Mudah dan Praktis, Begini Cara agar Rambut Cepat Panjang

Cara agar Rambut Cepat Panjang

Meski sekarang banyak yang menganggap potongan rambut pendek lebih simple, fresh dan trendy, tapi dari dulu sampai sekarang rambut panjang tak ada matinya ya

Nah, kalau Anda saat ini berambut pendek dan tak sabaran ingin segera punya rambut panjang, ada lho tips khusus yang jadi cara agar rambut cepat panjang.

Menurut penelitian, dalam satu bulan rambut hanya tumbuh sepanjang 2 cm, berbeda dengan kuku yang butuh beberapa hari saja untuk bertambah panjang.

Tak sedikit yang memilih cara ‘instan’ yakni menggunakan hair extension untuk mendapatkan rambut panjang. Tapi jangan khawatir, Anda tak perlu mengeluarkan biaya mahal ke salon untuk membuat rambut jadi lebih panjang dalam waktu yang cepat.

Karena ada beberapa hal yang bisa jadi cara agar rambut cepat panjang, mulai dari menggunakan bahan alami, hingga melakukan dan menghindari hal-hal tertentu.

Yang pertama, cek dulu yuk beberapa bahan alami berikut yang bisa Anda gunakan:

1. Putih telur, cara agar rambut cepat panjang

Putih telur dipercaya mengandung nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut tampak halus dan berkilau.

Cukup kocok putih telur, bila perlu tambahkan olive oil (minyak zaitun) untuk hasil yang maksimal. Lalu aplikasikan ke rambut dan kulit kepala, sambil dipijat perlahan. 

Biarkan meresap kurang lebih 20 menit, barulah dibilas hingga bersih. Anda bisa lakukan ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

2. Teh hijau, cara agar rambut cepat panjang

Cara agar Rambut Cepat Panjang
photo : iStock
Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan adalah teh hijau. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi dinilai bisa memperlancar peredaran darah di sekitar kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Ini 5 Cara Menghaluskan Wajah

Aplikasikan air seduhan teh hijau pada rambut dan kulit kepala, sambil dipijat perlahan. Agar hasilnya maksimal, bungkus rambut setelah disiram, lalu diamkan hingga 30 menit, dan setelah itu bilaslah hingga bersih.

3. Lidah buaya, cara agar rambut cepat panjang

Sejak dulu lidah buaya memang dikenal mengandung nutrisi yang bagus untuk rambut. Buktinya, sudah banyak produk perawatan rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan pembuatannya. 

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata tanaman kaya khasiat ini juga bisa dijadikan salah satu bahan alami untuk membuat rambut cepat panjang?

Ya, Anda bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai cara agar rambut cepat panjang. Caranya cukup ambil gel lidah buaya, dan oleskan ke kulit kepala. 

Bisa juga gunakan sedikit madu untuk hasil yang maksimal. Lalu, biarkan selama maksimal setengah jam, dan kemudian bilaslah dengan air hingga bersih. 

Anda bisa coba lakukan ini dua hari sekali untuk bisa merasakan hasilnya dengan lebih cepat.

4. Santan, cara agar rambut cepat panjang

Cara agar Rambut Cepat Panjang
photo : iStock
Beberapa produk perawatan rambut ada yang menggunakan santan sebagai salah satu bahan pembuatan produk mereka. 

Artinya, kita tak perlu diragukan lagi khasiat santan untuk rambut ya?!

Penggunan santan memang dianggap efektif sebagai salah satu cara agar rambut cepat panjang dan tebal. Setidaknya gunakan santan dua kali dalam satu minggu. Tak hanya untuk rambut panjang dan tebal, tapi juga halus dan lembut. 

Caranya juga mudah, yakni dengan mengoleskan santan kental ke kulit kepala, lalu bungkus rambut dengan handuk hangat selama 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih dengan air dingin.

5. Minyak zaitun, cara agar rambut cepat panjang

Minyak zaitun, alias olive oil memang kaya manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Meski minyak ini banyak digunakan untuk produk perawatan kulit, jangan salah, karena bahan alami satu ini juga bermanfaat lho untuk rambut Anda.

Mengandung vitamin dan omega 3, 6, 9 yang dianggap ampuh menyuburkan rambut dengan sempurna. Minyak zaitun bisa digunakan pada rambut dan dipijat pada kulit kepala sekitar 10 menit. Biarkan semalaman, dan bilaslah hingga bersih di keesokan harinya.

Jika Anda tidak memiliki minyak zaitun, bisa digantikan oleh minyak kemiri, dengan cara penggunaan yang sama.

Selain menyuburkan, kedua minyak ini dianggap bisa mengatasi rambut yang kusam, dan bahkan membuatnya jadi lebih berkilau.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara agar rambut cepat panjang. 

