11 Manfaat Tea Tree Oil yang Wajib Diketahui

 Manfaat Tea Tree Oil yang Wajib Diketahui

Jika banyak yang familiar dan tahu dari khasiat green tea, white tea, black tea dan sebagainya, mungkin tidak begitu dengan tea tree oil ya…

Berasal dari tanaman Melaleuca Alternifolia di Australia, dan ini bukan berasal dari pohon teh seperti yang sering dijumpai di Indonesia lho…

Di Australia sendiri, manfaat tea tree oil sudah dirasakan sejak seabad lalu, yakni sebagai minyak antiseptik dan anti inlflamasi serbaguna. Suku Aborigin memanfaatkan tea tree oil dengan meremas daunnya, lalu mengoleskan minyak yang dihasilkan ke kulit untuk mengobati luka atau infeksi.

Lalu pada saat Perang Dunia I pun banyak tentara Australia yang merasakan manfaat tea tree oil sebagai disinfektan. Hal ini dinilai karena minyak ini mengandung bahan aktif terpinen-4-ol hingga yang memiliki kemampuan untuk menstimulasi sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh terhadap penyakit infeksi dan zat asing.

Baca Juga: 5 Manfaat Antioksidan dan Sumber Alami untuk Mendapatkannya

Makanya minyak ini dikenal sebagai senyawa dengan sifat antibakteri, antijamur, antiinflamasi dan antiseptik. Selain kesehatan, saat ini manfaat tea tree oil juga sudah dirasakan di bidang kecantikan, terutama dalam mengobati jerawat. 

Dan kini tea tree oil sudah banyak ditemukan dan dikemas dalam bentuk minyak esensial dan jadi campuran dalam berbagai produk perawatan mulai dari sabun, losion hingga obat kumur dan produk pembersih.

Penasaran apa saja manfaat tea tree oil selengkapnya?

1. Mengatasi jerawat
Munculnya jerawat di wajah karena berbagai faktor, tapi penyebab utamanya adalah infeksi bakteri akibat tersumbatnya pori-pori.  Dan tea tree oil dengan sifat antiinflamasi dan antimikroba yang ada di dalamnya bisa mengatasi masalah ini.

Bahkan disebut-sebut tea tree oil juga dapat menjadi pengganti benzoil peroksida, yang kerap menimbulkan efek samping seperti kulit kering dan iritasi.  Karena dalam tea tree oil terdapat kandungan yang sama efektifnya, namun tanpa efek samping.

Manfaat minyak ini untuk jerawat juga sudah dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan untuk mengatasi jerawat yang menggunakan tea tree oil.

2. Merawat kulit berminyak


Merawat kulit berminyak

 Jerawat bisa juga ditimbulkan oleh produksi minyak berlebih. Dan kandungan astringen tea tree oil dinilai efektif untuk menghilangkan kelebihan minyak pada kulit. Dan juga bisa membuka kelenjar minyak yang tersumbat sehingga tidak berkembang menjadi jerawat.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Kering yang Ampuh

Saat ini sudah banyak produk toner atau losion yang mengandung tea tree oil sehingga lebih praktis. Atau Anda juga bisa mencampurkan tea tree oil ke dalam produk perawatan yang biasa digunakan. Yang harus diingat, jika masih baru, sebaiknya gunakan dalam jumlah sedikit dulu, dan lihat
bagaimana reaksi kulit.

3. Mengatasi masalah kulit wajah lainnya

Selain bisa mengurangi minyak berlebih di wajah penyebab jerawat, tea tree oil juga bisa menenangkan pori-pori penyebab jerawat. Serta juga mengatasi komedo dan menghilangkan noda hitam membandel akibat jerawat.

4. Melembapkan kulit

Selain bisa mengatasi berbagai masalah kulit wajah, tea tree oil bisa juga untuk menjaga kelembapan kulit sehingga tetap sehat.  Kulit yang kelembapannya tidak terjaga akan lebih sulit untuk menyerap nutrisi dari produk perawatan yang digunakan, termasuk lebih rentan terhadap iritasi.

