Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Mudah dan Alami

Cara Menghilangkan Panu di Wajah

Panu yang menyerang kulit kita tentu sangat mengganggu, pasalnya ketika tubuh sedang berkeringat, areal kulit yang terkena panu akan terasa sangat gatal. Panu sendiri disebabkan oleh jamur Malassezia yang menyerang kulit kamu.

Jamur ini sesungguhnya tidak berbahaya dan pada umumnya memang ditemukan pada kulit manusia. Penyakit panu yang disebabkan oleh jamur ini juga tidak menular. Namun, jika tidak ditanggulangi secara cepat, lambat-laun bercak-bercak panu pada kulit akan melebar. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali.

Selain membuat areal yang mengalami gatal-gatal semakin luas, areal panu tersebut lama kelamaan akan menyebabkan kulit terasa kasar seperti bersisik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, panu memang tidak berbahaya dan menular, namun jika panu muncul pada area-area terbuka seperti kulit muka, tentu akan membuat kita tidak percaya diri.

Tentu kamu enggak mau dong hal tersebut terjadi sama kamu, oleh karena itu hari ini saya akan memberikan beberapa cara menghilangkan panu di wajah yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Selain itu, cara-cara yang saya berikan juga menggunakan bahan alami lho, jadi kamu enggak perlu khawatir akan alergi akibat mengkonsumsi obat-obatan dan bahan kimia lainnya.
Langsung saja yuk, kita simak bersama-sama.

1. Minyak kelapa, minyak oregano, dan tea tree oil


Cara Menghilangkan Panu di Wajah
(Photo: iStock)
Ada tiga jenis minyak alami yang dapat kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan panu di wajah, yaitu menggunakan minyak kelapa, minyak oregano, dan tea tree oil.

Ketiga minyak ini memang dirasa ampuh untuk membunuh jamur, virus, dan bakteri pada panu. Seperti minyak kelapa, kandungan asam lemak yang terdapat di dalamnya mampu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu.

Sedangkan kandungan carvacrol yang terdapat ada minyak oregano juga ampuh untuk membunuh dan mengurangi infeksi bakteri, jamur, virus, parasite, dan alergi pada tubuh. Serta, kandungan antiseptik pada jenis tumbuhan tea tree oil sering dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan menyembuhkan luka pada kulit.

Baca Juga : 7 Manfaat Tomat Untuk Wajah Bukti Cantik Enggak Perlu Mahal

Cara penggunaannya cukup gampang, campurkan satu sendok teh minyak kelapa, lime tetes tea tree oil, serta lime tetes minyak lavender. Aduk rata lalu usapkan pada panu menggunakan kapas atau cotton bud.

Jika kamu menginginkan hasil yang lebih cepat dan maksimal, tambahkan pula lima tetes minyak oregano pada campuran tersebut. Atau kamu bisa juga menggunakan minyak kelapa dan minyak oregano secara terpisah tanpa dicampur apapun, langsung oleskan pada bagian muka yang terkena palu.

2. Cuka apel


Cara Menghilangkan Panu di Wajah
(Photo: iStock)
Serupa dengan pengaplikasian minyak pada panu, cuka apel juga dioleskan pada bagian wajah yang terkena panu menggunakan kapas atau cotton bud. Namun sebelum itu kamu harus mencampurkan satu sendok makan cuka apel dan satu sendok makan air hangat terlebih dahulu.

Oleskan adonan tersebut serta diamkan selama 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air sampai bersih. Menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan panu di wajah memang cukup efektif. Pasalnya, kandungan senyawa anti-mikroba pada cuka apel membantu kulit mengontrol pertumbuhan jamur.

3. Yogurt


Cara Menghilangkan Panu di Wajah
(Photo: iStock)
Kandungan protein, riboflavin, vitamin B6, dan Vitamin B12 yang terkandung pada Yogurt memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.Selain itu, kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt juga dapat kita manfaatkan untuk mengontrol dan menghambat pertumbuhan jamu penyebab panu.

Caranya, oleskan yogurt pada bagian panu dan diamkan selama 30 menit, serta bilas dengan air sampai bersih. Namun ingat ya, yogurt yang digunakan di sini adalah yogurt tawar, jangan menggunakan yogurt yang berasa, lho.

4. Bawang putih

(Photo: iStock)
Manfaat bawang putih untuk membasmi jamur pada kulit sudah tidak perlu diragukan lagi, senyawa anti-bakteri yang terdapat pada bawang putih memang dapat membunuh segala jenis kuman dan jamur. Cara menghilangkan panu di wajah dengan menggunakan bawang putih memang cukup popular, namun tidak banyak sebenarnya orang yang berani mencoba dengan cara ini.

Pasalnya kamu harus menggosokan satu siung bawang putih yang telah dipotong menjadi dua segi ke bagian kulit yang terkena panu sampai kulit memerah dan terasa perih. Cukup ekstrim memang, namun banyak orang beranggapan bahwa cara ini cukup efektif untuk membasmi panu dalam waktu cepat.

5. Lengkuas dan garam

(Photo: iStock)
Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi bakteri serta jamur. Ambil satu buah lengkuas kemudian belah menjadi dua bagian. Gunakan sisi belahan untuk digosokan pada bagian wajah yang terkena panu.

Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menambahkan sedikit garam pada bagian luar belahan lengkuas. Sama seperti menggunakan bawang putih, gosok dan garam sampai kulit memerah dan terasa perih. Lakukan cara ini kurang lebih tiga kali sehari agar panu di wajah menghilang dengan cepat.

6. Belimbing wuluh dan kapur sirih


Cara Menghilangkan Panu di Wajah
(Photo: iStock)
Belombing wuluh tidak hanya bermanfaat bila dikonsumsi untuk tubuh, namun juga merupakan cara menghilangkan panu di wajah secara ampuh. Kandungan yang terdapat di dalam belimbing wuluh seperti, glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, sitrat, serta mempunyai sifat anti jamur.

Cara pengaplikasiannya cukup gampang, tumbuk halus belimbing wuluh dan campur dengan kapur sirih sekedarnya lalu oleskan pada dibagian panu secara merata sampai jadi kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Jeruk nipis dan belerang


(Photo: iStock)
Cara menghilangkan panu di wajah yang terakhir adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis dan belejarang. Kandungan ekstrak vitamin C pada jeruk nipis dan mineral pada belerang dapat ampuh membunuh kuman serta jamur yang membandel terutama panu.

Caranya, tumbuk halus belerang (secukupnya) dan campur dengan perasan air jeruk nipis, kemudian aduk hingga rata dan oleskan pada panu. Lakukan cara barusan 2-3 kali sehari secara teratur, agar mempercepat proses menghilangnya panu di kulit wajah kamu.

Itu tadi 7 cara menghilangkan panu di wajah secara mudah dan alami. Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat untuk kalian semua yang sedang terserang panu. Namun, perlu diingat juga ya, cara terbaik menanggulangi penyakit bukanlah mengobati, namun harus diantisipasi.

Jaga terus kesehatan dan kebersihan diri kalian dengan baik, agar ke depannya kalian tidak lagi terjangkit penyakit kulit seperti panu.
Selamat mencoba!

0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Mudah dan Alami"

Back To Top