7 Rekomendasi Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi


Sudah sejak lama orang Indonesia mengenal Penang sebagai salah satu tujuan medis yang bagus dan berbiaya murah di Asia Tenggara. Tak ayal, banyak sekali masyarakat Indonesia yang memilih berobat ke Penang daripada berobat di Indonesia sendiri.

Namun, tahukah kamu bahwa selain menjadi tujuan medis, Penang juga memiliki potensi wisata yang sangat baik di dalamnya? Iya, sebagai salah satu bagian negara federasi Malaysia yang terletak di bagian barat semenanjung Malaysia, Penang sangat kental akan akulturasi budaya melayu, cina, india, bahkan kolonial.

Beribu kota di George Town, wilayah Penang terdiri atas Pulau Penang itu sendiri dan Seberang Perai. Berbeda dengan KL atau Kuala Lumpur, lingkungan di kota George Town jauh lebih tenang. Karena memang, mayoritas masyarakat yang tinggal di pulau ini adalah orang tua, sangat pas untuk kamu yang menginginkan sebuah perjalanan yang lebih tenang dan jauh dari hikuk-pikuk kota metropolitan.

Akan tetapi, bagi kamu yang suka nge-mall, jangan khawatir! Kota ini juga memiliki beberapa mall yang lengkap, selayaknya kota-kota metropolitan yang ada di Malaysi, kok. Namun, sayangnya, hari ini saya tidak akan membahas soal mall yang ada di Penang, karena jelas, jika kamu mau belanja ke mall, sebaiknya kamu pergi ke KL saja.

Sebaliknya, hari ini saya akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi bagi kamu yang bosan berlibur ke Kuala Lumpur. Pasalnya, beberapa tempat wisata di Penang ini mungkin tidak akan bisa kamu dapati pada kota lain di Malaysia. Penasaran apa saja? Langsung aja yuk, kita lihat daftarnya.

1. Wisata sejarah di George Town


Tempat Wisata di Penang
Photo: Google Images
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, George Town merupakan ibukota dari Penang. Kota ini terletak di sisi timur Pulau Penang. Perjalanan menuju George Town dapat ditempuh melalui darat atau udara. Bila kamu datang dari Kuala Lumpur, butuh waktu setidaknya 5-6 jam menggunakan bus atau mobil, 3,5 sampai 4 jam dengan kereta api ETS (Electric Train Service), serta 30 menit menggunakan pesawat.

Sesampainya di George Town, kamu akan merasa seperti dibawa ke zaman tempo dulu ketika melihat bangunan-bangunan dan arsitektur yang ada di kota ini. Bangunan bergaya arsitektur Melayu, Cina, India, hingga Kolonial Inggris berdiri kokoh di pusat-pusat kota. Bangunan-bangunan ini memang sengaja dijaga dan dirawat keasliannya oleh pemerintah setempat.

Tidak heran jika Geroge Town (bersama Melaka) ditetapkan sebagai World Heritage Site atau situs warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 2008.

2. Wisata selfie di Street art George Town


Tempat Wisata di Penang
Photo : The Intern Traveler
Tempat wisata di Penang berikutnya, masih terletak di George Town, yaitu street art painting karya seniman, Ernest Zacharevic yang juga menjadi daya tarik terkuat wisatawan untuk mengunjungi kota ini.

Beberapa bangunan di George Town terlihat unik dan cantik dengan mural-mural yang terdapat pada bagian dindingnya. Mural-mural ini juga sangat unik, pasalnya mural tersebut kerap digabungkan dengan benda-benda seperti kursi, sepeda, motor, dan sebagainya, yang membuatnya terlihat hidup.
Saking populernya mural-mural ini, enggak mungkin ada orang yang berkunjung ke George Town tanpa melakukan selfie atau berfoto di depan salah satu mural.

3. City trip ke Penang Bridge


Tempat Wisata di Penang
Photo : Wikipedia
Taukah kamu di mana letak jembatan terpanjang di Asia Tenggara? Iya, jembatan terpanjang di Asia Tenggara terletak di Penang. Disebut sebagai Penang Bridge, jembatan ini memiliki Panjang 13,5 KM dan merupakan penyambung antara Pulau Penang dengan Seberang Perai.

Penang Bridge sendiri sebenarnya ada dua, Penang Second Bridge atau Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah, memiliki Panjang 23,5 KM dan menjadi salah satu tujuan favorit tempat wisata di Penang.

Jika mengendarai mobil pribadi, kalian dapat menyusuri kemegahan jembatan ini sembari menikmati hembusan angin laut. Suasana akan semakin indah ketika malam hari, karena adanya cahaya lampu di sepanjang jembatan.

Namun apabila naik bus dan tetap ingin menikmati jembatan ini, kalian disarankan untuk turun di Terminal Sungai Nibong yang terletak di Pulau Penang dan sudah pasti melalui jembatan tersebut.

4. Wisata alam di Penang Hill


Tempat Wisata di Penang
Photo : Google Images
Penang Hill atau Bukit Bendera merupakan daratan tertinggi yang ada di Penang. Degan ketinggian lebih dari 700 MDPL, Penang Hill menjadi tempat wisata di Penang yang menyuguhkan kalian pemandangan Pulau Penang secara keseluruhan dari ketinggian.

