Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Ampuh

Rambut kering sebenarnya adalah kondisi dimana kurangnya produksi minyak alami, sehingga membuat lapisan luar rambut mengelupas dan bagian mahkotanya terlihat kering dan kusam.

Kadang kondisi kering pada rambut juga menjadi penyebab munculnya masalah lain seperti rambut bercabang dan rontok.

Cara Mengatasi Rambut Kering yang Ampuh

Rambut kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari lingkungan hingga kebiasaan yang tanpa disadari membuat rambut lama-lama kehilangan kelembapannya. Lalu apa saja ya hal-hal yang sering kita lakukan dan tanpa sadar malah membuat rambut jadi kering?

1. Keramas terlalu sering

Ya, kadang ada di antara Anda yang merasa keramas setiap hari bisa membuat kondisi rambut jadi lebih baik. Padahal sebaliknya lho… Karena dengan keramas setiap hari, justru rambut akan kehilangan kelembapan alaminya. Apalagi kalau Anda menggunakan sampo yang salah, ini hanya akan membuat rambut makin rusak.

2. Menggunakan pewarna dan alat pengering ataupun styling

Pewarna rambut biasanya mengandung bahan kimia yang bisa menyerap minyak alami dari rambut, sehingga membuat rambut pada akhirnya jadi kering. Begitu juga dengan alat-alat seperti hair dryer ataupun catokan.

Penggunaan terlalu sering dari alat yang menghantarkan panas ini bisa membuat kandungan lemak dalam kulit kepala menjadi kering. Padahal lemak ini berfungsi dalam mengatur kelembapan rambut secara alami.

3. Kurang mendapat asupan nutrisi

Dalam hal ini, apa yang Anda makan dan minum, berpengaruh juga untuk rambut. Jadi jika Anda misalnya melakukan pola diet yang salah, maka tidak hanya akan berpengaruh ke kondisi tubuh, tapi juga pada rambut.

Baca Juga: 9 Manfaat Madu Untuk Wajah, Perawatan Kulit Natural Dari Alam

Karena itu perlu memakan asupan yang kaya nutrisi, dimana yang bagus untuk kesehatan rambut misalnya adalah salmon, bayam, jambu, yoghurt, telur, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih yang cukup ya karena ini bagus dalam menghidrasi sel-sel di rambut.

Baca Juga: 7 Resep Perawatan Kulit Berminyak, Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal

Selain memakan makanan yang memberi nutrisi, dan menghindari kebiasaan salah di atas, apa saja hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk menghindari rambu kering?
Simak terus uraian berikut ini ya…

1. Rutin bersihkan rambut

 Rutin bersihkan rambut
Photo: independent.co.uk
Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, penyebab rambut kering juga bisa karena lingkungan seperti yang disinggung sebelumnya. Dalam hal ini bisa berupa paparan matahari maupun polusi. Karena itulah penting untuk membersihkan rambut 2 hari sekali. Selain menggunakan sampo, jangan lupa gunakan kondisioner juga ya…

Kondisioner yang berguna membuat rambut lebih lembut, diaplikasikan setelah Anda keramas dengan sampo, dan agar hasilnya maksimal, biarkan kondisioner meresap selama lebih kurang 15 menit. 

Selain sampo dan kondisioner, gunakan pula masker dan vitamin rambut. Ini tentunya untuk melengkapi rangkaian perawatan rambut agar efek dari penggunaan produk lebih maksimal.

Dan yang tak kalah penting tentunya menggunakan produk yang tepat bagi rambut ya...  Oya, usahakan keramas dengan air dingin, karena ini bisa memberi dampak lebih baik ketimbang air panas.

2. Mengeringkan rambut basah dengan cara yang benar 

Setelah keramas, mungkin banyak yang memilih untuk mengeringkan rambut menggunakan hair dryer.  Tidak masalah jika digunakan sesekali, tapi kalau terlalu sering, efeknya bisa seperti yang dijelaskan sebelumnya. 

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Berikut 13 Cara Menghilangkan Ketombe Selamanya

Jadi kalau Anda dalam kondisi tidak terburu-buru, sebaiknya gunakan saja handuk untuk mengeringkan rambut. Tapi jangan salah, butuh cara yang tepat juga dalam mengeringkan rambut menggunakan handuk.

Gunakan handuk berbahan lembut dan halus. Lalu keringkan rambut dengan cara memeras rambut dari akar hingga ujung rambut, dan ulangi sampai semua bagian rambut jadi kering. Atau bisa juga dengan gerakan menepuk-nepuk rambut menggunakan handuk. 

Dan hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosoknya, seperti yang mungkin sering Anda lakukan selama ini. Karena cara ini hanya akan membuat rambut Anda kusut, kasar, pecah-pecah dan bahkan rusak. 

3. Menyisir rambut secara teratur

Menyisir rambut secara teratur

Ini mungkin terdengar aneh dan belum banyak yang tahu. Tapi menyisir rambut punya efek dan manfaat luar biasa lho… Manfaatnya antara lain, membuat rambut tetap halus, lebih tebal dan kuat, serta juga bisa membersihkan kotoran pada rambut dan memperlancar sirkulasi darah.

