Lebih Dari 500 Meter, Ini Dia 9 Gedung Tertinggi di Dunia

Bicara gedung pencakar langit (skyscraper) mungkin sudah biasa ditemukan di kota-kota besar. Tapi kalau gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari 500 meter, ini baru tidak biasa!


Nah, bagi yang hobi traveling, bisa nih pertimbangkan untuk mengunjungi 9 gedung tertinggi di dunia berikut ini:
1. Salah satu gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa - 828m
Atau bisa diartikan ‘Menara Khalifa', merupakan gedung tertinggi di dunia yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab dengan desain mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis (bunga bakung).
Diresmikan pada 4 Januari 2010, tingginya jika dibandingkan dengan gedung populer lainnya, kurang lebih dua kali tingginya gedung Empire State dan tiga kali dari tinggi menara Eiffel.
gedung tertinggi di dunia

Total luas bangunannya sekitar 309,473 m2 di antaranya terdiri dari 304 kamar hotel dan 904 unit apartemen.
Dilengkapi pula dengan tempat parkir berkapasitas 2.957 kendaraan, serta 54 unit lift yang kecepatannya hingga 60 km/jam.
Bangunan yang dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan ini memakan biaya sebesar 1,5 miliar dollar AS serta melibatkan 12 ribu pekerja.
2. Salah satu gedung tertinggi di dunia, Shanghai Tower - 632m
Gedung tertinggi di Cina ini jadi gedung tertinggi kedua di dunia. Dirancang oleh Gensler, yang terdiri dari 121 lantai dan luas total 380.000 m2, pembangunan gedung ini rampung pada 2015.
gedung tertinggi di dunia

Di tahun berikutnya, gedung ini mendapatkan penghargaan sebagai ‘The Best Tall Building Worldwide’ dari ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat yang bermarkas di Chicago, Amerika Serikat.
Secara arsitektur, Shanghai Tower merupakan perpaduan modernitas sekaligus tradisionalitas Cina.

Bentuk memutarnya sangat khas dengan lorong angin di dalamnya yang telah teruji mampu menghemat beban angin hingga 24 persen. Gedung ini juga dilengkapi teknologi terbaik yang menjadikannya anti-gempa dan anti-badai.
Tak hanya itu, jika Burj Khalifa punya lift dengan kecepatan hingga 60 km/jam, maka gedung ini lift-nya memiliki kecepatan sampai 74 km/jam.
Dan kalau berjalan-jalan ke sini, Anda bisa lho mengunjungi hall pamerannya yang menyajikan informasi detail seputar gedung ini.
3. Salah satu gedung tertinggi di dunia, Kingdom Clocktower – 601m
Dikenal juga sebagai Menara Abraj Al Bait atau Kompleks Abraj Al Bait, yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi.
Dirancang oleh Dar Al Handasah Architect, menara ini berlokasi di seberang Masjidil Haram.

Kompleks Abraj Al Bait memang dibangun untuk menampung para Jamaah Haji yang jumlahnya sangat banyak dan datang dari seluruh dunia.
gedung tertinggi di dunia

Daya tampungnya sendiri mencapai 10 ribu orang, dengan luas area lantai hingga 1.500.000 m2. Ini membuat Abraj Al Bait jadi bangunan dengan area lantai paling luas ketika rampung pada tahun 2012.
Mulai dikerjakan tahun 2004, total biaya untuk pembangunan kompleks ini mencapai 15 miliar dolar AS.
Menara tertinggi yang ada di kompleks ini adalah Hotel Tower. Sebenarnya di rencana awal, tower tersebut hanya akan dibangun setinggi 485 meter.
Namun pada perkembangannya, tepatnya pada 2009, gedung ini dibangun hingga mencapai ketinggian 601 meter.
4. Salah satu gedung tertinggi di dunia, Ping An Finance Center  - 599m
Dari namanya kita bisa tahu ya, bahwa ini merupakan markas perusahaan asuransi, Ping An.
Berdiri di kawasan bisnis Futian, Shenzhen, China, setelah melewati 7 tahun proses pembangunan, Ping An Finance Center rampung pada Desember 2017.
Dari segi bentuk, bangunan yang diarsiteki Kohn Pederson Fox (KPF) ini dibuat meruncing pada bagian atas untuk mengurangi dampak tekanan angin hingga 40 persen.
gedung tertinggi di dunia

