5 Makanan Sehat dan Manfaat Vitamin untuk Kulit Kering

Tinggal negara tropis seperti Indonesia, membuat kulit kita rentan menjadi kering. Apalagi jika sering melakukan aktivitas di luar ruangan, paparan polusi dapat membuat kondisi kulit jadi lebih parah lagi.

Hal tersebut tidak bisa dianggap enteng, pasalnya kondisi kulit kering bisa lebih berbahaya daripada kondisi kulit yang berminyak. Kondisi kulit kering akan rentan terhadap gesekan, sehingga membuat kulit kita mudah terkena iritasi.

Terlebih bagi wanita, kulit kering membuat sulit untuk mengaplisikan make up, serta merubah penampilan menjadi terlihat kusam dan menua. Oleh sebab itu, perlu asupan makanan sehat dan vitamin untuk kulit kering yang mampu menanggulangi terjadinya hal tersebut. Mau tahu apa saja? Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini, yuk!

Vitamin A
Dikenal baik untuk kesehatan mata, ternyata vitamin A juga efektif dalam menanggulangi kulit kering, keriput, dan kerusakan kulit secara menyeluruh, lho.

Selain itu, vitamin A juga dapat menjaga kulit agar tetap kencang, elastis, dan menunda penuaan dini. Maka dari itu, vitamin A merupakan vitamin untuk kulit kering yang wajib untuk kamu konsumsi.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks
Photo: pixabay.com

Vitamin untuk kulit kering berikutnya adalah vitamin B Kompleks. Kandungan yang terdapat pada vitamin B7 atau biotin sangat berguna untuk menjaga pertumbuhan kuku, sel rambut, dan juga kulit. Jika kulitnya terlihat kering dan terkelupas, maka sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi varian vitamin yang satu ini.

Vitamin C
Sudah menjadi rahasia umum, jika makanan yang mengandung banyak vitamin C sangat efektif sebagai asupan vitamin untuk kulit kering. Tidak hanya kulit kering saja, jika kulit terlihat kusam, keriput, dan juga gelap, kandungan vitamin C mampu mengembalikan keremajaan kulitmu tersebut.

Hal ini disebabkan, kandungan vitamin C memiliki sifat antioksidan yang secara aktif melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, risiko kerusakan sel, hingga membantu menyembuhkan luka. Enggak heran dong, jika banyak produk perawatan kulit yang menggunakan vitamin C sebagai bahan dasar kandungan utamanya.

Vitamin D
Bukan cuma berguna untuk memperkuat dan menyehatkan tulang saja, nutrisi yang terkandung di dalam vitamin D juga kita butuhkan demi memenuhi asupan vitamin untuk kulit kering.

Bahkan, vitamin D juga sangat baik untuk para penderita psoariasis. Untuk kamu yang belum tahu, psoriasis adalah sebuah kondisi yang bisa menyebabkan kulit menjadi bersisik dan berkerak.

Oleh karenanya, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin D sangat membantu dalam mencegah dan mengobati psoariasis.

Vitamin E

Vitamin E

Ketika kelembapan kulit berkurang, maka risiko terjadinya kulit kering akan lebih tinggi. Itu mengapa kita membutuhkan vitamin E sebagai asupan vitamin untuk kulit kering. Pasalnya, vitamin yang efektif untuk meremajakan kulit ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar ultraviolet, serta mampu menjaga kelembapan kulit tubuh.

Baca Juga: 9 Masker Alami untuk Wajah, Wajib Coba!

Mengkonsumsi suplemen vitamin E sebenyak 3O IU per hari mungkin dapat menanggulanginya terjadinya kulit kering. Namun, asupan makanan sehat juga dibutuhkan untuk menyempurnakan proses tersebut.

5 Makanan sehat untuk peremajaan kulit
Bukan cuma faktor eksternal saja, gaya hidup juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kulit kering pada seseorang, lho. Salah satunya lewat pola makan yang buruk, tanpa memperdulikan asupan gizi yang terkandung pada makanan tersebut.

