Yuk, Wisata Seru ke Pulau Umang!

Salah satu destinasi wisata menarik yang dimiliki oleh Provinsi Banten ini, tepatnya terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Pulau Umang memiliki pemandangan yang sangat indah, laut lepas dan di sisi lain ada pula bukit serta gunung. Eksotis!

Banten yang jadi penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera memang dikenal memiliki wilayah laut yang dianggap potensial dan banyak dijadikan destinasi wisata.

Asal usul nama Umang sendiri diambil dari salah satu spesies laut. Karena di pulau ini ada bangunan yang mirip dengan cangkang hewan tersebut, pulau ini kemudian dinamakan Pulau Umang.

Cara ke Pulau Umang

photo : jamuju.com
Kalau Anda berencana untuk mengunjungi Pulau Umang, ada dua rute perjalanan nih yang bisa dilewati menuju ke lokasi yang jaraknya 183 km atau sekitar 6 jam perjalanan dari Jakarta ini.

Pertama, Anda bisa lewat Tol Kebun Jeruk-Merak, keluar di Serang Timur (km 71) arah ke Merak, lalu ikuti jalan Pandeglang sampai Labuan, kemudian melewati rute Taragong - Citeurup - Cigeulis - Cibaliung dan Cimanggu hingga akhirnya sampai di Sumur. 

Di sini, Anda akan menemukan loket penjualan tiket untuk menyeberang ke Pulau Umang. 

Ya, untuk sampai ke Pulau Umang Anda harus menyeberang menggunakan speedboat yang biasa ditempuh selama 5 -10 menit.

Rute kedua masih sama dengan yang sebelumnya yakni masuk pintu Tol Kebun Jeruk, keluar di Cilegon Barat.

Lalu ikuti jalur Anyer - Carita hingga ke Taragong, kemudian sama dengan rute pertama, tinggal menuju Cibaliung dan Cimanggu hingga sampai ke Sumur. 

Kalau Anda menggunakan angkutan umum, bisa berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat menuju ke Labuan, lalu bisa lanjut sampai Sumur dengan berganti bis dan menambah ongkos, dimana total perjalanan bisa mencapai 8 jam.

Kegiatan Seru di Pulau Umang

Sesampainya di Pulau Umang, banyak penginapan yang tersedia dan bisa Anda pilih. 

Karena sudah dijadikan sebagai destinasi wisata, serta dikelola oleh pihak swasta, jadi tak heran kalau Anda tak perlu mengkhawatirkan soal akomodasi di sini.

Pulau Umang sudah dilengkapi fasilitas mulai dari bintang lima hingga untuk para backpacker, dalam hal ini mulai dari pilihan penginapan, hingga tempat makannya.

Salah satu spot penginapan yang jadi favorit adalah cottage yang menjorok ke laut, dan dilengkapi oleh jembatan kayu. 

Nah, kalau kegiatannya apa saja ya?

photo : pandeglang-news.blogspot.com
Anda tak akan bosan berada di Pulau Umang. Justru sebaliknya, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan selama di sini. 

Mulai dari snorkeling atau diving dengan peralatan lengkap yang bisa disewa di tempat. Jadi tak perlu repot-repot membawa peralatan sendiri. 

Saat diving atau snorkeling Anda bisa melihat pemandangan bawah laut yang memesona. 

Kondisi bawah laut yang masih terjaga, seperti koral lunak dan keras, berbagai terumbu karang, air laut jernih dan gelombang serta ombak yang tenang jadi salah satu daya tarik untuk diving maupun snorkeling di Pulau Umang.

Oya, kalau Anda ingin pemandangan bawah laut yang lebih cantik bisa menyeberang ke Pulau Ora, yang masih berada dalam satu kawasan dengan Pulau Umang. 

Jangan lupa ya, untuk membawa kamera underwater, karena akan ada banyak pemandangan cantik yang wajib difoto. 

Mau lebih memacu adrenalin? Anda bisa mencoba jet ski. Kalau belum terbiasa, bisa minta bantuan pengelola di sana. Semua aktivitas ini juga dilengkapi safety gear misalnya saja pelampung.

