7 Resep Perawatan Kulit Berminyak, Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal


Siapa bilang kalau cantik itu mahal? Enggak selalu begitu kok. Malahan, cara-cara cantik tapi mahal itu biasanya lebih berisiko lho, girls. Apalagi dalam merawat kulit berminyak, produk-produk kecantikan yang banyak beredar di pasaran merupakan produk pabrikan yang notabenenya menggunakan campuran bahan-bahan kimia.

Tidak semua bahan kimia tersebut cocok di kulit semua orang. Jika kamu memiliki kulit sensitif, maka penggunakan bahan kimia yang berlebihan justru akan membuat kulit kamu menjadi lebih berminyak dan berjerawat.

Kalau sudah begitu, percuma dong merogoh kocek mahal-mahal untuk membeli produk kecantikan?
Maka dari itu, banyak wanita beralih menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan kulit berminyak.

Selain murah, bahan-bahan alami ini juga sangat mudah ditemukan di sekitar rumah kamu.
Penasaran apa saja resep perawatan kulit berminyak secara alami dan murah? Simak penjelasannya di bawah ya girls.

1. Campuran jeruk nipis dan putih telur

Perawatan Kulit Berminyak
Photo: iStock
Resep perawatan kulit berminyak pertama ialah dengan mencampurkan satu buah perasaan jeruk nipis dan putih telur, kemudian gunakan sebagai masker pada wajah. Kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C akan membantu mengatasi minyak berlebih, timbulnya jerawat, mencerahkan wajah, serta mengangkat sel kulit mati pada kulit.

Sedangkan kandungan protein dan mikronutrien pada putih telur, akan mengenyalkan serta mencerahkan kulit wajah kamu. Sungguh perpaduan yang sangat apik untuk perawatan kulit berminyak kamu, bukan?

2. Perasan lemon

Perawatan Kulit Berminyak
Photo: iStock
Selain jeruk nipis, lemon juga terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang ampuh dalam mencerahkan serta mengembalikan keremajaan kulit. Selain itu, kandungan asam alpha hidroksinya juga mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit kamu, girls.

Peras lemon sampai mengeluarkan air. Celupkan kapas ke air lemon dan oleskan pada aera wajah.
Lakukan perawatan kulit berminyak ini secara teratur, dan rasakan perbedaannya pada kulit wajah dalam beberapa hari.

3. Masker apel

Perawatan Kulit Berminyak
Photo: iStock
Jangan hanya dimakan, sisakan buah apel yang ada di rumah kamu untuk dijadikan masker apel ya.
Caranya gampang, parut halus atau hancurkan buah apel hingga menjadi seperti bubur. Setelah itu, oleskan buah apel yang telah dihancurkan secara merata pada permukaan kulit wajah.

Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Voila! Kandungan anti-septik yang terdapat pada apel akan mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga membuat minyak yang menumpuk pada wajah kamu hilang deh.

4. Masker bengkoang

Perawatan Kulit Berminyak
Photo: iStock
Kamu tentu sudah tahu dong, kalau bengkoang merupakan bahan yang ampuh dalam perawatan kulit berminyak. Banyak sekali produk kecantikan di luar sana yang mengandung buah bengkoang sebagai pembersih hingga pemutih kulit.

Namun, kandungan vitamin B dan C yang terdapat pada bengkoang ternyata juga ampuh untuk mengembalikan kesegeran wajah dan menghilangkan minyak berlebih. Caranya mudah, cukup parut bengkoang, lalu peras dengan menggunakan air. Hasil perasaan tersebut lantas menghasilkan sari-sari bengkoang, bukan? Nah, gunakaan sari bengkoang sebagai masker di wajah kamu.

5. Campuran pisang dan madu

Perawatan Kulit Berminyak
Photo: iStock
Resep perawatan kulit berikutnya adalah dengan menggunakan campuran pisang dan madu.
Caranya sangat mudah, cukup haluskan satu buah pisang lalu sampurkan dengan satu sendok makan madu asli. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada bagian kulit wajah secara merata.

Cara ini dirasa ampuh digunakan sebagai perawata kulit berminyak. Sebab, kandungan vitamin C pada pisang, serta anti-oksidan pada madu mampu membantu mengembalikan sel-sel kulit mati dan menurunkan kadar minyak berlebih pada wajah.

6. Campuran baking soda dan lemon

Photo: iStock
Jika sebelumnya kita membahas perawatan kulit berminyak menggunakan lemon saja, kali ini saya akan menambahkan satu resep perawatan kulit berminyak lagi dengan mencampurkan baking soda dengan perasaan jeruk lemon. 

Caranya mudah sekali! Bahan-bahan yang kamu butuhkan hanyalah satu sendok baking soda dan beberapa tetes air perasan lemon. Masukkan baking soda ke dalam sebuah wadah dan tambahkan beberapa tetes perasaan jeruk ke dalam adonan tersebut.

Aduk hingga merata, lalu oleskan pada area wajah, serta biarkan kurang lebih selama 10-15 menit.
Setelah selesai, bilas bersih muka menggunakan air dan tepuk-tepuk hingga kering. Lakukan perawatan kulit berminyak ini selama dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. Masker tepung gram

Photo: iStock
Buat kamu yang belum familiar dengan tepung gram, tepung gram merupakan tepung yang berasal dari India dan terbuat dari bahan kacang-kacangan. Tepung gram merupakan salah satu bahan pokok makanan di India dan Bangladesh.

Namun, untuk mendapatlan tepung gram kamu enggak perlu terbang ke negara tersebut kok, karena di Indonesia tepung gram bisa didapatkan di supermarket yang menjual bahan-bahan makanan impor. Terlebih lagi, selain dijadikan sebagai bahan makanan, ternyata tepung gram jug bermanfaat untuk perawatan kulit berminyak, lho!

Caranya gampang, cukup campurkan tepung gram dengan yogurt dan susu mentah. Aduk hingga seluruh bahan tersebut tercampur dengan sempurna, kemudian aplikasikan pada wajah. Diamkan masker tepung gram tersebut selama 20 menit, lalu bersihkan menggunakan air bersih.

Selain dicampur dengan yogurt dan susu mentah, tepung gram juga bisa kamu campurkan dengan menggunakan madu dan kunyit. Caranya, tambahkan satu sendok teh madu dan sejumput kunyit ke dalam adonan tepung gram, kemudian aduk merata hingga bertekstur seperti masker dan tidak ada permukaan yang menggumpal.

Aplikasian masker tersebut pada kulit wajah selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Perawatan kulit berminyak menggunakan masker tepung gram ini berkasiat membersihkan kotoran yang menempel pada wajah, serta mengecilkan pori-pori penyebab minyak berlebih.

Nah, itu tadi girls, 7 cara resep perawatan kulit berminyak yang dapat kamu lakukan secara mudah dan juga murah. Setelah membaca penjabaran di atas, sekarang kamu percaya dong, kalau ternyata cantik itu enggak perlu mahal.

Kalau begitu, selamat mencoba di rumah ya girls! Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "7 Resep Perawatan Kulit Berminyak, Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal"

Back To Top