Mudah, Ini 5 Masker Penghilang Komedo yang Bisa Dibuat Sendiri

Benjolan kecil yang berada di pori-pori kulit ini biasanya muncul di wajah, namun juga bisa terdapat di bagian tubuh lain misalnya pada punggung. Komedo muncul karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati maupun minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori.

Masker Penghilang Komedo

Ada dua komedo yang umum ditemui, yakni komedo putih yang sesuai namanya berwarna putih dan menyerupai warna kulit. Ini disebabkan karena permukaannya tertutup lapisan kulit. Ada pula komedo hitam, yang permukaanya terbuka sehingga kena paparan udara dan warnanya menjadi lebih gelap. Banyak penyebab munculnya komedo, namun kondisi tertentu bisa jadi lebih rentan terhadap komedo.

Misalnya kulit yang mengalami iritasi, dan biasanya karena cara yang salah dalam mencuci wajah atau efek samping penggunaan produk.

Lalu juga bisa karena perubahan hormon, yang menyebabkan produksi minyak meningkat, atau konsumsi obat tertentu, konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula dan lemak berlebih, hingga kebiasaan merokok.

Baca Juga: Dikonsumsi atau Jadi Bahan Masker, Ini 5 Manfaat Lemon Untuk Wajah

Jadi jika Anda ingin mencegah munculnya komedo, bisa dimulai dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan memicu munculnya komedo.

Dan sebaliknya mulai melakukan kebiasaan, bahkan yang kecil sekali pun dan sering diabaikan, karena bisa berperan juga dalam mencegah munculnya komedo,

1. Cuci muka secara teratur namun jangan keseringan

Waktu cuci muka yang dianjurkan adalah sebelum tidur (setelah beraktivitas) dan setelah bangun tidur. Cuci muka teratur bisa mengurangi penumpukan minyak penyebab komedo.

Namun jangan sampai mencuci muka keseringan juga ya, karena ini bisa menyebabkan iritasi, yang malah bisa berujung pada munculnya komedo.

2. Gunakan produk perawatan yang sesuai

Dalam menggunakan produk perawatan kulit, gunakan yang sesuai kondisi kulit.  Khusus untuk mencegah komedo, pakailah produk yang tidak mengandung minyak. Dan tk hanya sabun, tapi juga pelembab serta produk kosmetik lainnya.

Gunakan produk untuk scrubbing secara teratur juga ya, karena ini termasuk ampuh dalam mengangkat sel kulit mati.

3. Jaga kebersihan rambut, tangan dan kuku


 Masker Penghilang Komedo

Mungkin banyak yang tidak menyadari langkah yang satu ini juga bisa mencegah komedo. Misalnya bagi yang memiliki tipe rambut berminyak, jika tidak dicuci secara secara teratur, bisa menjadi pemicu tersumbatnya pori-pori.

Sementara tangan dan kuku juga bisa menjadi perantara berpindahnya kotoran ke wajah sehingga menimbulkan komedo dan jerawat.

4. Perhatikan kebersihan barang-barang lainnya

Contohnya saja adalah sarung bantal dan sprei. Anda disarankan untuk menggantinya seminggu sekali, karena ini bisa menjadi sarang kotoran dan minyak yang menempel. Bahkan tak hanya kulit wajah, tapi sprei yang kotor juga berpengaruh pada kulit tubuh.

5. Jaga asupan

Karena komedo juga bisa disebabkan oleh makanan, maka sebaiknya Anda mulai mengurangi atau menghindari makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi. Dengan begini, produksi minyak pada kulit juga bisa ikut berkurang.

Baca Juga: Enggak Perlu Operasi! Berikut 13 Cara Meniruskan Pipi dengan Cepat dan Aman

Dan jika kulit wajah Anda sudah berkomedo, jangan panik dulu…. Saat ini banyak sekali produk di pasaran yang diklaim ampuh mengangkat komedo.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan sejumlah uang membeli produk-produk tersebut, lebih baik coba beberapa bahan alami yang notabene jauh lebih murah. Tertarik?

