup urban, serta pola pikir masyarakat kita yang kian hari kian terbuka, membuat stigma tentang “merawat wajah adalah urusan perempuan” menjadi semakin tidak relevan.

Pasalnya, banyak sekali klinik kecantikan di kota-kota besar yang secara khusus menawarkan treatment perawatan wajah bagi kaum adam yang ingin memperindah penampilannya. Selain itu, gambaran akan bentuk tubuh “ideal” yang sering kita lihat di pelbagai media menimbulkan persepsi tersendiri di masyarakat, terutama bagi pria.

Banyak kemudian yang menganggap bawah yang disebut “ideal” adalah mereka yang memiliki badan berotot, pipi tirus, hidung mancung, kulit putih, bibir tipis, dan sebagainya. Namun sayangnya, demi mendapatkan bentuk tubuh yang ia inginkan, sebagian masyarakat lantas melakukan cara-cara ekstrim seperti sedot lemak dan operasi plastik.

Cara tersebut memang terbilang cara yang cepat untuk mengubah bagian tubuh yang kita inginkan, namun tahukah kamu bahwa seberapa besar risiko yang bisa terjadi dalam melakukan hal tersebut?
Mulai dari kecacatan sampai dengan kematian, lho! Oleh sebab itu, ada baiknya dalam melakukan perawatan tubuh, baik wajah atau apapun, lakukanlah secara alami.

Meski membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, namun cara-cara alami masih terbukti ampuh kok, termasuk digunakan sebagai cara mengecilkan pipi. Iya, masalah pipi tembem memang kerap menjadi momok bagi banyak orang, tidak hanya wanita, pria pun turut merasakan hal yang sama.

Karena referensi tentang kesehatan dan perawatan tubuh khusus pria sangat sedikit, maka dari itu, hari ini saya akan memberikan cara mengecilkan pipi tembem bagi pria dengan cepat dan alami. Bagi kamu yang cukup terganggu dengan pipi tembemmu, nampaknya kamu harus menyimak baik-baik cara mengecilkan pipi yang akan saya berikan ini.

Penasaran? Langsung saja yuk kita lihat list-nya!

1. Perbanyak minum air putih


Cara Mengecilkan Pipi
Photo: iStock
Pernah dengan ungkapan, bahwa air putih merupakan obat dari segala penyakit?
Iya, khasiat air putih bahkan bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengecilkan pipi kamu yang tembem. Pasalnya, dengan mengkonsumsi banyak air putih, metabolisme tubuh manusia akan meningkat hingga 24 persen.

Itu artinya, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan, termasuk di bagian pipi yang tembem. Selain meningkatkan metabolisme dan membakar lemak, manfaat menjaga keseimbangan asupan cairan dalam tubuh adalah mencegah pembengkakan di wajah, serta membuat wajah lebih segar dan berseri.

2. Hindari konsumsi makanan manis dan asin secara berlebihan


Cara Mengecilkan Pipi
Photo: iStock
Setelah meningkatkan konsumsi air putih, cara mengecilkan pipi selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi makanan manis dan asin. Tenang, kamu masih boleh kok makan makanan yang manis dan asin, namun atur pola makan kamu ya, jangan sampai asupan makanan manis dan asin yang masuk ke tubuh kamu jumlahnya berlebihan.

Pasalnya, makanan manis dan asin memang terkenal banyak mengandung kalori dan lemak yang dapat pipi kamu menjadi semakin tembem. Jadi, ada baiknya hindari ya!

3. Konsumsi makanan kaya serat


Cara Mengecilkan Pipi
Photo: iStock
Nah, karena kamu enggak boleh mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis dan asin, maka sebagai alternatif cemilan atau makanan, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Apa saja makanan yang kaya serat itu? Contohnya seperti, kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

Kandungan serat yang terdapat pada makanan di atas ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya dalam menurunkan berat badan dan kolesterol yang tinggi. Selain itu, makanan kaya serat dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, membersihkan saluran pencernaan, melindungi tubuh dari penyakit usus besar, menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah, mengendalikan gula darah, serta memperlambat penyerapan glukosa. Wah, kalau begitu cara mengecilkan pipi yang satu ini bukan hanya bermanfaat bagi mengempiskan pipi tembem saja, namun juga berbagai macam penyakit lainnya ya.

4. Tinggalkan konsumsi alkohol dan junk food


Cara Mengecilkan Pipi
Photo: iStock
Karena saya telah memberikan alternatif makanan sehat sebagai cara mengecilkan pipi tembem kamu, seharusnya sudah tidak ada alasan lagi untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Mulailah pola hidup yang lebih sehat, tinggalkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga sangat penting!

Pasalnya, total asupan kalori dari alkohol di kalangan peminum mencapai hampir 10 persen. Mengkonsumsi segelas wine membuat Anda mengkonsumsi 178 kalori seperti halnya mengunyah dua batang biskuit coklat.

