Mudah dan Murah, Ini 5 Cara Menghaluskan Wajah

Siapa yang tidak menginginkan wajah halus?! Tapi siapa yang sudah mencoba berbagai cara menghaluskan wajah tapi belum berhasil?

Faktor lingkungan menjadi penyebab utama dari wajah menjadi kusam dan kering serta mengelupas, misalnya sinar matahari, paparan debu dan sebagainya. Selain itu wajah kasar juga bisa disebabkan oleh bekas jerawat dan sejenisnya.

Memiliki wajah yang halus akan membuat seseorang lebih percaya diri lagi. Bagi yang memiliki budget mungkin akan memilih ke salon atau klinik kecantikan. Tapi yang dananya terbatas apa harus gigit jari? 

Jangan khawatir, karena berikut ini kita akan bahas cara menghaluskan wajah dengan cara mudah dan harga yang murah juga tentunya:

1. Cara menghaluskan wajah, menggunakan scrub dari bahan alami

cara menghaluskan wajah

Menggunakan bahan dengan butiran (scrub) jadi salah satu cara ampuh untuk membuat wajah jadi lebih halus. Bahan scrub alami yang mudah dan bisa langsung Anda coba adalah dari kopi dan gula.

Scrubbing dengan bahan-bahan ini bisa mengangkat sel kulit mati. Caranya juga gampang, tinggal melarutkan kopi dengan air secukupnya, kira-kira 2 sendok makan lalu ditambah gula pasir. 

Aplikasikan bahan ini ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Berbeda dengan masker yang hanya dioleskan, scrub perlu Anda aplikasikan dengan cara digosok selama lebih kurang 1 menit.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Mudah Membuat Maskernya

Selain dengan gula, scrub kopi juga bisa dibuat dengan tomat, yang mengandung anti-oksidan yakni lycopine untuk menangkal radikal bebas agar wajah tidak hanya halus, tapi juga cerah dan tidak berminyak. Oya, tomat juga bisa jadi tabir surya alami lho.

Cara membuatnya juga mudah, dimana Anda tinggal menghaluskan tomat, lalu tambahkan bubuk kopi, campur hingga merata. Aplikasikan dengan cara digosokkan selama lebih kurang 1 menit.

Dengan melakukan eksfoliasi secara teratur seperti ini, misalnya 1-2 kali seminggu, bisa mempercepat regenerasi sel dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit lebih kenyal dan halus.

2. Cara menghaluskan wajah, menggunakan masker 


cara menghaluskan wajah

Sejumlah masker dari bahan alami juga dipercaya ampuh jadi cara menghaluskan wajah. Contohnya adalah masker putih telur yang dicampur dengan jeruk nipis atau lemon dan madu.

Kombinasi ketiganya bisa mengencangkan, memutihkan, mengatasi jerawat dan minyak berlebih serta juga melembabkan wajah.

Masker dari bahan lainnya yang bisa Anda coba adalah pisang dengan kandungan vitamin C yang baik dalam membuat kulit lebih halus, dan dicampur dengan yoghurt yang memiliki kalsium dan zinc yang bagus untuk menghidrasi kulit dan menjaga kelembapannya. 

Cara mudah membuatnya adalah dengan menghaluskan satu buah pisang dan menambahkan yoghurt lalu dioleskan merata ke wajah dan diamkan setengah jam, lalu bilas hingga bersih.

Atau coba juga tepung beras yang sama seperti beras asli memiliki kandungan karbohidrat, zat besi, kalsium, protein dan vitamin C.

Berkat kandungan ini, tak hanya bisa menghaluskan wajah, tapi juga bisa menyerap minyak, mengencangkan kulit wajah dan juga mencerahkan. 

Larutkan saja tepung beras dengan air hingga berbentu seperti pasta, lalu aplikasikan merata ke wajah selama lebih kurang 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Cara menghaluskan wajah, menggunakan pasta gigi

Ini mungkin terasa aneh, tapi karena pasta gigi umumnya mengandung fluoride dan mineral, yang dinilai efektif dalam menghaluskan wajah terutama dalam mengangkat komedo yang jadi salah satu penyebab kulit wajah terasa kasar.

