9 Masker Alami untuk Wajah, Wajib Coba!

Perawatan untuk wajah yang umum dilakukan adalah dengan menggunakan masker. 

Nah, meski saat ini sudah banyak pilihan produk masker wajah yang bisa langsung digunakan begitu saja, tapi tak sedikit yang memilih untuk menggunakan masker alami untuk wajah.

karena selain lebih murah, dan biasanya bahan-bahannya mudah didapat, juga tentunya minim sekali efek samping.

Nah, khusus untuk Anda berikut beberapa contoh dan cara membuat masker alami untuk wajah :

1. Alpukat, masker alami untuk wajah

masker alami untuk wajah
photo : iStock
Kalau Anda bermasalah dengan kulit kering, gunakan masker alpukat yang mengandung kalium, kalsium, natrium, fosfor, tembaga, besi, magnesium, seng dan vitamin E

Jika dicampur dengan madu, maka masker ini bisa membuat kulit wajah lebih kenyal dan kencang.

Caranya tinggal campurkan alpukat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan madu, lalu oleskan ke wajah selama lebih kurang 15 menit, lalu bilas dengan air.

Oya, kandungan vitamin A dalam alpukat juga bisa mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah terlihat bersih dan cerah.  Selain itu diketahui bahwa alpukat juga mempunyai kandungan vitamin B, C, D, E dan K.

Tak hanya melembapkan, tapi sekaligus juga bisa jadi cadangan minyak pada kulit wajah agar terhindar dari kekeringan.

2. Tomat, masker alami untuk wajah

Mengandung Vitamin B9 untuk menghilangkan jerawat dan Vitamin K untuk mengatasi kelebihan pigmentasi.

Lalu juga terdapat kalium untuk melembabkan dan kolin yang berfungsi meremajakan dan menenangkan kulit.

Yang menarik adanya kandungan Likopen yang dapat membuat wajah terhindar dari radikal bebas sehingga lebih berseri.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Begini Cara agar Rambut Cepat Panjang

Jadi tak heran ya, buah ini sangat bagus jika dijadikan masker alami untuk wajah.

Caranya pun gampang, yakni tinggal menghaluskan tomat baik ditumbuk atau menggunakan blender, lalu aplikasikan ke wajah, bisa menggunakan kuas khusus, maupun kapas. 

Untuk hasil maksimal coba juga campurkan masker tomat dengan madu atau bahkan soda kue.

3. Pepaya, masker alami untuk wajah

masker alami untuk wajah
photo : iStock
Pepaya seperti yang Anda tahu sangat kaya akan serat sehingga bagus bagi pencernaan. Tapi sepertinya belum banyak yang tahu bahwa buah buah pepaya juga bagus untuk dijadikan masker.

Bahkan dengan pepaya yang diaplikasikan ke wajah, bisa melawan bakteri, mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit. 

Sama dengan masker buah atau sayur sebelumnya, Anda cukup menghaluskan pepaya, lalu oleskan ke wajah, diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. 
Enzim Papain di pepaya  bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mempercepat regenerasi kulit, lalu vitamin A, C dan E akan menutrisi wajah menjadi lebih halus. 

Oya, masker pepaya ini juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya, untuk mendapatkan hasil maksimal, seperti lemon, madu ataupun susu. 

4. Lidah buaya, masker alami untuk wajah

Efek meremajakan juga bisa diberikan oleh lidah buaya. Kandungan senyawa polifenol pada lidah buaya berfungsi sebagai antioksidan sehingga kulit terhindar dari warna kusam dan membuat wajah jadi lebih cerah.

Anda bisa mencampur lidah buaya dengan teh hijau untuk mendapatkan hasil maksimal. Dengan masker dari bahan ini, wajah akan terhindar dari kekusaman, jauh dari jerawat dan bahkan mencegah penuaan dini. Hal ini karena teh hijau mengandung vitamin C, PP, K, dan B. 

Caranya cukup campurkan dan haluskan gel lidah buaya bersama teh hijau, dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Timun, masker alami untuk wajah

masker alami untuk wajah
photo : iStock

Timun dinilai memiliki efek anti-inflamasi sehingga bisa membuat kulit bersih dan memberikan efek tenang. Selain itu bahan ini juga bisa menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar hitam ada mata dan yang jelas juga bisa melembabkan kulit.

