Cepat dan Mudah! Berikut 13 Cara Menghilangkan Ketombe Selamanya


Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya ketombean. Meski begitu, tidak banyak orang yang mengetahui, bagaimana cara menghilangkan ketombe di kulit kepala secara cepat dan mudah.

Selain rasa gatal yang harus diderita, ketombe juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang dalam melakukan aktivitasnya.

Cara Menghilangkan Ketombe

Apalagi jika ketombe tersebut jatuh ke atas baju dan dapat terlihat oleh orang banyak, hal tersebut tentu bisa sangat memalukan.

Memang, berbagai produk perawatan kulit dan rambut banyak dijual di pasaran. Namun, penggunaan zat kimia pada produk-produk seperti sampo terkadang dapat memperparah kondisimu. Hal ini disebabkan, tidak semua bahan kimia dapat cocok di kulit dan rambut semua orang. Jadi, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut ya.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa bahan alami yang terbukti ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe dari kulit kepala selamanya. Penasaran? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Oleskan larutan soda kue

Photo: Pixbay
Selain, kandungan minyak berlebih pada kulit kepala dan salah memilih sampo, ketombe juga dapat disebabkan karena infeksi jamur, lho.

Oleh sebab itu, penggunaan soda kue, yang disinyalir memiliki fungsi anti jamur dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe pada kulit kepalamu. 

Gampang kok, siapkan setengah sendok teh baking soda dan larutkan dengan air hingga mengental. Oleskan secara merata pada kulit kepada, diamkan sebentar, kemudian bersihkan menggunakan air.

2. Campurkan cuka apel dengan sampo

Cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel ini terbilang cukup mudah, pasalnya, kamu hanya perlu mencampurkan beberapa sendok makan cuka ke sampo dan gunakan ketika keramas.

Cuka ampel dirasa ampuh untuk menghilangkan ketombe, sebab ia dapat menghambat pertumbuhan jamur, serta menghilangkan sel kulit mati dan menjaga kandungan pH kulit kepala.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan cuka dan soda api ya. Cukup gunakan seperlunya saja, jangan belebihan. Agar tidak terjadi efek samping yang tak diingkan pada kulit kepalamu.

Photo: Pixbay

Seperti yang kita ketahui bersama, jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya akan kandungan vitamin C. Selain bermanfaat mendorong pertumbuhan akar rambut, ternyata vitamin C juga ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe, lho.

Campurkan perasan jeruk nipis dengan sedikit air, kemudian oleh pada permukaan kulit kepala. Lakukan hal ini secara teratur hingga ketombemu lambat laun menghilang.

4. Menggosokkan garam pada kulit kepala

Kebayang enggak, kalau garam ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe?
Iya, kandungan scrub pada garam ternyata mampu mengangkat kulit mati pada bagian kulit kepala.  
Sel kulit mati sendiri merupakan salah satu penyebab ketombe lho, guys. Maka dari itu, perawatan sel kulit mati sangat dibutuhkan.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam sangat sederhana, gosokkan garam (secukupnya) pada bagian kulit kepala. Diamkan sebentar, kemudian bilas deh dengan air. Mudah, bukan?

Photo: Pixbay
Satu lagi nih, bahan yang kerap kita temui di dapur, ternyata dapat berguna sebagai cara menghilangkan ketombe secara cepat. 

Tidak hanya berfungsi melebatkan rambut, bawang merah juga bisa menghilangkan ketombe di kulit kepalamu selamanya. Enggak percaya?

Coba haluskan beberapa siung bawang merah kemudian haluskan. Setelah itu oleskan pada bagian kepala dan biarkan sebentar. Setelah setelah bilas dengan air, dan rasakan manfaatnya!

6. Gunakan minyak kemiri sebelum keramas

Minyak kemiri sendiri sudah sering digunakan oleh beberapa produk sampo di pasaran. Hal ini disebabkan, kandungan dalam minyak kemiri dipercaya ampuh dapat menyuburkan rambut.

Selain bisa menyuburkan, minyak kemiri juga dipercaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara mudah dan alami.

Kamu hanya perlu menggunakan minyak kemiri sebelum keramas dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan keramaslah seperti biasa.

7. Usapkan minyak kelapa

Photo: Pixbay

Bahan yang satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dipercaya ampuh untuk melembabkan rambut.

Enggak perlu ribet, cukup siapkan kurang lebih dua sendok makan minyak kelapa (tergantung panjang rambut), kemudian usapkan minyak tersebut pada akar hingga ujung rambutmu.

Lakukan sedikit pemijatan dan diamkan selama semalaman. Agar hasilnya lebih efisien, tutup rambutmu dengan menggunakan showe cap dan ulangi kegiatan ini secara teratur.

8. Pijat kulit kepala dengan tea tree oil

Mencari tea tree oil mungkin cukup sulit, namun minyak yang satu ini terbukti ampuh dalam mengusir ketombe pada rambut. Cara menghilangkan ketombe menggunakan tea tree oil adalah dengan mengoleskan (gunakan kapas) tea tree oil pada bagian kulit kepalamu.

Setelah itu lakukan pemijatan dan tepuk-tepuk kecil bagian kepala, agar kandungan dari tea tree oil dapat menyerap ke akar rambut. Perlu diperhatikan, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya kamu mencampurkan tea tree oil dengan beberapa tetes minyak kelapa, untuk menghindari risiko iritasi pada kulit.

9. Manfaatkan masker daun sirsak

Photo: Pixbay

Tahu enggak sih, kalau kandungan pada daun sirsak ternyata ampuh dalam membunuh serangga dan parasit? Oleh sebab itulah, penggunakan daun sirsak dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Caranya penggunaannya seperti ini; tumbuh beberapa helai daun sirsak hingga halus dan tambahkan sedikit air. Jika sudah, gunakan adonan tersebut sebagai masker dan diamkan selama 30 menit.

10. Oleskan minyak zaitun dan pijat

Hampir serupa dengan minyak kemiri, yang perlu kamu lakukan adalah mengoleskan minyak zaituan kelapisan kulit kepala secara merata dan pijat bagian tersebut secara perlahan. 

Setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilas rambut dengan air bersih. Penggunaan minyak zaitun secara teratur dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe secara permanen.

11. Oleskan pula minyak almond

Photo: Pixbay

Varian minyak lain yang dapat kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe adalah minyak almond. 
Iya, caranya dan kasiatnya relatif serupa kok, dengan penggunaan minyak zaitun dan minyak kemiri. Maka dari itu, kamu tinggal pilih saja jenis minyak mana yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Hehe.

12. Haluskan dan oleskan lidah buaya

Enggak afdol rasanya kalau kita membahas perawatan rambut, tanpa mengikutsertakan lidah buaya. Sejak dahulu, lidah buaya memang dikenal ampuh dalam merawat rambut dan kulit kepala.

Beberapa manfaat lidah buaya pada rambut di antaranya, menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, dan ampuh dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan ketombe.

Cara pengaplikasiannya tidak rumit kok, cukup haluskan daging lidah buaya dan oleskan pada kulit kepalamu. Pijat kulit kepala dan biarkan selama 30 menit agar kandungannya menyerap ke akar rambut.

13. Campurkan bubuk aspirin ke dalam sampo

Photo: Pixbay

0 Komentar untuk "Cepat dan Mudah! Berikut 13 Cara Menghilangkan Ketombe Selamanya"

Back To Top