Dan seperti yang disinggung di atas, tak hanya untuk perawatan wajah, manfaat tea tree oil juga bisa dirasakan dalam perawatan bagian tubuh lainnya.

5. Merawat rambut

Manfaat tea tree oil yang pertama untuk rambut adalah mengatasi ketombe yang biasanya disebabkan oleh produksi minyak kulit kepala berlebih atau juga karena jamur. Tea tree oil dapat membantu mencegah perkembangan jamur penyebab ketombe.

Baca Juga: Banyak Penyebabnya, Ini Deretan Cara Menghilangkan Keriput di Wajah

Jadi, jika Anda menggunakan sampo dengan kandungan tea tree oil akan bisa menurunkan jumlah ketombe dan mengurangi rasa gatal. Selain ketombe, bahkan kutu rambut juga bisa diatasi dengan tea tree oil lho…

Dalam sebuah penelitian ditemukan bukti bahwa tea tree oil efektif membunuh 100 persen kutu dan telurnya.

Manfaat Tea Tree Oil Untuk Rambut

 Tak hanya mengatasi masalah rambut, tapi tea tree oil juga bisa merawat rambut dengan mempercepat pertumbuhannya, menjadi lebih panjang dan tebal, karena bisa menutrisi akar rambut dan mencegah penyumbatan folikel rambut sehingga rambut dapat tumbuh lebih cepat.

6. Mengatasi bau badan yang tak sedap

Lalu jika bicara manfaat tea tree oil untuk tubuh, maka salah satunya adalah mengatasi bau badan, khususnya pada bagian tumbuhnya bakteri.  Ini karena tea tree oil memiliki kandungan antiseptik dan astringent sehingga dapat melindungi tubuh dari gangguan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Salah cara praktis untuk mengatasi bau badan dengan tea tree oil adalah dengan mengemasnya ke dalam botol spray.  Jadi, Anda tinggal campurkan minyak ini dengan air, lalu semprotkan ke sumber bau tak sedap atau yang sering berkeringat.

7. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa tea tree oil yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri bisa jadi obat kumur yang efektif untuk mengurangi rasa sakit dan perdarahan yang berhubungan dengan gingivitis (penyakit gusi). 

Bahkan dinilai lebih baik dibanding obat kumur yang mengandung chlorhexidine, yang sering ditemukan dalam obat kumur di pasaran. Selain obat kumur, tea tree oil juga bisa dijadikan pasta gigi alami. 

Tapi harus diingat, meski baik bagi kesehatan mulut, jangan sampai menelan tea tree oil begitu saja ya, karena dikonsumsi dalam jumlah tinggi ini malah bisa jadi racun lho…

8. Mengatasi infeksi kulit karena bakteri, jamur maupun virus


Mengatasi infeksi kulit karena bakteri, jamur maupun virus

 Gejala infeksi pada kulit yang paling umum adalah gatal yang tak hanya membuat kita jadi tak nyaman, tapi bisa membuat infeksi makin tersebar karena garukan yang terus menerus.

Nah, efek antimikroba dan antiinflamasi dari tea tree oil sangat berperan di sini, jadi bisa meredakan gejala infeksi pada kulit, sekaligus meringankan rasa gatal.

Minyak esensial ini dapat mencegah pertumbuhan jamur dan menyembuhkan beragam penyakit kulit seperti jamur kuku.  Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan tea tree oil sebagai obat anti-jamur memiliki tingkat keberhasilan hingga 80%. Selain jamur kuku, tea tree oil juga bisa mengatasi kutil lho…

9. Menyembuhkan luka

Dalam laporan awal tentang sifat antimikroba tea tree oil diungkapkan bahwa minyak ini 11 kali lebih efektif daripada fenol, bahan kimia yang banyak digunakan sebagai disinfektan. Bahkan minyak ini juga bisa jadi pengganti antibiotik karena bisa mengobati infeksi serius pada kulit dan jaringan tisu.