Berikutnya Anda simak juga beberapa cara berikut yang bisa diterapkan atau justru dihindari untuk membuat rambut lebih panjang dalam waktu yang relatif singkat:

1. Keramas rutin tapi jangan keseringan

Cara agar Rambut Cepat Panjang
photo : iStock
Dianjurkan untuk keramas 2 atau 3 hari sekali, jadi jangan setiap hari juga ya! Meski penting untuk membersihkan rambut agar tetap sehat, tapi keramas setiap hari juga akan menghilangkan kandungan minyak alami yang tentunya akan membuat rambut kering dan menghambat pertumbuhannya.

Bahkan beberapa meyakini bahwa keramas keseringan justru akan membuat kulit kepala semakin berminyak dari produk sampo yang digunakan, sementara minyak alaminya malah terkikis.

2. Gunakan kondisioner 

Saat keramas, selain memakai sampo, pastikan juga Anda menggunakan kondisioner, yang diaplikaiskan hanya pada ujung rambut alias jangan pada kulit kepala, karena malah membuat rambut rontok.

Baca Juga: 9 Masker Alami untuk Wajah, Wajib Coba!

Selain mempercepat pertumbuhan rambut, kondisioner juga bisa melembabkan dan membuat rambut tidak lagi kering, rapuh dan kusam. 

Jika Anda punya waktu untuk membuat kondisioner sendiri dari bahan alami, cobalah salah satunya memakai campuran minyak kelapa dan madu atau alpukat dan madu.

3. Hindari beberapa hal yang umum dilakukan setelah keramas

Ada 3 hal yang banyak orang lakukan setelah keramas, tapi justru akan membuat pertumbuhan rambut terhambat.

Cara agar Rambut Cepat Panjang
photo : iStock
Yang pertama adalah mengeringkan rambut menggunakan pemanas seperti hairdryer. Ini mungkin sudah umum diketahui bisa membuat rambut jadi lebih kering, mudah patah dan rontok. 

Pilihannya adalah dibiarkan begitu saja, jadi kering karena udara atau bisa gunakan kipas angin juga.

Oya, tak cuma hairdryer ya, tapi ini juga berlaku bagi alat pengeriting maupun pelurus rambut. 

Hal kedua yang biasanya dilakukan pascakeramas adalah membungkus rambut dengan handuk. Tujuannya kurang lebih sama dengan hairdryer, yakni mengeringkan rambut. 

Tapi ini sebenarnya juga tidak baik bagi kesehatan rambut. Karena ini bisa membuat rambut jadi kusut dan merusak bagian batangnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Mudah Membuat Maskernya

Kebiasaan ketiga yang sebaiknya mulai ditinggalkan adalah menyisir rambut basah. Karena kondisi rambut yang sedang basah cenderung riskan mengalami kerusakan ketimbang dalam kondisi kering. 

Menyisir rambut tentunya harus dalam kondisi kering, dan biasakan juga menyisir rambut sebelum tidur.

Nah, dengan menghindari hal-hal di atas, berarti Anda sudah mengurangi kemungkinan penyebab rambut jadi rusak dan tidak tumbuh dengan baik.

4. Potong ujung rambut

Cara ini dimaksudkan agar rambut tumbuh sehat, karena yang dipotong adalah bagian ujung rambut yang patah dan bercabang. Jika bagian rambut yang ‘bermasalah’ sudah dibuang, diyakini akan bisa merangsang pertumbuhan rambut agar tumbuh lebih cepat.

Anda bisa melakukan hal ini setidaknya 2 atau 3 bulan sekali. Bagian ujung rambut yang bisa dipotong sekitar 0,5 cm saja. Mungkin ini membuat rambut jadi tampak lebih pendek, tapi sekaligus berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut.

5. Pijat kulit kepala

Cara agar Rambut Cepat Panjang
photo : iStock
Mungkin cara satu ini terbilang jarang ya dilakukan? Tapi ternyata ini juga bisa jadi salah satu cara agar rambut cepat panjang.

Karena memijat akan merangsang pertumbuhan rambut. Lakukan hal ini setidaknya 3 - 5 menit dan 3 kali dalam seminggu. Selain bisa memperlancar peredaran darah pada kulit kepala dan membuat rambut tumbuh lebih cepat, caranya ini juga sekaligus bisa menguatkan akar rambut dan membersihkan kotoran di kulit kepala penyebab timbulnya ketombe serta yang lainnya.

Oya, untuk memijat kulit kepala salah satu contoh yang bisa Anda gunakan adalah minyak lavender yang dapat menstimulasi folikel rambut dan membantu pertumbuhan rambut serta menutrisi kulit kepala. 

Sekarang Anda sudah tahu cara agar rambut cepat panjang, semoga informasinya bermanfaat ya!

0 Komentar untuk "Mudah dan Praktis, Begini Cara agar Rambut Cepat Panjang"

Back To Top