Tak sembarangan, ada waktu yang ideal untuk menyisir rambut.  Misalnya pagi hari, di saat kadar minyak rambut alami sedang tinggi. Dengan disisir, maka minyak ini akan tersebar merata ke seluruh bagian rambut. 

Dan biasakan juga menyisir rambut sebelum keramas. Tujuannya agar saat menggunakan sampo, rambut dalam keadaan lurus.  Karena menggunakan sampo pada rambut yang berantakan hanya akan memperparah kekusutan dan membuat rambut jadi mudah patah.

Lalu bagaimana kalau rambut Anda sudah terlanjur dalam kondisi kering? Jangan panik, banyak kok cara mengatasi rambut kering yang mudah dan murah menggunakan bahan alami.

1. Cara mengatasi rambut kering dengan lidah buaya 

Tanaman satu ini memang dikenal kaya manfaat, mulai dari untuk kulit dan termasuk untuk rambut juga. Kandungan vitamin, mineral hingga asam amino di dalamnya membuat penggunaan lidah buaya jadi salah satu cara mengatasi rambut kering yang direkomendasikan.

Caranya dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak kelapa, lalu campuran dioleskan secara merata ke seluruh bagian rambut,  Agar hasil maksimal sebaiknya biarkan semalaman. Lalu besoknya barulah rambut dicuci dengan sampo hingga bersih. 

Selain bisa mengatasi rambut kering, lidah buaya juga ampuh membuat rambut hitam alami dan mengatasi ketombe. 

2. Cara mengatasi rambut kering dengan telur

Sumber protein satu ini ternyata juga mengandung lesitin yang dapat memperbaiki rambut rusak dan membuatnya lembap sekaligus halus. Caranya dengan mencampurkan telur, minyak zaitun dan madu, setelah itu aplikasikan ke kulit kepala hingga ujung rambut. 

Diamkan selama 30 menit dan kalau bisa rambut dalam keadaan tertutup. Barulah setelah itu keramas dengan air dingin. Oya, bagi yang rambutnya diwarnai, penggunaan masker putih telur pada rambut juga sangat disarankan lho… 

3. Cara mengatasi rambut kering dengan alpukat

Cara mengatasi rambut kering dengan alpukat


Bahan alami lainnya yang bisa digunakan adalah alpukat yang mengandung zat amino acid, lemak jenuh, vitamin A dan E, protein dan mineral yang dinilai bisa melembapkan dan menguatkan batang rambut. Cara menggunakannya cukup dengan menghaluskan alpukat dan dicampur dengan minyak zaitun.

Sebelum mengaplikasikan campuran ini, bersihkan rambut terlebih dahulu ya… Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20 menit dan bilas rambut hingga bersih. 

Oya, alpukat juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga cocok bagi yang ingin memanjangkan rambut. 

4. Cara mengatasi rambut kering dengan santan dan minyak kelapa

Selain telur, santan juga bisa jadi sumber protein alami bagi rambut. Bahkan selain bisa mengatasi rambut kering, santan juga bisa membuat rambut tampak lebih berkilau alami. Caranya pun sangat mudah, karena Anda hanya perlu mengoleskan santan pada kulit kepala dan batang rambut selama 30-60 menit, lalu bilas hingga bersih.

Tak hanya santan, Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa yang mengandung zat emolien alami.  Dalam sebuah penelitian didapatkan bahwa minyak kelapa sangat baik dalam menembus serat rambut dan memberikan nutrisi dari dalam.

Sama dengan santan, Anda tinggal mengoleskan minyak kelapa ke rambut, terutama bagian ujungnya, lalu biarkan hingga 30 menit dan bilas hingga bersih.

5. Cara mengatasi rambut kering dengan susu dan yoghurt

Cara mengatasi rambut kering dengan susu dan yoghurt

Tak hanya santan, susu juga bisa mengatasi rambut kering bahkan membuatnya berkilau, apalagi jika dicampurkan dengan madu. Jika susu bisa memberi nutrisi pada rambut, maka madu bisa menjaga keindahan dan kelembutannya.

Rawat rambut Anda dengan campuran segelas susu dan satu sendok makan madu, lalu oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan kemudian bilas.  Untuk hasil maksimal lakukan cara ini sekali seminggu ya...

Masih berbahan dasar susu, Anda juga bisa manfaatkan yoghurt. Selain dicampur dengan madu, untuk bahan yang satu ini Anda bisa pula gunakan pisang matang dan perasan air lemon. 

Campuran semua bahan ini bisa diaplikasikan ke rambut dan diamkan selama 20 menit. Nah, itu dia cara mengatasi rambut kering yang bisa dengan mudah diaplikasikan.  Setelah berhasil mengatasi rambut yang rusak, jangan lupakan beberapa hal yang harus dihindari dan perlu dilakukan seperti yang sudah dibahas sebelumnya ya…

Selamat mencoba! 

0 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Ampuh"

Back To Top