Tapi harus diingat, karena pasta gigi juga mengandung bahan kimia, maka pastikan Anda memilih pasta gigi dengan kandungan bahan herbal. 

Sama dengan masker pada umumnya, cukup oleskan pasta gigi ke wajah secara merata selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Cara menghaluskan wajah, dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk

cara menghaluskan wajah

Bagi Anda yang berjerawat mungkin sering melakukan kebiasaan seperti memencet jerawat. Padahal ini adalah kebiasaan yang efeknya sangat buruh lho, ke kulit wajah. Tak hanya akan memperburuk kondisi jerawat tapi juga beresiko meninggalkan bekas yang susah hilang.

Menyentuh wajah secara langsung dengan tangan, bukan saja akan memperburuk kondisi jerawat, tapi juga akan memicu timbulnya jerawat lain.

Berdasarkan penelitian, kebiasaan menyentuh wajah hanya akan memindahkan bakteri di tangan ke kulit wajah, sehingga berujung pada timbulnya jerawat, pori tersumbat dan sebagainya.

Selain tangan, yang bisa jadi sarang bakteri lainnya dan berpotensi pindah ke wajah adalah alat makeup. Kotoran dan minyak yang menempel pada kuas bisa dengan mudah memicu timbulnya jerawat dan komedo.

Baca Juga: 7 Manfaat Tomat Untuk Wajah Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal

Saat ini Anda sudah bisa membeli alat khusus untuk membersihkan kuas makeup, atau bahkan Anda bisa membersihkannya dengan sabun saja. 

Dan kalau Anda menggunakan makeup, jangan lupa untuk dibersihkan sebelum tidur. Pastikan Anda membersihkannya dengan benar dan tak ada sisa makeup yang masih menempel. 

Tapi tanpa makeup pun, Anda tetap harus rutin membersihkan wajah sebelum tidur, karena ini bisa mengangkat segala kotoran, debu dan kuman yang menempel di wajah setelah beraktivitas seharian. 

Kalau Anda terbiasa merokok, atau minum alkohol dan yang bersoda, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut, jika tak ingin kulit wajah jadi kusam. 

5. Cara menghaluskan wajah, dengan melakukan beberapa kebiasaan baik


cara menghaluskan wajah

Menggunakan pelembap jadi salah satu cara untuk mendapatkan wajah halus. Lakukan ini dengan rutin, sebanyak dua kali sehari untuk menjaga kelembapan kulit, terutama setelah mandi, dan pilihlah yang di antaranya mengandung gliserin dan petrolatum.

Setelah memakai pelembap coba gunakan juga jenis minyak seperti kelapa, zaitun atau almond untuk makin melembapkan kulit.

Oya, menggunakan sunblock untuk perlindungan kulit dari sinar matahari juga bisa jadi cara menghaluskan wajah. 

Karena seperti yang disebtkan sebelumnya, sinar matahari jadi salah satu penyebab kulit kusam, sehingga dengan menggunakan tabir surya, ini akan menjaga kulit tetap halus dan terlindungi bahkan bisa mencegah penuaan dini dan timbulnya bintik hitam. 

Dan kebiasaan lainnya berkaitan dengan nutrisi dari dalam, seperti memakan makanan yang baik bagi kulit seperti sejumlah sayuran dan buah, misalnya saja apel, jeruk, pepaya bayam dan brokoli.

Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dan tentunya olahraga secara teratur ya, karena dengan olahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat yang sekaligus merupakan proses pengeluaran kotoran dan bakteri dari kulit. 

Keringat juga bisa menstabilkan kondisi kelembapan kulit, sehingga ketika kulit lebih lembap, bisa terjaga kehalusan dan kelembutannya.

Tak kalah penting adalah istirahat yang cukup. Karena dengan begitu tingkat stres yang bisa menyebabkan kulit mudah rusak dan keriput bisa diminimalisir.

Itu dia beberapa tips untuk menghaluskan wajah. Oya, tak hanya untuk perempuan, ini juga bisa jadi cara menghaluskan wajah pria ya!

Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "Mudah dan Murah, Ini 5 Cara Menghaluskan Wajah"

Back To Top