7 Manfaat Tomat Untuk Wajah Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal

Manfaat Tomat Untuk Wajah

Siapa bilang cantik itu mahal?
Selama ini kita mengetahui banyak sekali treatment wajah yang ditawarkan oleh berbagai klinik kecantikan dengan biaya yang sangat mahal.

Selain itu, biasanya dari biaya yang telah dikeluarkan, kita tidak hanya selesai pada sekali perawatan saja, namun harus secara continue melakukan kontrol ke klinik kecantikan tersebut.
Hal ini tentu memakan terlalu banyak biaya dan waktu.

Belum lagi risiko rasa sakit yang diderita pasien ketika melakukan treatment, hal tersebut menimbulkan stigma di masyarakat bahwa, selain mahal untuk menjadi cantik kita perlu merasakan rasa sakit terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Mudah dan Alami

No, beauty is not pain, honey. Banyak sekali treatment wajah alami yang dapat kamu lakukan tanpa perlu merasa sakit, serta memakan banyak waktu dan biaya. Salah satu treatment wajah alami yang dapat kita lakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, seperti tomat.

Pada umumnya, masyarakat menggunakan tomat sebagai salah satu bahan masakan sehari-hari, namun tahukah kamu bahwa tomat yang kaya akan kandungan likopen, mampu membuat wajah tampak berseri? Tomat memang banyak mengandung vitamin A, C, dan E, serta berbagai jenis mineral seperti kalium dan garam.

Selain itu, tomat mengandung flavonoid yang berperan sebagai zat antiradang dan likopen yang mengandung antioksidan sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Itu sebabnya tomat sangat ampuh sebagai treatment untuk menjaga dan merawat kulit wajah

Penasaran, apa saja sih manfaat tomat untuk wajah kita? Silahkan simak penjelasan di bawah ya!

1. Membersihkan wajah


Manfaat Tomat Untuk Wajah
(Photo: Google Images)
Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, tomat dapat membantu membersihkan wajah dari sel kulit mati. Caranya, hancurkan satu buah tomat (lebih baik jika ditambah alpukat), kemudian gunakan sebagai masker pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu bersihkan dengan air dingin.

Ingat! Sebelum kamu menggunakan masker tomat tersebut, cuci muka kamu dengan air hangat. Hal tersebut bertujuan agar kandungan pada tomat bisa meresap ke dalam kulit kamu.
Air hangat sendiri mampu membuka pori-pori pada wajah, sedangkan air dingin sebaliknya. Jadi, jangan salah lagi ya!

2. Mencerahkan wajah


Manfaat Tomat Untuk Wajah
(Photo: iStock)
Pengaplikasiannya relatif sama seperti penjabaran sebelumnya. Cuci bersih buah tomat, iris dan tempelkan pada kulit wajah. Setelah selesai, bilas dengan air dingin sampai bersih. Kandungan vitamin C yang terdapat pada tomat dinilai ampuh mencerahkan bagian kulit kusam pada wajah akibat terpapar sinar matahari.

Selain dapat memcerahkan, manfaat tomat untuk wajah juga membantu memberikan dan mengembalikan kelembapan kulit kamu, lho!

3. Menghilangkan jerawat


Manfaat Tomat Untuk Wajah
(Photo: iStock)
Manfaat tomat untuk wajah satu ini sangat bisa dicoba untuk kamu yang mengalami masalah jerawat.
Caranya dengan menghaluskan tomat, lalu campur dengan perasaan air lemon sebanyak dua sendok makan. Aplikasikan bahan-bahan tersebut sebagai masker di wajah kamu.

Gunakan masker tersebut secara rutin untuk mempercepat penyembuhan jerawat.
Berbeda dengan krim atau obat jerawat pada umumnya, bahan alami pada tomat dapat membuat kamu terhindar dari risiko pemakaian bahan kimia, jadi aman jika dipakai setiap hari.

4. Mengecilkan pori-pori


Manfaat Tomat Untuk Wajah
(Photo: iStock)
Pori-pori besar pada wajah memang sangat mengganggu penampilan. Pasalnya, pori-pori besar dapat menyebabkan wajah terlihat kurang mulus dan rentan terserang jerawat. Namun jangan khawatir, kandungan dalam tomat ternyata juga ampuh untuk memperkecil pori-pori pada muka, lho!

Caranya cukup gampang, kompres dan bersihkan wajah menggunakan handuk hangat agar pori-pori kulit kamu terbuka. Blender tomat hingga berbentuk seperti jus, serta celupkan kapas dan oleskan pada permukaan wajah kamu.

Lakukan dengan gerakan melingkar selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Mengurangi minyak berlebih

Sebenarnya kandungan minyak memang diperlukan pada wajah kamu, namun kandungan minyak yang berlebih pada wajah bisa mengakibatkan jerawat dan kulit yang terlihat kusam.
Selain itu, tentu kamu enggak pede dong, jika wajah kamu terlihat berminyak.

Jangan khawatir, manfaat tomat untuk wajah juga bisa mengurangi minyak berlebih, lho!
Cukup mudah, campurkan tomat dengan timun kemudian blender sampai halus. Setelah selesai, aplikasikan adonan tersebut pada wajah selama 30 menit. Dijamin, selain mengurangi minyak, muka kamu akan terlihat lebih bersih dan cerah deh.

6. Menyembuhkan kulit terbakar


(Photo: iStock)
Banyak yang tidak mengetahui, bahwa manfaat tomat untuk wajah juga bisa menyembuhkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Iya, aktivitas sehari-hari yang memaksa kita untuk berada terlalu lama terpapar sinar matahari bisa mengakibatkan kulit kita terbakar dan menghitam.

Jika kamu mengalami hal tersebut, atasi dengan menggunakan campuran tomat dan yogurt. Caranya, hancurkan tomat hingga halus, kemudian campur dengan yogurt. Setelah merata, oleskan adonan tersebut pada kulit wajah yang terbakar.

Lakukan secara rutin, agar mempercepat proses penyembuhan pada kulit kamu.

7. Menangkal radikal bebas


(Photo: iStock)
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan likopen pada tomat berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Untuk itu, rajinlah menggunakan tomat sebagai perawatan wajah sehari-hari, agar kulit wajah kamu terhindar dari pengaruh buruk yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ternyata banyak sekali ya manfaat tomat untuk wajah kita. Selain mudah untuk dilakukan, treatment wajah menggunakan tomat juga aman karena merupakan bahan alami dari alam. Ada baiknya jika kamu juga rutin untuk mengkonsumsi tomat, serta buah dan sayuran lain setiap hari, agar kasiatnya juga bisa diserap dalam tubuh kamu.

Nah, setelah mengetahui hal tersebut, sekarang terbukti dong, kalau cantik itu enggak perlu mahal.
Tunggu apa lagi? Segera dicoba ya, girls!

0 Komentar untuk "7 Manfaat Tomat Untuk Wajah Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal"

Back To Top