Bak Surga Dunia, 9 Tempat Wisata Lombok Ini Wajib Untuk Kamu Kunjungi


Keindahan alam Pulau Lombok tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai tempat wisata Lombok bahkan menjadi destinasi wisata favorit bagi para turis, baik lokal maupun mancanegara. Tak kalah dengan Bali, Lombok berhasil menyedot ribuan bahkan ratusan ribu wisatawan untuk berkunjung ke kawasan tersebut tiap tahunnya.

Meski sempat diterjang gempa pada tahun 2018 silam, Lombok kini tengah berbenah dan kembali meyakinkan masyarakat bahwa daerahnya aman untuk dikunjungi para wisatawan. 
Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin berwisata ke Lombok, kamu tidak perlu takut karena Pulau Lombok dijamin aman!

Biar liburanmu semakin seru dan tak terlupakan, yuk simak tempat wisata Lombok yang wajib banget untuk kamu kunjungi di bawah ini.

1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Photo: pagguci.com

Siapa bilang Pantai Kuta cuma ada di Bali? Di Lombok juga ada lho, yang namanya Pantai Kuta. Berbeda dengan Kuta Bali, Pantai Kuta Lombok relatif lebih sepi dan tenang. 
Meski termasuk salah satu tempat wisata Lombok yang menjadi langganan para turis, namun keindahan dan kebersihan pantai ini masih terjaga.

Hal tersebut terlihat dari bersihnya lingkungan sekitar pantai, pasir putih yang masih terjaga, serta beningnya air laut di Pantai Kuta Lombok
Pas banget deh, buat kamu yang ingin liburan ke pantai sembari melalukan rileksasi.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Memiliki warna pasir yang unik, yaitu gradasi pasir putih dan hitam, serta air laut berwarna biru kehijauan, Pantai Senggigi juga termasuk salah satu tempat wisata Lombok terpopuler bagi para wisatawan . Berlokasi di Lombok Barat, Pantai Senggigi terletak tidak jauh dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, tiga pulau kecil yang juga merupakan destinasi favorit di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Aktivitas populer yang dapat kamu lakukan di pantai ini di antaranya melakukan olahraga snorkeling. Pasalnya, Pantai Senggigi juga terkenal memiliki biota laut yang indah dan beragam.

3. Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno


Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno
Photo: Bernard Hermant
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno merupakan gugusan pulau kecil yang terdapat di sekitar Pulau Lombok. Gili Trawangan sebagai pulau terbesar di antara ketiganya, adalah pulau yang paling sering dikunjungi oleh para turis, baik dari luar maupun dalam negeri.

Di dalamnya terdapat fasilitas berupa penginapan, restoran, kafe-kafe, tempat hiburan, dan sebagainya, yang pastinya semakin memanjakanmu ketika berkunjung ke sana. 
Sedangkan Pulau Gili Air dan Gili Meno relatif lebih sepi dibandingkan Pulau Gili Trawangan. Pantainya juga tak seramai pantai di Gili Trawangan.


Oleh sebab itu, kedua pulau tersebut menjadi tempat wisata Lombok terfavorit bagi wisatawan yang membutuhkan suasana lebih tenang. 
Menariknya lagi, di ketiga pulau ini kamu tidak akan melihat lalu-lalang kendaraan bermotor.

Semua orang yang ada di pulau tersebut menggunakan kuda dan sepeda sebagai alat transportasi mereka. Enggak heran, jika ketiga tempat wisata di Lombok ini sangat terjaga keasriannya ya.

4. Pantai Tangsi


Pantai Tangsi

Apakah kamu pernah mendengar Pantai Tangsi di Lombok? Kalau belum, bagaimana dengan Pantai Pink? Jangan bingung ya guys, kedua pantai tersebut sama kok. Pantai Tangsi disebut sebagai Pantai Pink karena memiliki warna pasir yang unik, yaitu berwarna pink atau merah muda. 

Fenomena pasir berwarna pink ini terjadi karena adanya
pencampuran antara pasir putih dengan serpihan karang berwarna merah yang hancur terkena ombak hingga ke bibir pantai. Selain itu, warna air lautnya yang biru dan bening dijamin membuatmu betah berlama-lama menikmati keindahan tempat wisata Lombok yang satu ini.

5. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Agaknya Pantai Tanjung Aan merupakan tempat wisata Lombok yang paling sering berseliweran di dunia maya. Pantas saja, siapa sih yang enggak gatel pengin memotret ketika melihat keindahan pantai ini? Memiliki pasir putih bersih, airnya pun jernih kebiruan, serta perbukitan yang terdapat di sekitar pantai membuat Pantai Tanjung Aan terlihat sangat instagrammable.

Selain itu, jaraknya juga enggak jauh dari pusat Kota Mataram, kira-kira hanya memakan waktu sekitar 15 menit jika kamu menggunakan motor atau mobil.


6. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Bosan dengan tempat wisata Lombok yang populer dan ramai akan turis? Coba kunjungi Pantai Selong Belanak, deh. Pantai yang satu ini mungkin tak sepopuler Pantai Kuta, Senggigi, dan Tanjung Aan, namun keindahannya juga tidak bisa diremehkan, lho. 

Dianugerahi pasir putih yang halus, warna air laut yang kebiruan, pantai ini juga menjadi lokasi yang sangat cocok bagi kamu yang ingin menekuni olahraga surfing atau berselancar.

Pasalnya, ombak di pantai ini terbilang sangat baik, terutama bagi mereka yang baru mulai berselancar atau pemula, karena tergolong tidak terlampau besar. Bukan cuma berselancar, bagi kamu yang ingin bersantai di pantai, tempat wisata di Lombok yang satu ini juga cocok untukmu, sebab segala fasilitas pendukung wisatawan sudah tersedia di sana.

7. Bukit Selong dan Bukit Pergasingan

Bukit Selong dan Bukit Pergasingan
Photo: journeyera.com
Ada Pantai Selong, ada pula Bukit Selong. Keduanya jelas berbeda, yang satu menawarkan keindahan laut, sedang yang satunya memberikan pemandangan berupa perbukitan dan hamparan sawah yang luas. 

Baca Juga: Wisata ke Kampung Baduy, Ini Dia 5 Tipsnya

Iya, sama-sama berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, kedua tempat wisata Lombok ini akan membawamu menikmati keindahan Pulau Lombok dari ketinggian.

Maka dari itu, kedua bukit ini sangat pas untuk kamu yang bosan bermain di pantai, serta menginginkan suasana liburan yang berbeda di Lombok.

8. Taman Wisata Pusuk Sembalun


Masih seputar ketinggian, tempat wisata Lombok yang satu ini pas sekali untuk kamu yang ingin menyegarkan mata dan juga pikiranmu dari penatnya rutinitas sehari-hari. Taman Wisata Pusuk Sembalun berlokasi di kawasan lereng Gunung Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur. Letaknya berada di ketinggian sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut.

Oleh karenanya, di tempat ini kamu akan disuguhkan
pemandangan berupa hamparan pepohonan dan perbukitan hijau yang indah, asri, dan tentu saja instagrammable banget!

9. Dusun Sade

Dusun Sade

Ada yang bilang, jika kamu ke Lombok namun tidak mengunjungi Dusun Sade, maka pelesiranmu tersebut dapat dikatakan gagal total alias tidak sah! Bagaimana tidak, sebagai tempat tinggal Suku Sasak, suku asli yang mendiami Pulau Lombok, mengunjungi Dusun Sade sama halnya bersilaturrahmi dengan tuan rumah pulau tersebut.

Uniknya, masyarakat Dusun Sade hingga kini masih mempertahankan adat-istiadat dari para leluhurnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan rumah.

Rumah-rumah di Dusun Sade didesain sangat tradisional, sesuai ketentuan adatnya, yaitu beratap alang-alang, dinding anyaman dan bambu, serta kayu. Unik sekali! Selain itu, sebagai pelancong yang berkunjung ke sana, kamu dapat melihat proses pembuatan kain ikat Suku Sasak secara langsung, ikut belajar membuatnya, hingga membeli kain tersebut sebagai oleh-oleh.

Meski tidak ada aturan khusus yang terlalu mengikat para wisatawan, namun sebagai tamu, menjaga perilaku dan kesopanan wajib hukumnya ketika kamu mengunjungi Dusun Sade. Bagaimana, menarik sekali bukan tempat wisata Lombok yang telah saya rekomendasikan? Tunggu apalagi, ayo kita berkemas dan berangkat!

Tag : Traveling
0 Komentar untuk "Bak Surga Dunia, 9 Tempat Wisata Lombok Ini Wajib Untuk Kamu Kunjungi"

Back To Top