Enggak Perlu Operasi! Berikut 13 Cara Meniruskan Pipi dengan Cepat dan Aman

Memiliki bentuk wajah ideal tentu menjadi keinginan setiap orang. Oleh karenanya, berbagai macam cara meniruskan pipi lantas dilakukan, demi mewujudkan keinginannya tersebut. Melakukan operasi penirusan pipi bisa jadi cara yang paling cepat dan praktis dalam merubah bentuk wajah seseorang menjadi lebih tirus.

Cara Meniruskan Pipi


Namun, selain menelan biaya yang tidak sedikit, operasi penirusan pipi juga menyimpan risiko yang cukup tinggi lho, mulai dari kecacatan wajah karena operasi yang gagal, hingga kematian.

Padahal, masih banyak kok cara meniruskan pipi dengan cepat dan aman, serta terbukti ampuh tanpa perlu melalukan operasi. Mau tahu apa saja? Simak penjabaran lengkapnya di bawah ya.

1. Lakukan pemijatan pada wajah

Cara meniruskan pipi pertama yang bisa dilakukan secara mudah yaitu melakukan pemijatan pada wajah. Sebab, memijat wajah dinilai efektif dalam membakar lemak di pipi dan mengempiskan pipi yang chubby.

Baca Juga: Lebih dari Pelembap, Berikut Manfaat Serum Wajah yang Wajib Kamu Ketahui

Caranya mudah kok, cukup oleskan minyak untuk muka sebagai pelicin, kemudian lakukan gerakan memutar menggunakan jari telunjuk dan jari tengah mulai dari bagian pipi bawah hingga ke atas.

Ulangi gerakan ini selama 15 menit, serta lakukan secara teratur setiap hari untuk mempercepat proses pembakaran lemak di pipi.

2. Mengunyah permen karet


Mengunyah permen karet
Photo: newscientist.com
Mengunyah permen karet mungkin merupakan cara meniruskan pipi yang paling banyak dilakukan orang. Tujuannya mirip dengan memijat wajah, yaitu untuk membakar lemak penyebab pipi tembam.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah rutin mengunyah permen karet selama 20 menit, 2 kali sehari. Namun ingat ya, pilihlah permen karet yang jenisnya less sugar atau rendah gula, seperti permen karet min.

3. Melakukan peregangan wajah

Selain dapat digunakan sebagai cara meniruskan pipi, gerakan peregangan sepatutnya dibutuhkan karena dapat memberikan sensasi rileks pada wajah. Tekan halus wajah memakai jari telunjuk dan jari tengah mulai dari hidung hingga menuju ke telinga. Jangan lupa lakukan gerakan ini sembari  bibir membentuk duck face ya.

4. Melakukan peregangan lidah

Bukan cuma wajah, lidah pun butuh dilakukan peregangan agar ototnya bisa jadi lebih rileks. Selain ampuh mengecilkan pipi, peregangan juga dapat meningkatkan fleksibilitas lidah dan wajah. Cara meniruskan pipi dengan gerakan peregangan lidah cukup mudah, kamu dapat memutar lidah ke kiri, kanan, atas, bawah, dalam keadaan mulut tertutup selama 15 menit.

5. Lakukan senam wajah dengan smiling fish


Lakukan senam wajah dengan smiling fish
Photo: Thought Catalog
Smiling fish adalah gerakan senam wajah yang cukup efektif sebagai cara meniruskan pipi dengan cepat. Sama seperti namanya, smiling fish dilakukan dengan cara menjepit lemak pipi ke dalam menggunakan gigi atau menyedot pipi ke dalam hingga mukamu terlihat seperti wajah ikan.

Sembari melalukan hal tersebut, cobalah untuk tersenyum dan tahan posisi ini selama 15 detik, lalu ulangi hingga 5 kali.

6. Lakukan gerakan seperti berkumur

Kamu tentu tahu dong, bagaimana gerakan berkumur? Bayangkan kamu sedang berkumur, tiup pipi bagian kirimu selama 10 detik, kemudian pindahkan udara ke pipi sebelah kanan dan tahan juga 10 detik.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat dan Manfaat Vitamin untuk Kulit Kering

Lakukan gerakan ini 5 kali dan tambah kecepatan tiupan hingga kamu terlihat seperti sedang berkumur-kumur. Itulah cara meniruskan pipi dengan gerakan berkumur.