Maka dari itu, dibutuhkan asupan makanan sehat yang dapat membantu melengkapi kebutuhan vitamin untuk kulit kering bagi tubuh kita, seperti:

1. Susu

Susu
Photo: pixabay.com

Susu memang terkenal ampuh dalam membentu melengkapi kebutuhan vitamin untuk kulit kering. Hal ini disebabkan, kandungan antiinflamasi efektif menenangkan kulit dan mencegah terjadinya iritasi. Lebih dari itu, susu juga mengandung asam laktat yang mampu meningkatkan kelembapan kulit tubuh.

Selain rutin mengkonsumsi susu, kamu juga dapat menggunakan susu sebagai masker alami, terutama untuk bagian kulit wajah.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Ini 5 Cara Menghaluskan Wajah

Cara pertama, kamu bisa mengompres wajahmu dengan susu cair selama 5-7 menit. Sedang, cara kedua dengan memanfaatkan susu bubuk yang diberi sedikit air hingga membentuk seperti pasta. Jika sudah, balurkan ke seluruh areal wajah dan tunggu sampai kering. setelah kering, barulah bersihkan wajah dengan air bersih.

2. Madu
Ibarat air putih, madu dapat dikatakan menjadi obat dari segala penyakit, termasuk ampuh memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit kering. Kandungan antioksidan dan antinikrobanya tidak cuma melembapkan, namun juga efektif menjaga kelembapan kulit, sehingga tubuh terbebas dari risiko kulit kering.

Kamu bisa mengkonsumsi madu setiap hari secara rutin atau mencampurkannya dengan bahan makanan lain, seperti ke dalam minuman teh. Khusus untuk penderita kulit wajah kering, kamu dapat mengoleskan madu secara langsung ke seluruh bagian wajahmu. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

3. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Photo: pixabay

Siapa bilang lidah buaya hanya efektif untuk merawat kesehatan rambut saja? Faktanya, kandungan lidah buaya juga dibutuhkan tubuh, terutama sebagai vitamin untuk kulit kering. Kandungan antiseptik, antiimflamasi, dan antifungal yang terdapat di dalam lidah buaya ternyata sangat penting untuk kesehatan kulit manusia.

Bahkan, pengaplikasian gel lidah buaya secara langsung ke areal kulit tidak cuma dapat meremajakan kulit saja, namun juga memberikan rasa rileks dan sensasi dingin pada kulitmu.

4. Mentimun
Mentimun merupakan bahan alami yang sejak lama dipercaya ampuh dalam meremajakan kulit, terutama bagian kulit wajah. Hal ini dapat dikatakan benar, sebab kandungan air yang tinggi di dalam mentimun dapat menghidrasi kulit kita menjadi lebih lembap.

Baca Juga: 5 Pilihan Warna Lipstik untuk Bibir Hitam

Cara termudah dalam mengkonsumsi mentimun sebagai asupan vitamin untuk kulit kering adalah dengan menjadikannya sebagai jus. Meski begitu, kamu juga bisa mengaplikasikannya secara langsung ke kulit, dengan cara memblender mentimun tersebut, kemudian menambahkannya dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu, balurkan ke seluruh tubuh serta diamkan kurang lebih 15 menit.

5. Alpukat

Alpukat

Lemak nabati yang terkandung di dalam alpukat terbukti dapat menjaga kelembapan bagi kulit kering. Dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin, artinya kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit kering yang dibutuhkan oleh tubuh.

selain mengkonsumsinya, jadikan pula buah yang satu ini sebagai masker bagi kulit wajahmu. Caranya dengan memblender alpukat tersebut, lalu oleskan pada seluruh bagian wajah.

Setelah selesai, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bersihkan menggunakan air dingin. Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menanggulangi masalah kulit kering. Semoga artikel kali ini bermanfaat, selamat mencoba!

0 Komentar untuk "5 Makanan Sehat dan Manfaat Vitamin untuk Kulit Kering"

Back To Top