5 Manfaat Antioksidan dan Sumber Alami untuk Mendapatkannya


Manfaat antioksidan bagi tubuh yang paling umum diketahui adalah melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tapi apa sih sebenarnya radikal bebas itu?

Radikal bebas bisa terbentuk secara alami saat terjadi proses metabolisme di dalam tubuh, tapi juga bisa berasal dari luar tubuh contohnya dari polusi, asap rokok atau obat-obatan.

Bahayanya radikal bebas ini adalah dapat merusak susunan DNA sel, meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, peradangan dan melemahkan daya tahan tubuh.  Bahkan kalau terpapar radikal bebas secara berlebihan bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini bahkan penyakit serius seperti kanker, gangguan jantung hingga demensia.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Ampuh

Dan tidak hanya membuat kerusakan pada sel-sel dalam tubuh, tapi juga bisa memberikan efek buruk ke kulit, wajah dan lain-lain. Nah, antioksidan hadir sebagai penetralisir sifat reaktif radikal bebas dan melawan efek-efek berbahayanya. 

Meski sebenarnya tubuh secara alami juga menghasilkan antioksidan alami (endogenous), tetapi jumlahnya tidak cukup, sehingga dibutuhkan jenis antioksidan yang berasal dari luar tubuh (exogenous).  Bahkan sebenarnya tubuh cenderung lebih bergantung pada antioksidan yang berasal dari luar ini lho…

Jenis antioksidan juga berbeda-beda dan memiliki mekanisme kerjanya sendiri. Dan antioksidan yang umumnya mudah didapatkan antara lain, vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata dan kulit, serta meningkatkan sistem imun tubuh hingga mencegah infeksi.

Lalu vitamin C, yang sangat berperan dalam menjaga sistem imun tubuh. Termasuk juga vitamin E, yang bisa melindungi membran sel, agar terhindar dari kerusakan dari radikal bebas. 

Jenis yang lain antioksidan adalah berbagai mineral seperti selenium yang berperan dalam menjaga fungsi kognitif otak dan menjaga sistem kekebalan tubuh, serta mangan yang juga berperan dalam menjaga tulang dan jaringan ikat.

Secara lengkap, ini manfaat antioksidan baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh:

1. Manfaat antioksidan dalam mengurangi garis halus dan kerutan


Manfaat antioksidan dalam mengurangi garis halus dan kerutan
Photo: nextskin.co.id
Radikal bebas yang terbentuk dari kelebihan paparan sinar matahari bisa mempercepat penuaan.  Dan antioksidan bisa merawat dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari serta polusi.

Juga bekerja melindungi kulit dari dalam dengan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Garis halus dan kerutan sendiri disebabkan karena produksi kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit jumlahnya menurun sehingga kulit mengendur. Dan antioksidan sekaligus bisa meningkatkan produksi kolagen tersebut.

2. Manfaat antioksidan dalam mengurangi jerawat dan bintik hitam

Antioksidan yang sangat berperan dalam mengatasi jerawat adalah Vitamin A yang lebih dikenal sebagai retin A.  Ketika digunakan ke kulit, vitamin A bisa menghilangkan sumbatan pada keratin yang menjadi penyebab utama adanya jerawat dan komedo. Selain itu vitamin A pun bisa mengurangi kelebihan minyak pori-pori.

Tak hanya jerawat, manfaat antioksidan juga bisa untuk mengatasi bintik hitam di wajah yang biasanya muncul karena paparan sinar matahari yang mempercepat produksi melanin. 

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya gunakan produk perawatan wajah yang mengandung antioksidan, khususnya vitamin C, karena dianggap mampu mengurangi pigmentasi melanin pada kulit.

Baca Juga: 9 Manfaat Madu Untuk Wajah, Perawatan Kulit Natural Dari Alam

Selain bagi kecantikan, manfaat antioksidan juga tak kalah luar biasa bagi kesehatan, seperti yang diungkapkan sebelumnya. Dan berikut beberapa di antaranya:

3. Manfaat antioksidan dalam mencegah berbagai penyakit

Di antaranya adalah penyakit kardiovaskular. Di sini ada beberapa jenis antioksidan yang berperan seperti vitamin C dan vitamin E. Termasuk selenium yang dinilai mampu untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu antioksidan di sini juga bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit mulai dari kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat antioksidan dalam mencegah berbagai penyakit


Lalu juga penyakit degeneratif seperti alzheimer dan katatarak, bahkan juga gangguan kognitif dimana antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga sel otak tetap terjaga nutrisinya.