Terdiri dari 100 lantai, gedung berkapasitas 15.500 orang ini juga dilengkapi area pertokoan dan lobi konferensi.
Sang arsitek ternyata juga membuat gedung tertinggi lainnya lho, seperti gedung pencakar langit di Guangzhou dan Lotte World Tower di Seoul
5. Salah satu gedung tertinggi di dunia, Lotter World Tower - 555m
Dengan arsitek yang sama dengan Ping An Finance Center, gedung tertinggi berikutnya didirikan di Seoul, Korea Selatan.
Perencanaannya sendiri memakan waktu cukup lama, yakni selama 13 tahun ditambah 6 tahun masa pembangunan, hingga akhirnya gedung ini resmi dibuka pada 3 April 2017.
Terdiri dari total 123 lantai, Lotte World Tower memiliki area parkir di bagian paling bawah, lobby dan area komersil serta perkantoran, residensial, hotel dan high end office di bagian atas.
gedung tertinggi di dunia
photo : pixabay
Sementara sepuluh lantai teratas gedung dijadikan ruang publik yang meliputi fasilitas hiburan misalnya saja café.
Dan sama seperti Ping An, bangunan ini juga memiliki struktur yang ramping dan meruncing dimana ini ditujukan untuk menahan berat tanpa memperkuat pilar.
Gedung ini juga diklaim dapat tahan menghadapi gempa berkekuatan di bawah 9 skala Richter, serta angin hingga 80 m/s.
6. Salah satu gedung tertinggi di dunia, One World Trade Center – 541,3m
Jika gedung tinggi sebelumnya berada di Asia, maka gedung tertinggi berikutnya ada di New York City, Amerika.
One World Trade Center atau lebih dikenal sebagai 1 WTC yang sebelumnya bernama Freedom Tower, merupakan bangunan utama di komplek World Trade Center.
gedung tertinggi di dunia

Di lokasi ini juga ada tiga gedung perkantoran tinggi lainnya beserta Greenwich Street dan National September 11 Memorial & Museum.
Pembangunan project ini adalah bagian dari upaya memperingati dan membangun kembali kompleks World Trade Center pascaperistiwa 11 September 2001.
One World Trade Center yang memiliki tingkat 104 lantai dibangun selama 8 tahun dengan memakan biaya mencapai 3,8 miliar dollar AS, dan sukses menjadi gedung tertinggi di Amerika.
7. Salah satu gedung tertinggi di dunia, CTF Finance Centre - 530m
Menara pencakar langit setinggi 530 meter ini rampung pembangunannya pada Oktober 2016 lalu. Lokasinya ada di Guangzhou, Tiongkok, persisnya di wilayah Zhujiang New Town.
Terdiri dari 111 lantai, gedung berkonsep mixed use building ini terdiri dari area perkantoran, ruang konferensi, hotel dan pusat perbelanjaan.
gedung tertinggi di dunia

Pemiliknya adalah Chow Tai Fook Enterprises Ltd, yang dikenal sebagai pemilik jaringan gerai perhiasan emas dengan ribuan gerai tersebar di seluruh Tiongkok.
Bangunannya sendiri didesain oleh Kohn Pedersen Fox Associates, biro arsitek yang sudah berdiri sejak 1976 dan merupakan yang terbesar di Amerika Serikat bahkan dunia.
8. Salah satu gedung tertinggi di dunia, China Zun – 528m
Dikenal juga dengan gedung Citic Tower dan terdiri atas 108 lantai. Gedung ini jadi markas utama CITIC Group dan CITIC Bank serta menjadi gedung perkantoran, klub bisnis dan sebagainya.
gedung tertinggi di dunia

Lebih dari setengah area gedung ini ditempati oleh tidak kurang dari tiga cabang usaha CITIC Group
Dibangun di pusat bisnis Beijing dengan luas 30 hektar, gedung ini dipengaruhi bentuk artefak ritualistik tradisional Cina yang dikenal dengan nama Zun.
Dalam prosesnya, pembangunan bertahap dilakukan pada bagian dasar dengan lebar 78 meter, pada bagian pinggang 54 meter dan ditutup dengan mahkota yang memiliki lebar 69 meter.
9. Salah satu gedung tertinggi di dunia, Taipei 101 – 508m
Dikenal juga sebagai Gedung Finansial Internasional Taipei dan diresmikan pada 31 Desember 2004.
Sesuai namanya, gedung ini terdiri dari 101 lantai dengan beberapa tingkat digunakan sebagai tempat tinggal dan perkantoran.
gedung tertinggi di dunia

Selain itu nama 101 juga diambil dari hari nasional Taiwan yang dirayakan setiap tanggal 10 Oktober (10-10) atau yang dikenal dengan "Double Tenth National Day".
Menariknya, gedung yang jadi landmark Kota Taipei, Taiwan ini berada di lokasi yang rentan gempa dan angin badai, bangunan pun dirancang tahan dari angin topan dengan kecepatan hingga 216 km/jam dan guncangan gempa bumi terkuat.
Selain itu, Taipei 101 juga dilengkapi juga dengan peredam massa raksasa yang terdiri dari bola baja berdiameter 18 meter dengan berat mencapai 728 ton.
Tentunya akan jadi pengalaman tak terlupakan ya kalau bisa mendatangi langsung gedung-gedung tertinggi di dunia ini.

Jadi, Anda mau mengunjungi gedung yang mana nih?

Tag : Properti
0 Komentar untuk "Lebih Dari 500 Meter, Ini Dia 9 Gedung Tertinggi di Dunia"

Back To Top