7. Meniup balon

Tips yang satu ini mungkin agak terdengar janggal untukmu, akan tetapi, meniup balon merupakan cara meniruskan pipi yang cukup efektif untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan, gerakan meniup balon dapat melatih otot-otot wajah, hingga membakar lemak yang menumpuk pada bagian pipi.

Jika latihan meniup balon dapat kamu lakukan secara teratur dan berulang-ulang, maka proses penirusan pipimu juga akan berjalan lebih cepat.

8. Ubah posisi tidur


Ubah posisi tidur


Jika kamu mengira posisi tidur menyamping atau menekan pipi ke bantal merupakan posisi tidur yang tepat untuk membuat pipimu lebih tirus, maka persepsi tersebut salah.

Cara meniruskan pipi berdasarkan posisi tidur yang tepat adalah terlentang. Sebab, tekanan yang terjadi pada pipi dapat mengumpulkan lemak pada satu bagian, hingga akhirnya membuat pipi terlihat chubby.

9. Hindari konsumsi gula dan garam berlebih

Asupan makanan yang kamu konsumsi tentu berpengaruh banyak terhadap bentuk tubuh dan wajahmu. Maka dari itu, cobalah untuk lebih disiplin untuk mengatur pola makan sehari-hari. Terutama, hindari makanan yang mengandung banyak gula dan garam, sebab gula dan garam dapat memicu terjadinya penumpukan lemak di wajah.

10. Perbanyak minum air putih

Selain menjaga asupan makanan, mengatur pola asupan air putih juga sangat penting bagi tubuh kita. Air putih sendiri berfungsi untuk mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh manusia.

Bukan cuma itu, banyak mengkonsumsi air putih juga terbukti ampuh sebagai cara meniruskan pipi, lho. Dengan minum air sebanyak 7-8 liter per hari, kadar natrium pada air akan terdilusi dalam aliran darah, sehingga dapat mengecilkan lingkar pipimu yang terlihat chubby.


11. Meminum teh herbal

Meminum teh herbal
Photo: Today show

Jika kamu ingin yang sedikit berasa, maka kamu bisa meminum teh herbal sebagai pengganti air putih. Namun, perlu diingat ya, teh herbal bukan untuk dijadikan sebagai pengganti asupan cairan utama untuk tubuhmu, melainkan sebagai minuman tambahan saja ketika bersantai. 

Baca Juga: Manfaat Serum Wardah dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Varian teh detoks yang dapat kamu minum di antaranya, teh hijau, teh jahe, teh oolong, teh hitam, dan teh putih yang mengandung antioksidan disebut flavonoid. Pasalnya, zat tersebut sangat bermanfaat sebagai cara meniruskan pipi dan menurunkan berat badan.

12. Mengompres pipi dengan es

Cara meniruskan pipi berikutnya yang bisa kamu coba adalah degan mengompres atau menggosokkan sebungkus es hingga mencair di bagian pipi. Cara ini dinilai cukup efektif, sebab es batu memiliki kemampuan untuk mengeringkan kelebihan air di pipi akibat retensi, sehingga dipercaya ampuh mengurangi kalori di pipi.

13. Rutin berolahraga

Tentu saja, jika kamu menginginkan bentuk tubuh ideal, maka cara yang paling tepat mewujudkannya adalah dengan berolahraga. Ada beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat digunakan sebagai cara meniruskan pipi yang tembam, seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda, dan lain-lain. 

Itu tadi 13 cara meniruskan pipi dengan cepat dan aman yang dapat kamu coba. Melakukan operasi boleh-boleh saja, namun jika dapat dilakukan dengan cara yang lebih aman dan murah, kenapa tidak?

0 Komentar untuk "Enggak Perlu Operasi! Berikut 13 Cara Meniruskan Pipi dengan Cepat dan Aman"

Back To Top