5 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami, Cepat dan Mudah

Cara Memutihkan Ketiak

Warna kulit ketiak yang hitam sering kali mengurangi kepercayaan diri seseorang.
Meski terletak di daerah yang acap kali tertutup, namun masalah kulit ketiak yang menghitam menjadi momok bagi sebagian orang, terutama kaum hawa.

Sebagai wanita, kamu tentu enggak pede dong, ketika kamu ingin tampil cantik memakai baju atau dress tanpa lengan, tapi malah memperlihatkan kondisi ketiak kamu yang gelap. Oleh sebab itu, banyak perempuan kemudian melakukan treatment-treatment atau perawatan khusus untuk memutihkan kulit ketiaknya tersebut.

Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati. Pasalnya, tidak semua perawatan kulit ketiak yang tersedia di klinik kecantikan bisa kamu coba, lho. Karena kulit ketiak merupakan bagian kulit yang sensitif, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu jenis ketiak kamu seperti apa, baru kemudian menentukan perawatan apa yang bisa kamu jalani.

Baca Juga: 7 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko iritasi atau alergi di bagian kulit ketiak kamu. Masalah ketiak hitam sebenarnya sebuah persoalan yang wajar, hampir semua orang mungkin pernah mengalami hal tersebut.

Beberapa penyebabnya adalah, karena terlalu sering mencukur rambut pada ketiak, penggunaan krim penghilang rambut secara teratur, keringat yang berlebihan, ventilasi pada ketiak yang buruk, akumulasi sel-sel kulit mati, serta penggunaan deodoran berbasis alkohol dan antiperspirant. Jadi, banyak faktor sebenarnya, kenapa kulit ketiak kamu berubah berwarna gelap.

Namun jangan khawatir, selain melakukan perawatan ke dokter atau klinik kecantikan, sebenarnya ada beberapa cara memutihkan ketiak yang dapat kamu lakukan di rumah secara alami, cepat, dan tanpa efek samping. Engga perlu ribet dan mahal, bahan-bahan alami ini dapat dengan mudah kamu temui di sekitar kamu.

Pernasaran bagaimana caranya? Kita simak bersama-sama yuk!

1. Cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis


Cara Memutihkan Ketiak
Photo : Google Images
Siapa yang tidak tahu jeruk nipis? Rasanya enggak mungkin ya, semua orang pasti mengetahui buah ini, dan pernah memanfaatkannya sebagai salah satu bahan penyedap makanan. Selain dapat dikonsumsi sebagai bahan masakan, jeruk nipis juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara memutihkan ketiak.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis mampu menyehatkan serta mencerahkan warna ketiak kamu yang gelap. Terdapat dua langkah yang dapat kamu lakukan sebagai cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis, pertama:
  • Siapkan satu buah jeruk nipis yang masih segar. 
  • Iris jeruk nipis menjadi beberapa bagian, kemudian buang biji yang terdapat di dalamnya. 
  • Gosokkan pada kulit ketiak secara merata setiap kali selesai mandi.
  • Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu dan lakukan secara rutin setiap hari.

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan adalah:

  • Siapkan satu buah jeruk nipis dan mentimun yang masih segar.
  • Peras jeruk nipis hingga mengeluarkan air, serta haluskan mentimun dengan cara diblender.
  • Campurkan satu sendok teh air jeruk nipis, satu sendok teh jus mentimun dan sejumput bubuk kunyit.
  • Aduk sampai merata hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada kulit ketiak sebagai masker alami dan diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih.

Cara memutihkan ketiak dengan baking soda


Cara Memutihkan Ketiak
Photo: Google Images
Dilansir dari Boldsky, banyak ahli kecantikan yang menyarankan penggunaan baking soda atau soda kue sebagai cara memutihkan ketiak yang hitam. Pasalnya, baking soda dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati yang menyebabkan timbulnya area kulit berwarna hitam pada ketiak, serta membantu mengurangi produksi melanin.

Melanin berlebih menjadi alasan mengapa warna kulit ketiak dan warna kulit di sekitarnya berbeda.
Soda kue juga mampu membuka pori-pori yang tersumbat, sekaligus menyerap minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit ketiak serta mengurangi bau badan yang tidak sedap. Wah, banyak sekali ya manfaat dari baking soda untuk kulit kita.

Mau tahu gimana caranya pengaplikasiannya? Gampang kok, cukup campurkan dua sendok makan baking soda dengan perasan jeruk secara merata. Setelah tercampur sampai menjadi seperti pasta, oleskan campuran tersebut ke areal kulit ketiak kamu yang berwarna gelap, pijat selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga: 5 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan

Selain mencampur soda kue dengan jeruk, kamu juga bisa mencampurkan soda kue dengan mentimun dan minyak kelapa sebagai cara memutihkan ketiak. Campurkan tiga sendok makan sari mentimun dengan sedikit baking soda.