Kalau mau seru-seruan bersama keluarga coba deh, banana boat. Oya, di sini juga tersedia fasilitas family outbond, dimana ada taman bermain dan kolam renang khusus anak-anak yang menghadap laut lepas. 

Atau kalau ingin bersantai saja, sambil duduk di pantai dengan hamparan pasir putih dan deburan ombaknya juga bisa kok

Bahkan duduk di pantai saja, Anda tetap bisa tetap terhibur dengan melihat banyak ikan kecil yang tengah berenang. 

Jangan lewatkan juga sunset di sini ya, karena ini jadi momen favorit dan diburu para wisatawan yang datang ke sini.

pulau umang
photo : wisatafavorit.com

Oya, di pasir putih ini juga seru kalau Anda ingin berkegiatan seperti main bola voli. Area pantai yang landai dan pasirnya yang lembut memang cocok untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga. 

Menariknya, ada beberapa resort yang bisa disewa dimana salah satu fasilitas yang diberikan adalah kolam renang yang langsung menghadap ke pantai, baik untuk anak maupun dewasa.

Tak heran ya, kalau berenang jadi aktivitas favorit di Pulau Umang, karena pemandangannya benar-benar luar biasa.

Jadi bisa dibilang Pulau Umang cocok bagi siapapun, mulai dari solo traveler hingga mereka yang traveling bersama teman dan keluarga, tempat ini tetap pilihan seru.

Wisata Kuliner di Pulau Umang

Kuliner tentunya jadi bagian yang menarik saat traveling..

Di Pulau Umang ini, seperti yang disebutkan sebelumnya, tak hanya penginapan yang lengkap tersedia, tapi juga pilihan tempat makannya.

Dan tentu saja, karena bernuansa pantai, maka menu yang paling direkomendasikan di sini adalah seafood. Misalnya saja olahan ikan kakap merah dan ikan kerapu yang jadi menu andalan di sini dengan pilihan bumbu yang semuanya nikmat. 

Tapi tenang saja bagi yang tak suka seafood, masih banyak menu lain yang bisa jadi pilihan misalnya yang berbahan daging.

Pulau Umang Bisa Saingi Lombok atau Bali

pulau umang
photo : wisatadiindonesia.com
Pulau Umang yang sudah dikelola secara profesional kini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Indonesia. 

Ini jadi tujuan favorit baik bagi yang ingin bertualang ala backpacker, maupun untuk mereka yang memilih wisata bersama rombongan teman atau keluarga. 

Bahkan ini tak hanya jadi destinasi bagi wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara. 

Dirancang dengan desain yang ramah lingkungan dan villa berbahan kayu, bahkan di sini terdapat fasilitas seperti meeting room, banquet hall, beach club hingga spa.

Tak heran dengan pemandangan alam yang luar biasa dan didukung oleh fasilitas super lengkap dan memadai, Pulau Umang dianggap bisa bersaing dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia yang sudah lebih dikenal misalnya saja Pulau Lombok atau Bali.

Nah, agar trip Anda ke Pulau Umang berjalan lancar, sebaiknya lakukan riset dulu ya mengenai harga tiket dan penginapan yang tersedia di sana. 

Oya, untuk penginapan sebaiknya pesan lebih dulu sebelum datang ke sini. Apalagi kalau musim liburan, tentunya tak sedikit wisatawan yang ingin berkunjung ke sini.

Banyak situs booking online yang bisa Anda cek lebih dulu untuk memastikan tarif penginapan di sini. Pastikan dulu kapasitas kamarnya dan Anda membawa cukup orang, sehingga biaya sewa penginapan tidak dirasa mahal karena bisa sharing.

Itu dia seputar wisata ke Pulau Umang. Kalau tertarik, langsung rencanakan saja trip ke tempat menarik ini ya, biar enggak kurang piknik..

Have a good trip!

Tag : Traveling
0 Komentar untuk "Yuk, Wisata Seru ke Pulau Umang!"

Back To Top