Dikonsumsi atau Jadi Bahan Masker, Ini 5 Manfaat Lemon Untuk Wajah

Banyak cara mudah dan murah melakukan perawatan wajah di rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan lemon. Buah satu ini dipercaya memiliki banyak manfaat, bahkan berbagai produk perawatan kulit yang beredar di pasaran tak sedikit yang berbahan dasar lemon.

Manfaat Lemon Untuk Wajah


Lemon sendiri memiliki kandungan vitamin C yang tinggi ditambah vitamin B, fosfor, kalsium, magnesium dan potasium yang berperan penting dalam perawatan kecantikan.

Banyak kelebihan melakukan perawatan dengan bahan alami seperti lemon, di antaranya adalah bahan yang gampang didapatkan, bisa dilakukan sendiri di rumah dan kapan saja. Lalu umumnya penggunaan bahan alami itu tanpa efek samping, ditambah cara penggunaan yang relatif mudah.

Dalam perawatan wajah, lemon biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang sering dialami banyak orang, misalnya jerawat dan bekas jerawat, flek hitam, komedo hingga kulit kusam.

Jadi kalau bicara manfaat lemon untuk wajah, dengan segala kandungan baiknya, lemon di antaranya bisa mencerahkan dan membersihkan kulit wajah, termasuk yang berminyak, sekaligus bisa menjaga kelembapan.

Simak Juga: 10 Cara Memerahkan Bibir Dengan Bahan Alami

Manfaat lainnya bisa mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori hingga mengencangkan kulit serta mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Nah, seperti yang sebelumnya disinggung, pengaplikasian atau penggunaan lemon dalam perawatan wajah relatif mudah. 

Berdasarkan manfaatnya, berikut beberapa cara menggunakan lemon yang bisa Anda coba sendiri di rumah. 

1. Menghilangkan flek hitam dan mencerahkan

Manfaat Lemon Untuk Wajah

Agar bisa merasakan manfaat lemon untuk wajah yang satu ini, Anda bisa campurkan beberapa bahan alami lainnya, misalnya lemon dengan madu. Caranya cukup campurkan satu sendok makan madu dengan jeruk lemon lalu oleskan ke wajah dan diamkan tak kurang dari 15 menit, setelah itu barulah dibilas hingga bersih. 

Selain madu, lemon juga bisa dicampur dengan buah seperti pepaya yang sudah dihaluskan dengan cara pengaplikasian yang sama seperti seperti madu.

Lalu untuk mendapatkan efek mencerahkan, Anda tinggal campurkan air lemon dengan air, lalu oleskan pada kulit dan diamkan selama 20 menit.

Oya, selain kulit wajah, lemon juga bisa mencerahkan kulit bibir lho…

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dari vitamin C di lemon berperan dalam mencegah penuaan dini. Antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas dan merangsang peningkatan produksi kolagen kulit.

Jadi dengan begini tanda-tanda penuaan bisa segera diatasi. Jika ingin mendapatkan manfaat lemon untuk wajah ini, Anda bisa campurkan air lemon, madu dan ekstrak daun teh hijau.

Caranya rebus the, lalu simpan di kulkas setidaknya 3 hari. Saat hendak digunakan tinggal campurkan air lemon dan madu dengan ektrak teh ini.  Barulah kemudian aplikasikan ke wajah selama maksimal 30 menit sebelum akhirnya dibilas.

3. Mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Ini bisa dibilang jadi masalah kebanyakan kulit kebanyakan orang. Tapi tenang saja, manfaat lemon untuk wajah salah satunya adalah mengatasi jerawat dan kulit berminyak Caranya pun mudah, karena Anda bisa mengoleskan air lemon begitu saja ke wajah untuk mengusir jerawat. 

Atau bisa juga dengan menggunakan kapas kecil yang dicelupkan ke dalam cairan lemon, setelah itu diusapkan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas muka Anda dengan air.

Sedangkan untuk bekas jerawat yang membandel, usapkan langsung lemon pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai bekas jerawat hilang ya…

Bagi yang kulitnya berminyak, coba deh campur lemon dengan putih telur. Tinggal sapukan ke wajah sambil sedikit dipijat, lalu biarkan mengering dan kemudian bilas dengan air hangat.