Nah, lho. Selain dapat memabukkan, ternyata alkohol juga bisa menyebabkan kamu gendut guys!

5. Lakukan senam wajah


Cara Mengecilkan Pipi
Photo: iStock
Cara mengecilkan pipi berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan senam wajah.
Banyak gerakan yang dapat kamu lakukan dalam melakukan senam wajah, di antaranya:

Wajah ikan atau smiling fish, caranya dengan menjepit lemak pipi ke dalam menggunakan gigi atau seperti menyedot pipi ke dalam dan membuat wajah ikan. Sembari melakukan hal tersebut, cobalah untuk tersenyum, tahan posisi ini selama 15 detik dan ulangi hingga 5 kali.

Mengembungkan mulut, caranya isi mulut dengan udara, lalu tekan udara ke pipi kanan, pipi kiri, atas bibir, dan dagu. Lakukan masing-masing satu menit. Gerakan memutar lidah merupakan cara yang terdengar cukup konyol memang, namun dengan memutar lidah dalam keadaan mulut tertutup, efektif mengurangi lemak yang tersimpan pada pipi Anda. Lakukan hal ini selama 15 menit. Putar lidah ke kanan lalu ke kiri.

Baca Juga: 5 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan

Gerakan meniup balon juga terbukti efektif sebagai cara mengecilkan pipi. Dengan gerakan meniup balon otot pipimu akan ikut tergerak dan membuatnya menjadi lebih kencang. Caranya, cukup tiup balon, lalu lepaskan udara di balon tersebut, dan tiup lagi. Ulangi hal ini hingga 10 kali, lakukan dalam seminggu dan kamu merasakan hasilnya.

Mengunyah permen karet juga termasuk ke dalam gerakan senam wajah. Gerakan mengunyah yang kita lakukan pada saat memakan permen karet terbukti sebagai cara mengecilkan pipi yang ampuh. Kunyah permen karet selama kurang lebih 20 menit untuk menghancurkan lemak pipi di wajah. Namun, pilih permen karet sugar free yang rendah kalori ya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengungkapkan, senam wajah yang dilakukan dua kali sehari selama delapan minggu dapat membantu meningkatkan ketebalan otot dan peremajaan di wajah.
Dengan kata lain, ini akan berdampak pada pipi yang tampak lebih tirus dan awet muda. Patut dicoba!

6. Menggunakan handuk hangat


Photo: iStock
Lho, emang dengan menggunakan handuk hangat kita bisa mengecilkan bagian pipi yang tembem?
Jawabannya, bisa! Mengompres wajahmu dengan handuk hangat bisa membantu menghilangkan lemak di pipi, lho.

Hal ini dikarenakan uap panas dari handuk akan membuat wajah menjadi berkeringat, yang artinya sedang terjadi pembakaran lemak di wajah kamu. Caranya, kamu hanya perlu merendam handuk dalam wadah berisi air hangat, tunggu beberapa saat hingga tidak terlalu panas, lalu peras handuk tersebut dan kompres bagian pipimu.

Lakukan secara cara mengecilkan pipi ini secara rutin, dan pipi kamu tidak akan lagi terlihat chubby.

7. Rutin berolahraga


Photo: iStock
Tentu saja, cara ini merupakan cara mengecilkan pipi yang harus kamu lakukan setelah melakukan serangkaian cara mengecilkan pipi yang telah saya sebutkan di atas. Pasalnya, apabila kamu sudah melalukan cara-cara tersebut, namun kamu tidak berolahraga, maka semua sama aja kamu memperlama proses mengecilnya pipi tembem kamu sendiri.

Olahraga diperlukan untuk memastikan makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi otot bukannya lemak. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda dan lainnya.

Lagi pula, dengan melakukan latihan olah fisik secara rutin, kamu tidak hanya dapat membakar lemak yang ada di pipi, namun juga lemak-lemak yang ada di bagian tubuh lainnya. Jadi, jangan malas olahraga ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Mudah Membuat Maskernya

Tidak salah memang, melakukan serangkaian perawatan demi menjaga kebugaran tubuh kita. Karena, jika penampilan kita prima, tentu kita akan merasa lebih percaya diri dalam menjalani keseharian, bukan?

Namun, ada baiknya hal tersebut dilakukan demi kepentingan kesehatan kita semata, bukan karena tuntutan sosial atau stigma-stigma di masyarakat soal bentuk tubuh “ideal.” Saya rasa cukup sekian, cara mengecilkan pipi tembem bagi pria dengan cepat dan alami yang saya rekomendasikan untuk kamu. Semoga apa yang saya tulis kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.
Selamat mencoba!

0 Komentar untuk "Cara Mengecilkan Pipi Tembem Pria Dengan Cepat dan Alami"

Back To Top