Yuk, intip cara membuat masker penghilang komedo yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah:

1. Masker penghilang komedo dari putih telur

Sumber protein dan asam folat yang tinggi satu ini dinilai ampuh dalam mengatasi komedo. Bahkan ada masker penghilang komedo yang beredar di pasaran berbahan dasar putih telur. Protein dalam telur bisa mengecilkan pori-pori, sehingga produksi minyak bisa berkurang. Kalau asam folat sendiri berfungsi untuk menghaluskan kulit.

Masker penghilang komedo dari putih telur

Cara menggunakannya juga mudah, Anda tinggal mengoleskan putih telur pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan hingga mengering, lalu bilas wajah menggunakan air hangat.

2. Masker penghilang komedo dari kopi

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, tapi juga berkhasiat untuk kecantikan dan perawatan tubuh, salah satunya ya menghilangkan komedo. Anda bisa memanfaatkan ampas kopi yang dicampur air secukupnya, lalu diaplikasikan di wajah dengan dipijat lembut membentuk gerakan memutar, biarkan hingga mengering sebelum akhirnya dibilas.

Kopi ampuh dalam mengangkat sel kulit mati penyebab komedo. Selain digunakan begitu saja, Anda juga bisa membuat scrub kopi dengan mencampur bubuk kopi dan gula pasir, dengan cara pengaplikasian yang sama.

3. Masker penghilang komedo dari jeruk

Pertama, Anda bisa manfaatkan lemon yang mengandung vitamin C dan berfungsi sebagai anti-oksidan alami dan bisa menjadi antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab munculnya komedo.

Salah satu cara menggunakan lemon adalah dengan mengoleskan air lemon langsung ke wajah dan diamkan selama lebih kurang 15 menit. Atau bisa juga dengan mencampur air lemon dengan gula dan madu. Setelah dioleskan, diamkan sekitar 10 menit, lalu bersihkan wajah dengan kain basah.

Kedua, menggunakan jeruk nipis, yang kandungannya sama dengan lemon, sehingga tak hanya cocok untuk menghilangkan komedo tapi juga bisa mengatasi jerawat hingga mencerahkan wajah. Cara pengaplikasiannya pun sama dengan lemon.

Kalau bicara kandungan vitamin C, sebenarnya kulit jeruk juga punya kandungan yang sama lho…. Bahkan ada yang menilai kulit jeruk memiliki kandung vitamin C lebih tinggi. Jadi Anda bisa gunakan kulit jeruk juga di sini.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga kering, kemudian ditumbuk halus dan dicampur air hingga membentuk pasta. 

Oleskan kemudian ke wajah seperti menggunakan masker pada umumnya, akhiri dengan mencuci wajah menggunakan air hangat.

4. Masker penghilang komedo dari tomat

Satu dari sekian bahan alami yang megandung senyawa anti-oksidan. Khususnya di tomat terdapat lycopine yang terbukti bisa menangkal radikal bebas agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah. 

Cara memanfaatkan tomat sebagai penghilang komedo adalah dengan menumbuk halus bahan ini hingga halus, kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit.  Atau bisa juga dengan mengoleskan daging buah tomat langsung ke wajah, lalu diamkan hingga mengering.

5. Masker penghilang komedo dari madu


Masker penghilang komedo dari madu

Khasiat madu memang banyak sekali, mulai dari kesehatan hingga kecantikan.  Khususnya untuk kecantikan, madu bisa jadi pelembap wajah alami yang bisa mencerahkan kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati, karena ada kandungan anti-oksidan.

Cara menghilangkan komedo dengan madu mudah saja. Cukup oleskan 1 sendok makan madu pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas wajah hingga bersih.  

Baca Juga: 5 Makanan Sehat dan Manfaat Vitamin untuk Kulit Kering

Menariknya, selain digunakan begitu saja, madu juga bisa diaplikasikan dengan bahan-bahan lainnya. Misalnya jika ingin mengatasi komedo, madu bisa dicampur dengan kayu manis. 

Caranya cukup campurkan madu dengan bubuk kayu manis lalu aplikasikan ke wajah sambil dipijat ringan. Jika madu memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab komedo, maka kayu manis dapat membantu dalam menarik keluar komedo dari permukaan kulit.

Jadi, mau coba masker penghilang komedo yang mana?
0 Komentar untuk "Mudah, Ini 5 Masker Penghilang Komedo yang Bisa Dibuat Sendiri "

Back To Top