Untuk mencapai Penang Hill, kalian harus naik fenicular train dari Railway Lower Station di Ayer Itam menuju Railway Upper Station seharga RM 30 untul perjalanan pulang-pergi. Hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk kamu mencapai Penang Hill menaiki funicular train tersebut.

Selain melihat keindahan Penang dari atas bukit, di Penang Hill kamu juga bisa berkunjung ke The Owl Museum yang di dalamnya terdapat pernak-pernik, lukisan, boneka, patung, dan segala hal yang berhubungan dengan burung hantu.

Tiketnya Cuma murah kok, hanya dengan RM 10 kamu sudah bisa masuk ke dalam The Owl Museum. Selain itu juga terdapat restoran, foodcourt, kafe, masjid, kuil hindu, love lock (gembok cinta ala Korea), hotel, mobil buggy untuk berkeliling Penang Hill, dan juga spot untuk meneropong Pulau Penang dari atas.

5. Wisata Kuliner di Penang


Tempat Wisata di Penang
Photo : Google Images
Setelah berkeliling tempat wisata di Penang, tentu kamu butuh makan dong. Jangan khawatir, pasalnya, Penang terkenal akan wisata kulinernya yang enak dan beragam. Sebagai sesama rumpun Melayu, kuliner-kuliner yang ada di Penang sangat cocok untuk lidah kita orang Indonesia.
Selain enak, makanan-makanan yang ada di Penang termasuk murah lho.

Beberapa lokasi wisata kuliner di Penang yang harus kalian kunjungi adalah, char kuey teow, asam laksa, curry mee, nasi lemak pedas, rojak, ais kacang, teochew chendul, char koay kak, dan mee sotong.

Selain itu juga ada nasi kandar, nasi ulam, sup daging hameed, nasi biryani dan ayam tandoori, yang kesemuanya sangat amat enak!

6. Wisata air di Pantai Batu Ferringhi


Tempat Wisata di Penang
Photo : Google Images
Bosan dengan suasana kota dan perbukitan? Tenang, bukan Pulau Penang namanya kalau tidak memiliki pantai cantik di dalamnya. Suasana yang tenang, nyaman, serta memiliki pasir putih yang bersih, membuat Pantai Batu Ferringhi menjadi tempat wisata diPenang yang wajib untuk kamu datangi.

Untuk menuju Pantai Batu Ferringhi, kalian harus naik bus dari George Town dengan jarak kurang lebih satu jam. Di sana kalian dapat melakukan aktivitas olahraga air seperti banana boat, jetski, dan parasailing.

Serta, bukan pantai namanya jika tidak tersedia tempat untuk menikmati hidangan laut.
Di sekitar pantai banyak foodcourt yang menjual aneka makanan dengan olahan ikan laut yang bisa kamu nikmati sembari bersantai di pinggir pantai. Selain itu, terdapat beberapa hotel yang dapat dijadikan sebagai alternatif tempat istirahat apabila bosan menginap di George Town.

7. Wisata edukasi di Entopia


Photo : Google Images
Rekomendasi tempat wisata di Penang yang terakhir, saya akan mengajak kamu ke sebuah tempat yang akan membuat pengetahuan kamu akan serangka, khususnya kupu-kupu semakin bertamabah. Entopia, sebuah konservasi kupu-kupu dan berbagai serangga lain, yang terletak di wilayah Teluk Bahang, antara George Town dan Pantai Batu Ferringhi

Entopia sebenarnya sudah ada sejak tahun 1986, lalu dilakukan renovasi dan diresmikan kembali pada tahun 2016, serta berada di bawah naungan Penang Butterfly Farm. Ada dua konsep yang ditawarkan oleh Entopia untuk para pengunjungnya, yaitu konsep outdoor dan indoor.

Konsep outdoor atau yang diberi nama, The Natureland, kamu bisa dapat menikmati penyatuan antara ekologi dengan koleksi binatang di dalamnya. Serunya lagi, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan lebih dari 15.000 kupu-kupu yang terbang di sekeliling kamu, lho! Di tempat ini juga terdapat lebih dari 200 spesies tanaman dengan fitur artistik seperti air terjun, kolam, dan gua.

Sedangkan The Cocoon, memiliki konsep indoor digunakan sebagai sarana edukasi dan atraksi menarik seperti hutan pandora, tempat perkembangbiakan, dan sebagainya. Harga tiket masuk Entopia juga enggak terlalu mahal kok, yaitu RM 65 untuk dewasa dan RM 45 untuk anak-anak.

Sepadan dong dengan pengalaman yang kamu dapat ketika berkunjung ke sana?
Itu tadi 7 rekomendasi tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi bila kamu berkunjung ke tempat tersebut. Setelah membaca daftar yang saya buat tentang tempat wisata di Penang, apakah kamu tertarik untuk berwisata ke sana?

Tenang, seperti halnya negara-negara lain di Asia Tenggara, Penang merupakan tujuan wisata yang ramah kantong kok untuk orang Indonesia. Jadi, liburan tahun ini sudah tahu dong mau kemana? Selamat berlibur!

Tag : Traveling
0 Komentar untuk "7 Rekomendasi Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi"

Back To Top