Ampuh! 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Cepat dan Alami

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Munculnya kantung mata hitam, atau yang biasa disebut sebagai mata panda, pada area bawah mata sering sekali mengganggu kepercayaan diri seseorang. Area gelap pada mata kerap kali muncul disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kurang tidur, tingkat stress yang tinggi, perubahan hormon, gaya hidup yang kurang sehat, sampai faktor keturunan.

Tidak berbahaya memang, namun kantung mata yang menghitam serta kendur, tentu membuat wajah kita terlihat lebih tua dan kusam. Banyak hal yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan kantung mata tersebut, salah satunya dengan bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita.

Enggak kalah lho dengan perawatan wajah di klinik kecantikan, bahan-bahan alami ini juga dikenal cepat dan ampuh sebagai cara menghilangkan kantung mata hitam. Penasaran apa saja cara menghilangkan kantung mata hitam secara cepat dan alami? Yuk sama-sama kita simak penjabarannya di bawah ini.

1. Gunakan mentimun


Cara Menghilangkan Kantung Mata
Photo: iStock
Cara ini mungkin menjadi cara yang paling sering orang lakukan agar menghilangkan area hitam pada bagian bawah mata. Memang, mentimun dinilai ampuh sebagai cara menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan kita.

Baca Juga: 7 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui

Caranya cukup mudah, iris mentimun dan simpan di dalam kulkas selama satu malam. Gunakan irisan timun tersebut pada keesokan harinya, serta tempelkan pada bagian mata kamu. Biarkan selama 10-15 menit, agar sari-sari yang terdapat pada timun meresap pada kulit mata.  Lakukan cara ini secara rutin, agar proses menghilangnya kantung mata menjadi lebih cepat.

2. Oleskan ekstrak air kentang


Cara Menghilangkan Kantung Mata
Photo: iStock
Bukan hanya kulit manggis yang ekstraknya berfungsi untuk tubuh kita, ekstrak air kentang juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan kantung mata hitam, lho. Blender kentang yang masih mentah hingga hancur dan mengeluarkan air. Rendam kapas di ekstrak air kentang tersebut, serta tempelkan pada mata selama kurang lebih 10 menit.

Baca Juga: 9 Masker Alami untuk Wajah, Wajib Coba!

Selain airnya, kentang yang telah hancur tadi juga bisa kamu tempelkan langsung pada bagian kantung mata kamu yang hitam. biarkan selama 30 menit, kemudian bilas muka dengan air bersih.

3. Campurkan tomat dan lemon


Cara Menghilangkan Kantung Mata
Photo: iStock
Siapa yang tidak tahu manfaat tomat dalam dunia kecantikan? Iya, tomat terkenal mampu untuk menghaluskan serta mencerahkan bagian kulit pada wajah. Tidak hanya itu, tomat ternyata ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata yang kendur dan menghitam.

Campurkan satu sendok teh jus tomat dan satu sendok teh jus lemon, serta oleskan pada bagian mata yang hitam menggunakan kapas. Kulit mata kamu mungkin akan terasa menjadi kering, namun biarkan proses tersebut berlangsung selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air. Efeknya, kulit mata kamu akan terasa lebih kencang dan cerah dari sebelumnya. Cobain deh!

4. Oleskan minyak almond


Photo: iStock
Gampang kok... minyak almond bisa dengan mudah ditemukan di pasar serta supermarket yang ada di sekitar rumah kamu. Cara menghilangkan kantung mata hitam dengan minyak almond dirasa sangat ampuh.

Hal itu disebabkan, kandungan vitamin E dari minyak almond akan menetralisir lingkar hitam mata dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Enggak percaya? Oleskan minyak almond pada bagian kantung mata di pagi serta malam hari, dan rasakan sendiri khasiatnya pada kantung mata kamu.

5. Oleskan jus jeruk


Photo: iStock
Siapa bilang jus jeruk hanya bisa kita minum? Faktanya, jus jeruk juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata kamu lho! Caranya dengan mencampurkan jus jeruk dengan beberapa tetes gliserin, lalu usapkan pada area mata yang hitam dan mengendur.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk memang sangat diperlukan untuk menjaga kecerahan kulit kita. Oleh sebab itu, olesan jus jeruk sangat ampuh jika digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata yang hitam.

