Praktis! Berikut 11 Cara Mengatasi Kulit Kusam pada Wajah Secara Alami


Memiliki wajah cerah dan bersinar, tentu merupakan idaman setiap wanita. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak wanita rela melakukan berbagai macam cara mengatasi kulit kusam pada wajahnya.


Sebenarnya, telah banyak produk kecantikan yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kusam pada wajah. Namun, tidak semua produk kecantikan lantas cocok di kulit wajah setiap orang.
Selain menggunakan produk pemutih kulit pabrikan, saat ini juga marak perawatan kulit wajah yang ditawarkan oleh klinik-klinik kecantikan.

Akan tetapi, ongkos perawatan wajah yang tidak murah, membuat orang kemudian berpikir dua kali untuk melakukan hal tersebut. Buat kamu yang ingin memiliki wajah cerah tanpa harus mengeluarkan banyak uang, hari ini saya akan berikan beberapa cara mengatasi kulit kusam pada wajah secara alami yang bisa dilakukan di rumah.
Penasaran? Berikut penjabaran lengkapnya.

1. Bersihkan wajah saat pagi dan malam hari

Membersihkan wajah sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seharia, tentu hal utama yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi kulit kusam pada wajah.

Baca Juga: Terbukti! 17 Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami dan Cepat

Sedikit tips dalam memilih produk pembersih muka. Pilihlah produk berlabel brightening atau whitening, sebab kedua produk ini memiliki kandungan yang dapat memutihkan serta mencerahkan wajah.

Selain itu, pilihlah produk yang memiliki bahan dasar alami, sehingga dapat mengurangi risiko alergi pada kulit wajah yang sensitif.

2. Gunakan pelembap wajah alami


Salah satu cikal bakal wajah menjadi kusam disebabkan oleh kondisi kulit yang kering. Oleh sebab itu, menggunakan pelembap sebagai cara mengatasi kulit kusam cukup penting untuk dilakukan.
Tidak perlu beli, buatlah pelembap wajah dengan bahan alami yang dapat ditemukan di sekitar rumahmu, seperti madu, mentimun, dan lidah buaya yang dapat mencerahkan kulit wajah.

3. Gunakan masker muka alami

Untuk menghemat biaya dan mengurangi efek samping pada wajah, membuat masker dari bahan alami, seperti alpukat nampaknya berguna sebagai cara mengatasi kulit kusam. 
Cara pengaplikasiannya dengan mencampurkan alpukat dan madu sebagai perawatan kulit kering. Asam lemak dalam alpukat memiliki sifat alami antibakteri. Sedang madu dapat menghidrasi kulit kering.

4. Melakukan eksfoliasi pada wajah

Mengeksfoliasi wajah juga tak kalah pentingnya sebagai cara mengatasi kulit kusam. Sebab, kulit kusam pada wajah bisa terjadi karena sel kulit mati yang menumpuk.

Buat kamu yang belum familiar, eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah. Meskipun eksfoliasi disarankan, namun jangan melakukannya terlalu sering ya. Selain itu, gosoklah bagian muka dengan sesuai yang lembut, jangan menggunakan alat bantu mandi yang berbahan kasar.

Gesekan berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan wajah terlihat kusam, lho.

5. Hindari mandi dengan air terlalu panas dan terlalu lama


Meski mandi dengan air panas dapat menenangkan serta memberi kenyamanan, namun mandi dengan suhu air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan kurit kering dan kusam. Selain itu, kebiasaan mandi terlalu lama juga dapat memicu kulit wajah menjadi kusam. 

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Berikut 13 Cara Menghilangkan Ketombe Selamanya
Hal ini disebabkan, setelah mandi air dipermukaan tubuh akan menguap dan berisiko membuat kulit kering dan kusam. Oleh sebab itu, cara mengatasi kulit kusam yang dapat kamu lakukan adalah dengan mandi sekitar 5-10 menit saja.


6. Gunakan krim alami lidah buaya

Siapa bilang lidah buaya hanya berfungsi menyehatkan rambut saja? Nyatanya, krim lidah buaya juga berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan menangkal terjadinya kulit kering.

Cara mengatasi kulit kusam secara alami dengan lidah buaya adalah kamu dapat menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan campuran minyak almond, kemudian aplikasikan pada wajah.

7. Manfaatkan campuran telur dan yogurt

Kandungan protein memang sangat dibutuhkan untuk merawat kesehatan kulit. Oleh karenanya, tingginya protein dan lemak baik  pada telur dan yogurt dinilai baik untuk mencerahkan wajah.
Cara mengatasi kulit kusam dengan campuran telur dan yogurt juga mudah, campurkan telur dengan beberapa sendok yoghurt.
Oleskan adonan tersebut ke kulit yang kusam dan lakukan pemijatan secara perlahan. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

8. Rutin menggunakan krim susu


Memang, kandungan pada krim susu terkenal dapat melembutkan, serta mencerahkan kulit. Tidak heran ya, jika susu banyak digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan.

Cara mengatasi kulit kusam dengan susu yaitu dengan mengaplikasikan krim susu di kulit secara rutin. Langkah ini dipercaya dapat membantu pelembapan kulit, menghapus kulit terbakar dan lingkaran hitam.

9. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat bermanfaat lho, sebagai cara mengatasi kulit kusam. Bukan hanya di wajah, kulit kita akan lebih sehat dan terlihat awet muda jika kita rajin mengkonsumsi air putih.

Idealnya minumlah air putih 2 liter sehari. Namun, itu juga tergantung aktivitas dan daya tahan tubuh. Jika kamu menjalani aktivitas yang tinggi, maka tingkatkan pula konsumsi air putihmu tersebut.

10. Makan makanan bergizi

Ini juga harus kamu lakukan sebagai cara mengatasi kulit kusam. Makanlah makanan yang bergizi seimbang, karena hal tersebut dapat menyehatkan tubuh ataupun kulitmu.

Baca Juga: 5 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami, Cepat dan Mudah

Untuk perawatan kulit sendiri, mengkonsumsi jus cranberry secara teratur dipercaya ampuh menyamarkan bagian kulit yang kusam, karena mampu memberikan hidrasi pada kulit kering dan kusam.

Selain itu, banyak mengkonsumsi ikan juga dapat membuat kulit terasa kenyal dan terhidrasi.

11. Tinggalkan kebiasaan merokok


Apapun alasannya, kebiasaan merokok haruslah ditinggalkan. Pasalnya, kandungan zat adiktif yang terdapat di dalam rokok dapat merusak sel tubuh secara perlahan, termasuk sel kulit wajah.

Maka dari itu, seorang perokok cenderung memiliki kulit yang kusam dan juga terlihat tua.
Nah, itu tadi sebelas cara mengatasi kulit kusam pada wajah secara alami. Semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat.

Selamat mencoba!

0 Komentar untuk "Praktis! Berikut 11 Cara Mengatasi Kulit Kusam pada Wajah Secara Alami"

Back To Top