Oya, timun juga memiliki sifat astringen yang dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Menariknya, timun juga bisa dipadukan dengan bahan alami seperti kunyit, dimana bumbu berwarna kuning satu ini memiliki sifat antiseptik alami dan rempah-rempah yang digunakan sejak zaman dahulu kala untuk meremajakan kulit.

Atau coba juga campurkan timun dengan putih telur yang bisa mengatasi kulit wajah berminyak, sekaligus bisa mengencangkan kulit.

6. Jeruk, masker alami untuk wajah

Jeruk yang umum digunakan untuk masker wajah adalah jeruk lemon dan jeruk nipis.

Campuran lemon dan madu bisa membuat kulit wajah lebih cerah berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Ditambah lagi adanya kandungan antibakteri pada madu.

Baca Juga: 7 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui

Selain mencerahkan, masker satu ini bisa bisa mencegah jerawat dan komedo. Caranya cukup campur lemon yang sudah diperas dengan madu dan oleskan pada wajah lalu diamkan selama 15 menit.

Berikutnya jeruk yang bisa digunakan adalah jeruk nipis yang bagus untuk wajah berminyak. 

Kandungan asamnya efektif mengurangi minyak berlebih. Oleskan saja perasan air perasan jeruk nipis menggunakan kapas dan diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya bilas hingga bersih. 

Tapi, harus hati-hati ya,  untuk yang punya tipe kulit sensitif!

7. Putih telur, masker alami untuk wajah

masker alami untuk wajah
photo : iStock
Tak hanya dicampur dengan bahan lain seperti timun, putih telur itu sendiri juga kaya manfaat jika dijadikan masker. 

Kandungan proteinnya bisa memacu pertumbuhan sel-sel baru. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, putih telur juga bisa mengencangkan kulit, dimana sekaligus bisa membuat pori-pori wajah jadi lebih kecil.

Anda bisa menggunakannya dengan dikocok terlebih dahulu, dan oleskan ke wajah selama 15 menit. Atau bisa juga dicampur, dimana selain dengan timun, coba juga campuran putih telur dengan madu dan air lemon.

8. Teh basi, masker alami untuk wajah

Ampas teh jangan langsung dibuang ya

Anda bisa manfaatkan ini sebagai masker, karena dinilai efektif mengurangi flek hitam sekaligus mencerahkan kulit wajah.

Teh mengandung vitamin E yang tidak hilang meski sudah dalam kondisi basi. Kandungan inilah yang berperan baik untuk mencerahkan.  

Caranya mudah, gunakan ampas teh basi sebagai bahan masker alami dan oleskan ke seluruh permukaan wajah. Bulir teh juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub dan gosokkan pada area wajah. 

Endapan air teh juga diyakini memiliki sifat antiradang dan antibakteri, sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan akibat jerawat dan komedo.

Selain itu, teh basi juga bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan, sekaligus melembutkan wajah. Caranya cuci muka setiap pagi dengan air teh yang sudah didiamkan semalaman, lalu bilas hingga bersih.

9. Yoghurt, masker alami untuk wajah

masker alami untuk wajah
photo : iStock
Selain bagus untuk pencernaan, yoghurt juga membantu kulit menjadi halus dan cerah. 

Kandungan protein dalam yoghurt sama seperti protein dalam susu yang berfungsi sebagai modal utama pembentukan kolagen. 

Dan kolagen merupakan komponen penting untuk menciptakan elastisitas bagi kulit dan memberikan kontribusi pembentukan sel baru yang menggantikan sel-sel lama. 

Untuk masker, sebaiknya gunakan plain yoghurt dan diamkan selama kurang lebih 5-10 menit dan pijat perlahan. Perlakuan secara rutin juga membuat wajah menjadi halus dan cerah. 


Itu dia beberapa contoh masker alami untuk wajah. Selamat mencoba!
0 Komentar untuk "9 Masker Alami untuk Wajah, Wajib Coba!"

Back To Top