5 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan

Selama ini banyak yang hanya mempermasalahkan jerawat atau komedo pada wajah, tapi sebenarnya bruntusan juga mengganggu penampilan lho meski ukurannya kecil. Jadi Anda tetap perlu tahu nih cara menghilangkan bruntusan.

cara menghilangkan bruntusan

Sebenarnya bruntusan merupakan jerawat kecil yang muncul saat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak berlebih yang akhirnya mengundang bakteri penyebab bruntusan. 

Mungkin tidak ada masalah jika yang muncul hanya sedikit, tapi kalau dalam jumlah banyak seperti di dahi atau dagu, tetap saja akan mengganggu penampilan ya!

Tapi sebelum Anda tahu cara mengilangkan bruntusan, perlu tahu dulu apa saja sih penyebab bruntusan. Terutama hal-hal yang selama ini Anda anggap tidak terlalu penting alias disepelekan:

1. Kurang maksimal dalam membersihkan wajah

Ini bisa jadi penyebab berbagai masalah wajah, tak terkecuali bruntusan. Membersihkan wajah memang tahap penting dalam perawatan, tapi membersihkan wajah dengan benar juga sama pentingnya.

Karena kalau tidak, akan tetap ada sisa-sisa kotoran yang kalau dibiarkan menumpuk menyebabkan timbulnya bruntusan. Atau kalau masih ada sisa sabun di wajah, akan dengan mudah mengundang kuman dan bakteri  penyebab jerawat. 

2. Peralatan makeup yang tidak higienis

Membersihkan peralatan seperti kuas makeup hingga sponge yang digunakan untuk merias wajah juga harus dilakukan secra rutin.

Karena bakteri rentan menumpuk di sejumlah peralatan tersebut, dan kalau kemudian Anda gunakan, tentunya akan membuat wajah pada akhirnya terpapar bakteri dan akan berakhir dengan bruntusan.

cara menghilangkan bruntusan

3. Makanan yang tidak cocok atau alergi

Umumnya makanan berminyak tidak baik dikonsumsi tak hanya bagi kesehatan tapi juga kulit. Anda juga harus waspadai makanan tertentu yang mungkin akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit, baik bagi di wajah maupun bagian tubuh lainnya.

4. Faktor genetik dan hormonal

Ya, jerawat dan bruntusan juga bisa muncul karena faktor genetik. Bagi orang yang memiliki wajah cenderung berjerawat maka keturunannya akan memiliki 80% peluang untuk memiliki wajah berjerawat.

Lalu ada faktor hormon juga yakni testosterone, yang kalau berlebihan bakal merangsang kelenjar minyak berproduksi dalam jumlah banyak sehingga berakhir dengan munculnya bruntusan.

5. Stres

Stres pada dasarnya tidak baik bagi kondisi badan secara keseluruhan. Banyak sekali efek buruk yang muncul pada badan seseorang jika sedang mengalami stres, termasuk munculnya bruntusan hingga jerawat.

Nah, kalau wajah Anda sudah terlanjur memiliki bruntusan, sekarang saatnya Anda tahu cara menghilangkan bruntusan agar Anda bisa tampil lebih percaya diri lagi.

1.Eksfoliasi, salah satu cara menghilang bruntusan

cara menghilangkan bruntusan

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati sehingga wajah dan tubuh tetap bersih dan tidak terlihat kusam. 

Bisa dibilang ini merupakan teknik mengelupaskan kulit mati dan membersihkan pori-pori yang terbilang efektif sebagai cara menghilangkan bruntusan.

Baca Juga : 7 Manfaat Lidah Buaya yang Wajib Diketahui

Kalau bisa pilih produk yang mengandung salicylic acid ya, khususnya bagi Anda yang wajahnya berminyak, karena kandungan ini juga sekaligus bisa mengangkat minyak berlebih.

Setelah eksfoliasi, sebaiknya pakai pelembap juga karena proses ini membuat kulit cenderung kering. Lagipula menjaga kondisi kulit tetap terhidrasi dengan baik, juga salah satu langkah ampuh dalam proses menghilangkan bruntusan, karena kulit kering cenderung akan memproduksi minyak lebih banyak.

Jangan lupa untuk memakai pelembap yang cocok dengan kulit Anda. Misalnya kulit berminyak sebaiknya gunakan pelembap yang berbahan alami dengan tekstur gel.

2. Kompres dingin, cara menghilangkan bruntusan 

Suhu panas atau cuaca juga bisa jadi penyebab bruntusan pada sebagian orang bahkan ada potensi untuk jadi kemerahan dan meradang. Nah, dalam kasus ini akan lebih efektif jika Anda kompres dengan air dingin.

Caranya gunakan handuk yang direndam ke air dingin, lalu dikompres ke bagian wajah yang bruntusan. Diamkan selama 30 detik hingga 1 menit dan ulangi  terus hingga warna kemerahan mulai hilang.

Atau bisa juga dengan memasukkan es batu ke kantong plastik dan letakkan di area wajah yang bruntusan. Lakukan ini selama beberapa kali dalam satu hari. Tapi jangan langsung menempelkan es batu ke kulit wajah ya!

3. Menggunakan bahan-bahan alami, cara menghilangkan bruntusan 

Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara mengatasi bruntusan.

cara menghilangkan bruntusan

Beberapa pilihannya antara lain pepaya yang digunakan dengan cara dihaluskan dan oleskan pada bagian yang bruntusan dan diamkan selama 10 menit sebelum akhirnya dicuci dengan air bersih. Tak hanya pepaya, buah lainnya yang bisa Anda gunakan adalah tomat dan lemon. 

Selanjutnya yang bisa digunakan adalah lidah buaya. Caranya sangat mudah, dimana Anda tinggal mengambil gel lidah buaya yang ada di bagian dalamnya lalu oleskan ke bagian yang bruntusan dan diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Membuat masker dari bahan seperti telur dan tepung jagung juga bisa Anda coba. Cukup ambil putih telur yang diaduk merata bersama tepung jagung. Lalu aplikasikan campuran ke wajah dan diamkan selama 30 menit.

Selain itu, masker lainnya juga bisa dibuat dari bahan madu dan kayu manis bubuk yang dicampurkan, lalu oleskan ke wajah hingga merata dan diamkan selama 15 menit. 

Kalau di rumah ada oatmeal juga bisa lho dimanfaatkan untuk menghilangkan bruntusan. Caranya dengan digiling atau dihaluskan lalu dicampur dengan air hangat, dan gunakan untuk mencuci wajah sambil dipijat pelan selama lebih kurang 15 menit.

Semoga informasi cara menghilangkan bruntusan ini bermanfaat ya! Kalau Anda ingin mencegah bruntusan muncul di wajah, cukup hindari penyebab-penyebab yang sebelumnya sudah dibahas.

Selamat mencoba! 


0 Komentar untuk "5 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan"

Back To Top