5 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Mudah Membuat Maskernya

manfaat kopi untuk wajah

Di pasaran mungkin sudah banyak Anda temui produk kecantikan berbahan dasar kopi. Tapi apa sih sebenarnya manfaat kopi untuk wajah? 

Kopi memang lebih populer dijadikan sebagai minuman, dan bisa memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan. Tapi kopi sebenarnya juga punya khasiat yang tak kalah bagusnya bagi kulit, termasuk kulit wajah. 

Sehingga tak heran banyak salon yang menawarkan perawatan memakai bahan kopi. Ini karena di dalam kopi pun juga ada zat-zat antioksidan seperti polifenol dan flavonoid yang tinggi.

Sama dengan khasiat sebagai minuman, jenis kopi yang digunakan untuk kesehatan dan kecantikan bukan kopi dalam kemasan sachet yang banyak beredar di pasaran ya!

Kopi yang digunakan adalah kopi murni baik jenis Arabika maupun Robusta. Dan kalau penasaran, yuk langsung simak beberapa manfaat kopi untuk wajah berikut ini :

1. Manfaat kopi untuk wajah - mencerahkan, melembabkan dan menghaluskan


manfaat kopi untuk wajah

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan berperan dalam menjadikan wajah lebih sehat merona. 

Kafein dalam kopi juga bisa membuat kulit jadi lebih cerah, ditambah lagi bisa memberikan perlindungan pada kulit terhadap segala penyebab kulit kusam.

Selain mencerahkan, kopi juga bisa melembutkan dan melembabkan kulit wajah. Kalau Anda menggunakan masker kopi secara teratur, kulit wajah akan terasa lembab, dimana kopi juga bisa menghidrasi kulit secara alami.

Baca juga : 5 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan

Berikutnya kopi juga bisa menghaluskan kulit wajah. Memakai masker kopi yang dicampur dengan berbagai bahan alami seperti madu atau lemon akan membuat kulit wajah jadi lebih lembut. Karena kandungan asam dalam kopi ampuh mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terasa lebih lembut.

2. Manfaat kopi untuk wajah – mengatasi lingkar hitam di sekitar mata

Anda mungkin kerap terganggu dengan tampilan mata yang bengkak dan ada lingkar hitam di sekitarnya atau yang biasa disebut ‘mata panda’. 

Tenang saja, kandungan kafein dalam kopi bisa membantu mengurangi lingkar hitam pada mata. Di sini kafein berperan dalam mengurangi efek bengkak dan peradangan yang menimbulkan lingkar hitam di sekitar mata.

Yang jelas, Anda perlu mengaplikasikannya secara teratur dan rutin sebelum tidur ya, untuk dapat manfaat yang maksimal.

3. Manfaat kopi untuk wajah - mencegah penuaan dini

manfaat kopi untuk wajah

Kopi yang mengandung antioksidan tinggi dinilai efektif dalam mencegah keriput dan menyamarkan garis halus pada wajah yang biasanya tampak di area sudut bibir, ujung mata dan dahi.

Antioksidan ini juga bisa memerangi radikal bebas, penyebab wajah kusam dan jadi memiliki bercak-bercak. Ditambah kandungan kafeinnya bisa membuat kulit wajah terasa lebih kencang.

Biji kopi juga membantu pembentukan kolagen dan elastin dalam tubuh yang berperan dalam menjaga keremajaan kulit. Sehingga bisa dibilang kopi efektif dalam mencegah penuaan dini

4. Manfaat kopi untuk wajah – mengurangi minyak serta mencegah jerawat dan komedo

Dengan pemakaian teratur, masker kopi dinilai efektif mengurangi produksi minyak di wajah, sehingga wajah bebas kusam karena minyak berlebih.

Manfaat lainnya menurut seorang dokter kulit asal California adalah scrub kopi ampuh membuka pori-pori yang tersumbat, membersihkan kotorannya sehingga wajah bebas komedo.

Dengan manfaatnya dalam mengurangi minyak dan membersihkan pori-pori dari kotoran, tentunya wajah Anda juga bisa bebas dari jerawat. 

Namun meski bisa membuka pori-pori dan mebersihkannya, tapi kopi juga diyakini bisa sekaligus mengecilkan pori-pori serta membuat wajah terlihat lebih halus.

5. Manfaat kopi untuk wajah – menyegarkan menenangkan kulit

Menggunakan es mungkin selama ini sudah biasa Anda lakukan untuk menyegarkan sekaligus mengecilkan pori pada wajah. 

Tapi ternyata jika Anda membuat es batu dari air kopi, ini bisa membuat wajah jauh lebih segar. Seperti es dengan air biasa, Anda cukup menggosokkan es batu pada wajah, lalu bilaslah menggunakan air biasa.

Yang menariknya lagi, kopi juga bisa memberikan efek rileks dan tenang pada kulit wajah. Karena kandungan kafein dalam kopi memiliki efek menenangkan dan juga memperlancar peredaran darah ke wajah.

manfaat kopi untuk wajah

Sekarang Anda sudah tahu ya manfaat kopi untuk wajah, kini Anda bisa coba buat masker kopi di rumah dengan pilihan cara-cara berikut :

1. Cara termudah adalah cukup memakai bahan ampas kopi murni dan larutkan dalam segelas air hangat secukupnya alias jangan terlalu banyak, karena tujuannya untuk mendapatkan masker yang kental. Lalu aplikasikan pada wajah seperti halnya masker pada umumnya.

2. Cara lain bisa dengan campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun ataupun virgin coconut oil, lalu aduk merata dan aplikasikan pada wajah dengan menggunakana kuas atau dengan tangan secara merata ke wajah. Biarkan sesaat dan kemudian bilas hingga bersih. Lakukan ini secara rutin, 2 kali dalam seminggu.

3. Pilihan berikutnya bisa dengan mencampurkan bubuk kopi dengan yoghurt plain. Sama seperti campuran yang pertama, gunakan kuas atau tangan untuk meratakan campuran masker ke wajah dan leher, lalu bilas dengan air hangat.

4. Campuran lainnya adalah kopi, garam laut dan minyak kelapa asli. Anda bisa gunakan ini sebagai bahan scrub. Jadi selain di wajah, gunakan juga di bagian kulit yang terasa kasar untuk mendapatkan hasil kulit yang lembut.
5. Kalau ingin mendapatkan kulit putih cerah alami, gunakan jus bengkuang yang dicampur dengan kopi lalu aduk sampai rata dan usapkan ke wajah. Setelah 30 menit bersihkan dan bilas dengan air hangat. 

Selain bahan-bahan di atas, untuk membuat masker kopi masih ada bahan lain yang bisa Anda campur seperti madu ataupun lemon.

Nah, sekarang Anda sudah tahu manfaat kopi untuk wajah dan cara mudah membuat masker dari bahan dasar kopi. Selamat mencoba ya!

0 Komentar untuk "5 Manfaat Kopi untuk Wajah dan Cara Mudah Membuat Maskernya"

Back To Top