Mudah, Ini 3 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

cara mengecilkan pori-pori wajah

Meski pori-pori diperlukan untuk mengeluarkan keringat dan minyak di permukaan kulit, tapi jika kondisinya jadi membesar juga bisa menyebabkan masalah kulit lain, sehingga perlu dicoba nih, beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah.

Masalah pori-pori yang tampak besar, biasanya dialami oleh tipe kulit wajah berminyak atau kombinasi. Tapi pada beberapa kasus, lubang pori-pori pada wajah ukurannya juga ditentukan secara genetik lho. 

Artinya, jika Anda memiliki kulit wajah dengan pori-pori besar, kemungkinan nanti anak Anda akan memiliki pori-pori wajah yang besar juga. 

Tapi tetap ada beberapa penyebab lain yang membuat pori-pori seseorang tampak lebih besar. Misalnya paparan langsung sinar matahari atau membersihkan wajah yang tidak benar alias tidak tuntas. 

Ukuran pori-pori memang tidak akan berubah, tapi Anda bisa menyamarkannya dengan cara membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat, sehingga pori-pori yang tadinya besar, jadi  tampak lebih kecil. 

Belum lagi, kondisi pori wajah yang besar, akan membuat kotoran dan minyak bersarang dengan mudah, yang  berujung pada munculnya masalah baru seperti komedo, jerawat hingga tampilan kulit wajah yang lebih kusam. 

Lagipula, pori wajah yang berukuran besar juga mengganggu penampilan kan?

Tapi jangan khawatir, Anda bisa coba beberapa langkah mudah berikut sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah, dan ini beberapa di antaranya:

1. Cara mengecilkan pori-pori wajah, gunakan produk dan cara perawatan yang tepat


Anda perlu teliti ya untuk hal yang satu ini. Pakailah produk berlabel noncomedogenic, karena ini cenderung tidak menyumbat pori-pori. 

Lalu untuk teksturnya, kalau Anda memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih produk pembersih wajah berbentuk gel, sementara pemilik kulit wajah normal dan kering, pilih produk pembersih wajah berbentuk krim.

Cara membersihkan wajah juga jadi faktor penentu di sini. Gunakan air hangat saat mencuci wajah, pijat lembut wajah dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 60 detik. Terakhir, bilas dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk handuk lembut ke wajah.

Waktu yang pas membersihkan wajah adalah pada pagi hari dan menjelang tidur di malam hari. Ya, membersihkan wajah sebelum tidur, tak hanya mengangkat sisa riasan makeup, tapi juga mengangkat seluruh kotoran yang menempel. Karena ini adalah dua hal yang akan menyumbat pori-pori hingga terlihat lebih besar.

Oya, Anda juga bisa membersihkan wajah dengan produk yang mengandung scrub, karena ini bisa mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih juga. Tapi jangan lakukan scrubbing tiap hari juga ya, karena bisa-bisa kulit malah jadi kering.

Jangan lupa untuk menyimpan produk perawatan kulit di kulkas, karena suhu dingin menyebabkan kulit mengerut sehingga ukuran pori-pori Anda pun ikut menyusut. 

2. Cara mengecilkan pori-pori wajah, gunakan masker berbahan dasar alami


cara mengecilkan pori-pori wajah
photo : pexels
Pertama, Anda bisa mencoba masker dari lidah buaya, timun dan gula merah. Caranya cukup haluskan timun, tambahkan gel lidah buaya, lalu masukkan gula merah, aduk hingga teksturnya jadi berpasir dan agak kasar. Barulah diaplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15-30 menit lalu bilas hingga bersih. 

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda coba adalah masker putih telur, madu dan air lemon. Caranya, ambil bagian putih telur saja, lalu kocok sampai berbuih, tambahkan satu sendok makan madu dan air perasan lemon. Setelah itu baru bisa dioleskan ke wajah dengan  merata dan biarkan kurang lebih 30 menit. 

Putih telur memang sudah umum dikenal sebagai pengencang kulit wajah sekaligus mengecilkan pori wajah.

Kalau Anda punya cuka apel di rumah juga bisa digunakan untuk masker alami yang bisa mengecilkan pori. Campurkan dengan baking soda serta tomat yang sudah dihaluskan. Oleskan campuran ini ke wajah selama kurang lebih 20 menit. 

3. Cara mengecilkan pori-pori wajah, gunakan bahan alami lainnya


cara mengecilkan pori-pori wajah

Selain membuat berbagai campuran untuk masker, berikut ini ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan tanpa perlu dicampur-campur lagi.

Bahan tersebut antara lain adalah air rendaman beras. Ini merupakan cara yang sangat mudah dimana ketika Anda akan memasak nasi, sebaiknya jangan buang air cucian beras, karena di dalamnya terkandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. 

Caranya cukup diamkan air rendaman beras sesaat sampai mengendap, lalu endapannya bisa Anda aplikasikan ke wajah.

Baca Juga: 7 Manfaat Tomat Untuk Wajah Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal

Selain air beras, Anda bisa juga memanfaat air perasan jeruk / jeruk nipis / lemon yang mengandung vitamin C dimana caranya cukup Anda usapkan saja ke wajah dan diamkan sejenak lalu bilas hingga bersih.

Air rendaman teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah. Karena teh hijau mengandung anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga kulit dapat beregenerasi dengan cepat serta juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori wajah mengecil. 

Kemampuan regenerasi kulit juga dimiliki oleh papaya yang mengandung enzim papain serta Vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Kandungan yang kurang lebih sama juga dimiliki oleh alpukat, jadi buah ini bisa Anda jadikan opsi juga sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah.

Buah lainnya yang dipercaya bisa mengecilkan pori adalah bengkoang. Dimana Ada bisa memarut buah ini kemudian peras untuk mendapatkan air atau sarinya yang kemudian bisa digunakan sebagai masker wajah alami.

Dan bahan lain yang bisa Anda gunakan begitu saja adalah yogurt yang banyak mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berfungsi untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi, sedangkan zinc berguna untuk membantu mengatasi permasalahan pada kulit wajah. 

Selain melakukan perawatan di atas, sebaiknya Anda juga menghindari hal-hal pemicu pori-pori wajah jadi tambah besar ya. Misalnya saja :

1. Mulai dari menghentikan kebiasan memencet jerawat atau komedo. Jadi gunakan saja produk khusus untuk menghilangkan jerawat atau komedo. 

photo : pixabay
2. Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Karena ini bisa mengikis kulit wajah dan mengurangi elastisitas kulit, sehingga membuat pori-pori akan jadi semakin besar. Jangan lupakan sunscreen atau produk dengan SPF minimal 30 setiap kali akan ke luar rumah.

3. Dan yang jelas, sesekali bebaskan kulit dari segala produk makeup seperti pelembap dan foundation berat. Dengan tidak menggunakan produk-produk seperti ini, akan membantu kulit mengeluarkan kotorannya secara alami.

Selamat mencoba ya!

0 Komentar untuk "Mudah, Ini 3 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah"

Back To Top