6. Tempel tumbukan aloe vera


Photo: iStock
Aloe vera atau lidah buaya memang terkenal sebagai pencegah peradangan. Hal tersebut membuat lidah buaya sangat ampuh untuk mengempiskan kantung mata yang bengkak. Cara cukup mudah, cukup tumbuk lidah buaya sampai halus, lalu tempelkan pada areal mata yang hitam dan juga bengkak. Diamkan proses tersebut selama 10 menit, kemudian cuci muka dengan air yang bersih.

7. Gunakan rendaman bunga mawar


Photo: iStock
Caranya mudah kok! Siapkan 1-7 tangkai bunga mawar merah, serta isi air ke dalam sebuah wadah.
Petik kelopak bunga mawar tersebut satu persatu dan masukkan ke dalam wadah yang dipanaskan dengan api sedang. Tutup rapat wadah tersebut, kemudian diamkan selama 20-30 menit.

Setelah kelopak berubah warna menjadi pink pucat, maka air rendaman mawar tersebut siap kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata yang hitam. Ambil kapas dan celupkan, setelah itu tempel selama 15 menit. Jika sudah selesai, jangan lupa bersihkan muka dengan air bersih.

8. Usapkan minyak kelapa


Photo: iStock
Serupa dengan minyak almond, kandungan vitamin E pada minyak kelapa juga ampuh sebagai cara menghilangkan kantung mata hitam pada wajah. Selain itu, kandungan antioksidan dan asam laknatnya juga berfungsi untuk meremajakan kulit kering dan sel kulit yang rusak.

Baca Juga: 7 Manfaat Tomat Untuk Wajah Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal

Caranya, usapkan minyak kelapa di area mata yang hitam, lalu lakukan gerakan memijat selama beberapa menit. Jangan bilas muka kamu dengan air ya, lakukan cara ini sebelum kamu tidur, kemudian diamkan selama semalaman. Cukup bersihkan wajah kamu keesokan paginya ketika kamu mandi. Gampang, bukan?

9. Kompres dengan kantung teh


Cara Menghilangkan Kantung Mata
Photo: iStock
Buat kamu yang belum tahu cara menghilangkan kantung mata dengan kantung teh, maka kamu harus menyimak baik-baik cara yang satu ini. Pertama-tama, pilih jenis teh teh hijau untuk kemudian direndam ke dalam gelas berisi air. Setelah itu, dinginkan air tersebut di dalam kulkas selama beberapa waktu.

Setelah dirasa cukup dingin, kompreskan kantung teh hijau tersebut pada mata kamu selama 10-15 menit. Lakukan cara ini secara teratur setiap hari ya, agar mata kamu yang semula berkantung, akan terlihat lebih kecang dan segar deh.

10. Gunakan sendok


Photo: iStock
Jangan kaget ya! Dengan bermodalkan sendok, ternyata kamu bisa lho menghilangkan kantung yang ada di mata kamu. Penasaran gimana caranya? Gampang! Cukup siapkan dua sendok stainless kemudian biarkan di dalam freezer selama semalaman.

Cuci muka terlebih dahulu dengan air bersih, lalu tempelkan bagian punggung sendok pada bagian mata kamu. Tahan proses tersebut selama beberapa saat, sampai suhu dingin yang ada pada sendok berubah menjadi lebih hangat.

11. Pola hidup sehat dan olahraga teratur


Photo: iStock
Terdengan klise memang, namun dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur, tentu badan kita akan terasa lebih sehat dan bugar kembali. Hindari minuman beralkohol dan mengandung banyak kafein. Pasalnya, dua kandungan ini dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, serta membuat kantung mata menjadi lebih jelas.

Mulailah makan makanan yang bergizi, serta rutin melakukan olahraga. Selain membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat, olahraga ternyata dapat membuat suasa hati menjadi senang, dan mengurangi stress dalam otak lho. Oleh sebab itu, pola hidup sehat dan olahraga yang rutin merupakan cara menghilangkan kantung mata yang ampuh buat kamu.

Nah, sekarang kamu udah tahu dong, 11 cara menghilangkan kantung mata hitam secara cepat dan alami. Tunggu apalagi? Segera lakukan cara-cara di atas untuk mendapatkan kulit mata yang lebih fresh dan juga sehat ya, agar kamu juga bisa lebih pede dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
Selamat mencoba!

0 Komentar untuk "Ampuh! 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Cepat dan Alami"

Back To Top