Lebih dari Pelembap, Berikut Manfaat Serum Wajah yang Wajib Kamu Ketahui

Serum wajah dan pelembap memang sangat penting bagi perawatan kulit muka, namun tahukah kamu bahwa manfaat serum wajah berbeda dengan pelembap biasa? Banyak orang yang salah mengartikan antara kedua produk ini. Padahal, mulai dari kandungan hingga khasiat keduanya jelas berbeda untuk kulit wajah kita.

Lantas, apa sih itu serum wajah? Apa bedanya dengan produk pelembap biasa? Serta, apa sih manfaat serum wajah bagi kulit kita? Agar enggak salah, simak dulu penjabaran lengkapnya di bawah ini yuk, girls!

Apa itu serum wajah dan bedanya dengan pelembap biasa
Meski memakai serum wajah sudah tidak asing untuk dilakukan, namun banyak dari penggunanya justru awam mengartikan kegunaan serta manfaat serum wajah dan juga pelembap wajah.

Secara bentuk dan tekstur antara keduanya memang cukup mirip, akan tetapi serum wajah memiliki kandungan bahan aktif yang lebih kuat jika dibandingkan dengan pelembap wajah biasa.

Kandungan aktif tersebut di antaranya vitamin hingga antioksidan, yang bertujuan untuk menembus bagian kulit terdalam secara lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelembap wajah biasa.


Selain itu, serum wajah sendiri merupakan gel eliksir yang diperuntukan memperbaiki masalah kulit yang lebih spesifik, teksturnya juga lebih ringan serta memiliki formula bebas minyak atau oil free.

Perbedaan terbesar antara serum dan pelembab wajah justru terlihat dari formula yang terkandung dan tidak terkandung ada pada kedua produk tersebut. Serum wajah tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif, alias kedap udara, seperti petrolatum atau mineral oil. Oleh karenanya, salah satu manfaat serum wajah melindungi kadar air dari penguapan.

Baca Juga: Praktis! Berikut 11 Cara Mengatasi Kulit Kusam pada Wajah Secara Alami

Serum wajah juga mengandung lebih sedikit agen pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian, serta biasanya berbahan dasar air.

Serum wajah: si kecil penuh manfaat
Setelah mengetahui perbedaan antara serum dan pelembap wajah, saatnya kita membahas manfaat serum wajah secara spesifik lagi. Meski ukurannya kecil dan biasanya berharga lebih mahal daripada pelembap wajah biasa, namun produk yang satu ini laris-manis di pasaran, di antaranya karena:

1. Ampuh mengontrol produksi minyak berlebih



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, formula oil free yang terkandung di dalam serum wajah menjadi perawatan yang sangat cocok untuk penderita kulit wajah berminyak. Kendati begitu, ada juga kok produk serum wajah yang baik untuk segala jenis kulit, kamu hanya perlu memilih varian manfaat serum wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

Baca Juga: Manfaat Serum Wardah dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Khusus pemilik kulit kering dan sensitif, disarankan untuk mengaplikasikan serum setelah 15 menit membersihkan wajah. Gunanya supaya serum dapat menyerap perlahan pada kulit dalam keadaan kering.

2. Meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini
Paparan sinar ultraviolet dan radikal bebas memiliki andil besar mempercepat penuaan dini pada kulit, dan mencegah hal tersebut terjadi adalah salah satu manfaat serum wajah yang paling diminati wanita. 

Selain itu, serum wajah juga berfungsi menutrisi kulit kembali agar tidak muncul gejala-gejala penuaan dini seperti timbulnya noda hitam dan keriput di wajah. Enggak perlu cringe lagi deh, kalau harus bekerja di luar ruangan!

3. Menyamarkan bintik gelap pada muka


Tidak perlu khawatir juga bintik gelap sudah mulai terlihat pada permukaan wajahmu, sebab manfaat serum wajah yang lainnya adalah ampuh menyamarkan bintik gelap tersebut. Kandungan antioksidan dan vitamin pada serum berfungsi meregenerasi sel kulit mati, serta membantu mencerahkan kulit dan juga noda hitam pada wajah.

4. Melembapkan kulit wajah
Manfaat serum wajah yang satu ini mungkin agak serupa seperti manfaat produk pelembap wajah. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidannya yang juga mampu mengembalikan kelembapan kulit. 

Sedikit tips untuk kamu yang ingin membeli serum untuk melembapkan kulit wajah, pilihlah produk serum yang mengandung pro-active vitamin E dan wheatgerm oil yang berfungsi melembapkan kulit wajah.

Cara memakai serum wajah secara benar



Penting untuk mengetahui bagaimana cara memakai serum wajah secara benar, sebab pengaplikasian serum yang salah berpotensi menghilangkan manfaat serum wajah itu sendiri. Maka dari itu, hari ini saya akan memberikan langkah yang benar dalam memakai serum wajah. Selengkapnya di bawah ini.

1. Satu hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengaplikasikan serum pada muka. Dalam penggunaannya kamu hanya memerlukan 1-2 tetes kecil cairan serum wajah, setelah itu ratakan pada seluruh area leher dan wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari

2. Pertama-tama, bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan terlebih dahulu, tunggu kira-kira 1 menit sebelum kamu mengaplikasikan toner seperti pada tahap berikutnya

3. Setelah 1 menit, barulah kamu boleh membersihkan wajah menggunakan toner sebagai pengangkat kotoran, sel kulit mati, serta menyeimbangkan kadar pH dalam kulit. tunggu 1-2 menit hingga kulit menjadi lembap dan tidak terlalu basah akibat pemakaian toner

4. Jika sudah, segera aplikasikan serum pada wajah, karena kulit lembap akan membuat manfaat serum wajah terserap secara optimal. Lebih baiknya lagi, lakukan pemijatan pada wajah dengan telapak tangan terbuka. Ingat, bukan menggunakan jari ya. Setelah itu, tunggu hingga 2-3 menit

5. Baru selanjutnya, lakukan rutinitas perawatan wajah lain, seperti mengaplikasikan krim mata, tabir surya, dan/atau pelembap kulit. tujuan dari penggunaan krim ini bertujuan sebagai penunjang manfaat serum wajah yang kamu pakai.

Ikuti langkah di atas, agar manfaat serum wajah dapat terlihat secara optimal pada permukaan kulit muka. Namun, jika serum malah meninggalkan residu lengket atau berminyak pada kulit, maka ada yang salah dari caramu memakai serum tersebut, atau dalam kata lain, serum tidak bekerja secara baik.
0 Komentar untuk "Lebih dari Pelembap, Berikut Manfaat Serum Wajah yang Wajib Kamu Ketahui"

Back To Top