Aduk hingga rata dan oleskan pada kulit ketiak. Sedangkan minyak kelapa, kamu bisa campurkan dua hingga tiga sendok makan baking soda dengan satu setengah sendok makan minyak kelapa murni. Oleskan pada bagian ketiak yang hitam, tunggu sampai mengering lalu bilas dengan air bersih.

Cara memutihkan ketiak dengan kunyit


Cara Memutihkan Ketiak
Photo : Google Images
Cara memutihkan ketiak dengan kunyit sebenarnya hampir serupa dengan cara-cara yang telah dibahas sebelumnya. Siapkan 2 sendok makan kunyit bubuk atau kunyit yang telah dihaluskan dan 3 sendok makan mentimun yang sudah dihaluskan.

Campurkan dua bahan tersebut serta aduk rata hingga membentuk pasta atau masker, kemudian oleskan kebagian hitam pada ketiak kamu. Lakukan pemijatan secara lembut pada bagian kulit tersebut, lalu diamkan kira-kira selama 20 menit. Jika sudah, segera bilas ketiak dengan air bersih.
Jangan lupa untuk melakukan cara ini setidaknya setiap dua hari sekali secara teratur, untuk hasil yang lebih maksimal.

Kandungan antiseptik yang terdapat pada kunyit dan dipercaya bisa mencerahkan kulit dan menjaga kulit ketiak terhindar dari iritasi. Antiseptik juga berfungsi membuat kulit ketiak semakin bersih dan tak kembali kusam, lho.

Sementara mentimun, nutrisi yang ada di dalamnya dipercaya bisa melembabkan serta menyegarkan kulit. Selain itu, teksturnya yang dingin membuat masker mentimun nyaman untuk kamu gunakan.

Cara memutihkan ketiak dengan kentang

Cara Memutihkan Ketiak
Photo: Google Images
Siapa yang menyangka, bahwa kentang yang sering kita gunakan sebagai bahan masakan membuat gulai, sup, dan sebagainya, ternyata juga bermanfaat sebagai cara memutihkan ketiak. Kandungan asam malat yang terdapat pada kentang diyakini bisa menjadi bahan pemutih alami untuk ketiak kita.

Selain itu, kentang juga mengandung pati, yang dapat menghaluskan kulit juga mengatasi mata sembab, serta kandungan antioksidannya juga dapat membantu menghilangkan stretch marks pada kulit.

Ada dua langkah yang dapat kamu lakukan sebagai cara memutihkan ketiak dengan menggunakan kentang; langkah pertama, cukup ambil irisan kentang. Kemudian gosokkan irisan ke area ketiak secara perlahan.

Langkah kedua, parut 1 butir kentang. Peras dan ambil airnya. Kemudian oleskan ke area ketiak dan diamkan 20-25 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan maksimal.

Namun, karena kondisi dan sensitivitas kulit orang berbeda-beda, segera hentikan treatment ini apabila kamu mengalami iritasi ya.

Cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi


Photo: Google Images
Bukan hanya memutihkan gigi, pasta gigi atau odol juga bisa dimanfaatkan menjadi cara memutihkan ketiak kamu, lho! Namun saran saya, dalam menggunakan pasta gigi sebagai bahan pemutih ketiak, lebih baik menggunakan pasta gigi jenis herbal.

Hal ini lantaran, Pasta gigi herbal dibuat khusus agar pengguna bisa lebih aman saat menggunakan pasta gigi dan menghindari penggunaan beberapa bahan kimia yang terdapat dalam pasta gigi biasa.

Dalam pasta gigi herbal, umumnya tidak mengandung flouride atau sodium lauryl sulfate, yang diganti dengan beberapa bahan alami seperti lidah buaya, strawberri, soda kue, minyak kayu putih dan juga minyak esensial.

Beberapa bahan alami pengganti tersebut tentunya lebih aman untuk digunakan pada ketiak yang termasuk dalam jenis kulit sensitif. Selain itu, beberapa bahan seperti soda kue, telah disebutkan juga sebelumnya, mampu memutihkan kulit ketiak, sehingga penggunaan soda kue menjadikan bahan yang cukup efektif dalam memutihkan ketiak.

Caranya mudah, oleskan pasta gigi secukupnya pada jari kemudian oleskan pada ketiak yang sudah dibersihkan menggunakan air hangat. Gosok lembut selama 5 menit dengan jari kamu, agar pasta gigi meresap ke kulit ketiak. Diamkan kembali selama 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air bersih.
Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari sesudah mandi, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Nah, itu tadi 5 cara memutihkan ketiak secara alami, cepat dan mudah, untuk kamu yang mengalami masalah kulit ketiak berwarna hitam.
Selamat mencoba!

0 Komentar untuk "5 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami, Cepat dan Mudah"

Back To Top