10. Menjaga kesehatan tubuh 

Selain menurunkan resiko infeksi, tea tree oil juga dinilai ampuh untuk penderita flu, batuk, hidung tersumbat hingga bronchitis dan masalah pernapasan lainnya.  Tak hanya itu, tea tree oil juga bermanfaat untuk menstimulasi peredaran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Menariknya lagi, dalam studi di tahun 2012 lalu, tea tree oil juga dikaitkan dalam pengobatan kanker.  Dalam penelitian ini ditemukan bahwa ketika tea tree oil diaplikasikan pada tumor pada tikus, minyak ini ternyata menghambat pertumbuhan tumor dan menyebabkan regresi tumor dalam satu hari.

Dan dalam tiga hari, tumor tak terdeteksi. Bahkan meski butuh penelitian lebih lanjut, tapi dalam sebuah jurnal medis disebutkan bahwa tea tree oil mungkin efektif sebagai tambahan untuk obat kemoterapi.

11. Aromaterapi


Photo: watchfit.com
Dengan menghirup tea tree oil tidak hanya bisa menyembuhkan beberapa penyakit, tapi juga memberikan efek relaksasi. Selain dihirup langsung, Anda juga bisa menggunakan minyak ini dalam membersihkan rumah karena aromanya yang wangi dan bisa jadi aromaterapi. 

Dan selain anti-jamur, tea tree oil juga memiliki sifat anti-lumut, sehingga bisa dijadikan pilihan andalan untuk menghilangkan lumut. Bahkan, beberapa orang melaporkan bahwa tea tree oil juga dapat mengusir nyamuk dan kutu.

Lalu bagaimana sih cara menggunakannya? Agar bisa merasakan manfaat tea tree oil secara maksimal, berikut cara penggunaannya sesuai dengan tujuan pemakaian:

1. Untuk wajah

Jika ingin menghilangkan jerawat, teteskan sedikit tea tree oil di atas cotton bud, lalu oleskan di area kulit yang berjerawat.  Biarkan selama beberapa jam atau semalaman supaya kandungannya dapat menyerap dan bekerja dengan maksimal. 

Untuk yang berkulit sensitif, campurkan minyak ini dengan air sebelum mengusapkannya pada area yang berjerawat. Dan jika kulit iritasi, cobalah untuk menambahkan lebih banyak air. 

Campurkan tea tree oil ke dalam masker dan scrub wajah sebelum diaplikasikan pada kulit wajah.
Kalau untuk melembapkan, teteskan tea tree oil ke jari atau telapak tangan lalu pijat lembut ke wajah.

2. Untuk rambut

Tea tree oil bisa dijadikan minyak untuk memijat kulit kepala yang sebelumnya sudah dicampur dengan carrier oil.  Setelah dipijat, bungkus rambut menggunakan handuk selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Atau jadikan masker rambut. Caranya adalah dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa. Lalu aplikasikan ke seluruh rambut, sambil memijat kulit kepala dan bungkus rambut dengan handuk hangat selama 10-20 menit. Baru kemudian bilas dengan air bersih.

3. Untuk mengatasi jamur, kutil dan masalah kulit lainnya

Caranya gampang, karena tinggal mengaplikasikan tea tree oil pada area tubuh yang berjamur. Kalau untuk mengobati kutil, sebelum tidur, lapisi kutil dengan beberapa tetes tea tree oil dan tutupi dengan kulit pisang.

Untuk luka, campurkan tea tree oil dengan air hangat.  Dan cuci luka menggunakan campuran tersebut atau jadikan kompres.

0 Komentar untuk "11 Manfaat Tea Tree Oil yang Wajib Diketahui"

Back To Top