4. Melembapkan dan menghaluskan wajah

Tak hanya melembapkan kulit, bahkan manfaat lemon untuk wajah juga bisa mengatasi kulit kering lho… Anda tinggal campur air lemon dengan madu dan ditambah yoghurt, lalu aplikasikan langsung campuran ini ke kulit.

Kalau untuk menghaluskan kulit wajah, Anda bisa gunakan air lemon sebagai bahan membuat scrub. Caranya dengan mencampurkan gula pasir, minyak zaitun dan madu.

Gunakan scrub alami ini dengan cara menggosokkan secara perlahan ke wajah, dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Selain menghaluskan, scrubbing seperti ini juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. 

5. Mengecilkan pori-pori dan mengangkat komedo

Manfaat lemon untuk wajah yang satu ini bisa Anda rasakan dengan beberapa cara mudah. Misalnya dengan mengoleskan irisan jeruk nipis ke kulit wajah yang berkomedo lalu diamkan kira-kira selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.  

Atau cara lainnya, bisa dengan menggunakan perasan air lemon ditambah putih telur yang kemudian dicampur rata, hingga membentuk pasta. 

Oleskan campuran berupa pasta ini ke wajah, lalu biarkan hingga kering. Dan setelah dicuci hingga bersi, jangan lupa oleskan pelembab ya…

Dan selain diaplikasikan langsung ke kulit, manfaat lemon untuk wajah juga bisa dirasakan dengan cara lain, yakni dengan mengonsumsinya. 

Manfaat Lemon Untuk Wajah

Namun karena rasanya asam, banyak orang yang mungkin agak enggan mengonsumsinya begitu saja. Jadi Anda bisa menambahkan bahan lainnya untuk memberi tambahan rasa pada air lemon. Coba deh perpaduan lemon dengan madu.  

Caranya cukup dengan mengiris buah lemon, Lalu masukkan ke dalam gelas, dan tambahkan air dan madu. Agar lebih nikmat, masukkan dulu ke dalam kulkas hingga 2 jam. 

Oya, fungsi madu di sini untuk memberikan rasa manis pada air lemon yang asam. Namun bukan berarti madu bisa diganti dengan gula ya, karena tidak seperti gula, madu merupakan pemanis alami yang jauh lebih sehat.  

Simak Juga: 9 Manfaat Madu Untuk Wajah, Perawatan Kulit Natural Dari Alam

Dan kalau ingin sensasi lebih segar pada air lemon, Anda bisa mencoba campuran peterseli (seledri). Caranya dengan memeras lemon, lalu campurkan air perasan tersbeut dengan peterseli lalu tambahkan air dingin. 

Kalau dikonsumsi seperti ini, manfaat lemon tidak hanya akan dirasakan pada wajah ataupun kulit, tapi juga pada tubuh. Manfaatnya antara lain dapat mengurangi berat badan…

Meminum air lemon setiap pagi secara rutin, dipercaya bisa membakar lemak, melancarkan pencernaan, dan bisa memehuni kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Tentunya harus disertai juga dengan pola makan yang sehat dan teratur ya…

Jadi kalau digunakan secara rutin, baik untuk merawat wajah maupun kesehatan tubuh, lemon bisa jadi solusi dari banyak masalah terkait kecantikan dan kesehatan.

Tapi meski di awal sempat dibahas bahwa menggunakan bahan alami cenderung minim efek samping, Anda tetap harus hati-hati lho…

Karena ada beberapa orang yang sensitif terhadap kandungan lemon, baik untuk penggunaan langsung ke kulit ataupun dikonsumsi. Artinya pada orang-orang tertentu bisa menimbulkan reaksi negatif.

Seperti masalah asam lambung, iritasi pada lapisan dalam kerongkongan. Dan di kondisi tubuh tertentu, mengonsumsi lemon juga bisa menyebabkan mual dan sakit perut.

Begitu pula jika diaplikasikan ke kulit. Pada jenis kulit yang sensitif, bisa saja menimbulkan sensasi panas seperti terbakar ataupun membuat kulit lecet.

Dan jika Anda merasakan reaksi yang tidak seharusnya setelah mengonsumsi atau menggunakan lemon, sebaiknya langsung hentikan dan periksakan diri ke dokter ya!
Semoga bermanfaat…

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Dikonsumsi atau Jadi Bahan Masker, Ini 5 Manfaat Lemon Untuk Wajah"

Back To Top