4. Manfaat antioksidan dalam meningkatkan imunitas tubuh

Zat antioksidan juga berperan dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan juga bisa membantu mengatasi gangguan yang terkait dengan masalah imunitas tubuh.

5. Manfaat antioksidan dalam meningkatkan kerja organ tubuh

Antioksidan juga dapat mencegah stres oksidatif yang salah satunya bisa menyebabkan gangguan hati.  Dan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat pula mencegah perkembangan gangguan ginjal.

Sekaligus berperan penting dalam menjaga agar sel dalam tubuh tumbuh sehat dan tidak menyebabkan berbagai masalah yang jadi sumber penyakit.

Nah, setelah tahu berbagai manfaat antioksidan, saatnya untuk tahu, apa saja sih sumber antioksidan yang bisa dikonsumsi dan baik bagi kesehatan? Simak uraian berikut ini ya…

Sumber senyawa antioksidan, bisa dari makanan ataupun dari hasil sintesis reaksi kimia (suplemen).
Antioksidan dari suplemen hanya dibutuhkan dalam kondisi tertentu, yakni jika kebutuhan antioksidan benar-benar tidak dapat dipenuhi oleh antioksidan alami. 

Karena jika Anda mengonsumsi antioksidan dalam bentuk suplemen, ini dinilai tidak aman apalagi dalam dosis yang tinggi. 

Suplemen mengandung beta karoten yang diduga dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru perokok. Sementara Vitamin E jika dikonsumsi dengan dosis tinggi bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat dan stroke.

Dan suplemen antioksidan yang mengandung vitamin A, D, E, dan K jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan keracunan.

Jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena Anda akan diberi masukan mengenai jenis suplemen antioksidan yang sesuai dengan kondisi kesehatan serta dosisnya yang tepat.

Tapi manfaat antioksidan terbaik sebenarnya adalah dari sumber alami yang relatif aman, dan murah meriah. Misalnya:

1. Buah-buahan



Salah satu sumber antioksidan alami yang paling aman dan paling baik untuk dikonsumsi adalah buah-buahan.  Misalnya mangga, yang banyak mengandung antioksidan polifenol, beta karoten, serat, dan vitamin C.

Kandungan nutrisinya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi dan baik untuk pencernaan.

Atau bisa juga stroberi yang mengandung antosianin yang tinggi, dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Buah lainnya yang baik dikonsumsi adalah jeruk, anggur, nanas, apel, pir, pisang dan pepaya.

2. Sayuran

Sumber alami lainnya adalah sayur-sayuran. Manfaat antioksidan bisa maksimal dirasakan dengan mengonsumsi sayuran yang dimasak tidak terlalu matang ataupun dimakan mentah. 

Sayuran yang tinggi antioksidan antara lain bayam yang merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk melindungi mata dari radikal bebas.  Jenis sayuran lainnya adalah kangkung, sawi, wortel, brokoli, kubis merah, paprika dan tomat.

3. Sumber makanan lainnya

Antara lain adalah berbagai jenis kacang-kacangan misalnya kacang kenari, kacang brazil, almond, termasuk biji-bijian seperti gandum, Lalu makanan laut seperti kerang, rumput laut dan ikan.

Baca Juga: Lebih dari Pelembap, Berikut Manfaat Serum Wajah yang Wajib Kamu Ketahui

Sumber lainnya bisa berupa cokelat hitam yang dinilai mengandung mineral dan antioksidan yang tinggi dan dianggap mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan peradangan.

4. Kopi dan teh

Kedua minuman ini mengandung flavonoid dan polifenol yang bisa membantu melawan kanker serta mencegah penyumbatan pembuluh darah arteri.

Dan selain mengonsumsi makanan dan minuman di atas, manfaat antioksidan akan dirasakan secara maksimal dengan menjaga pola makan, olahraga rutin dan juga menjalan pola hidup sehata salah satunya dengan menghindari rokok.

Semoga bermanfaat!

0 Komentar untuk "5 Manfaat Antioksidan dan Sumber Alami untuk Mendapatkannya"

Back To Top