9 Manfaat Madu Untuk Wajah, Perawatan Kulit Natural Dari Alam

Madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk perawatan kulit, khususnya untuk perawatan kulit wajah. Sebab banyaknya manfaat madu, madu menjadi bahan masker wajah alami yang paling populer. Masker madu dipercaya dapat membantu mengetasi masalah kulit wajah juga mempercantik kulit wajah.

Tidak perlu bingung memilih produk masker madu yang beredar di pasaran, anda bisa langsung membuat masker madu dari madu murni yang mungkin sudah tersedia di dapur. Salah satu jenis madu murni terbaik untuk kecantikan adalah madu Manuka, namun tidak jadi masalah jika anda menggunakan jenis madu murni lainnya.

Simak Juga: 10 Cara Memerahkan Bibir Dengan Bahan Alami

Nah, apa saja sih manfaat madu untuk wajah ini? Lalu, bagaimana caranya menggunakan madu sebagai bahan dasar perawatan kulit anda? Berikut 9 manfaat madu untuk wajah, perawatan kulit natural langsung dari alam.

1. Manfaat Madu Untuk Wajah: Melembapkan Kulit

Manfaat madu untuk wajah yang pertama adalah untuk memlembap kulit. Masker madu bekerja melembapkan kulit dengan cara menyerap udara yang ada di sekitarnya. Jika anda berada di tempat yang cukup lembap, anda bisa mengaplikasikan masker madu secara langsung pada kulit.

Sedangkan, apabila anda berada di tempat yang tingkat kelembapannya rendah, sebaiknya anda mencampur madu dengan minyak kelapa terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Hal ini untuk menghindari kulit wajah yang malah semakin kering.

Aplikasikan masker madu atau masker madu ditambah minyak kelapa selama 20-30 menit di wajah, lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa mengapilasikan masker madu ini sekaligus ke bibir juga karena madu baik untuk melembapkan bibir.

2. Manfaat Madu Untuk Wajah: Membersihkan Kulit

Setelah seharian beraktifitas di luar ruangan, wajah anda akan menimbun debu dan polusi di setiap pori-porinya sehingga akan menyebabkan berbagai macam masalah kulit. Penting untuk rutin membersihkan wajah, dan anda bisa menggunakan madu sebagai pembersih wajah alami.

Kandungan enzim yang terdapat didalamnya, campuran air dan madu dapat menghasilkan antiseptik yang lembut dan bisa membersihkan kulit. Caranya yakni dengan menyiapkan madu, putih telur, dan gliserin.

Campurkan bahan tersebut dengan takaran 1 sendok makan. Setelah tercampur dengan rata, oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa mendapatkan gliserin dengan mudah di apotek.

3. Manfaat Madu Untuk Wajah: Mencerahkan Kulit


Manfaat Madu Untuk Wajah
Photo: IDNtimes

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah mencerahkan kulit. Konon, rahasia kecantikan para wanita Mesir Kuno adalah masker madu sebagai perawatan kulit alami yang sangat berkhasiat. Kandungan anti oksidan di dalam madu mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Itulah mengapa madu dapat membantu mencerahkan warna kulit sekaligus memberi efek rileks pada sel-sel di dalamnya.

4. Manfaat Madu Untuk Wajah: Menghilangkan Jerawat

Siapa yang selama ini berperang dengan jerawat? Jika perawatan modern yang super mahal tidak juga membantu anda mengalahkan jerawat dan semua bekasnya, mungkin ini saat yang baik untuk anda mencoba perawatan wajah dengan madu ini.

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah mampu mengatasi jerawat. Madu yang merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Masker madu bisa meredakan paradangan jerawat dalam waktu satu malam saja.

Caranya adalah dengan mencampurkan madu murni dan juga bubuk kunyit secukupnya. Aplikasikan campuran madu dan kunyit ini pada jerawat yang meradang sebelum tidur. Bilas wajah di pagi hari dan silakan rasakan sendiri perbedaannya.

Simak Juga: Manfaat Serum Wardah dan Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Cara lain yakni dengan mencampurkan satu sendok makan madu murni, satu sendok makan air jeruk nipis, dan satu sendok teh air hangat. Setelah tercampur data tinggal mengoleskannya ke seluruh area jerawat maupun ke seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilaslah dengan air hangat.

5. Manfaat Madu Untuk Wajah: Exfoliator Alami

Manfaat madu untuk wajah yang kelima adalah sebagai exfoliator alami. Tidak semua exfoliator harus memiliki tekstur yang kasar di kulit seperti scrub. Madu yang memiliki tekstur lembut juga bisa menjadi exfoliator yang ampuh mengangkat sel kulit mati pada wajah berkat kandungan enzim yang ada di dalamnya.

Pemilik kulit kering direkomendasikan untuk mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah, sedangkan pemilik kulit berminyak bisa mencampurkan tepung gram dengan madu. Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit, setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

6. Manfaat Madu Untuk Wajah: Menenagkan Kulit Sensitif

Sifat antiinflamasi dari madu juga sangat cocok untuk merawat kulit sensitif anda. Kulit sensitif biasanya akan sangat mudah terkena iritasi, alergi, dan masalah kulit lainnya. Madu mampu untuk menenangkan kulit sensitif.

Cara aplikasinya adalah dengan mencampurkan madu dengan zat lain yang juga bisa menenangkan kulit seperti lidah buaya. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas kembali wajah dengan air bersih.

7. Manfaat Madu Untuk Wajah: Mencegah Penuaan Dini


Manfaat Madu Untuk Wajah
Photo: popbela
Khasiat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai anti-aging agent. Madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim anti-aging yang dijual di pasaran.

Manfaat masker madu yang mampu untuk melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai ramuan penangkal gejala penuaan. Caranya? Aplikasikan masker madu alami pada wajah, lalu diamkan 15-30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

8. Manfaat Madu Untuk Wajah: Mengatasi Infeksi Jamur

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengatasi infeksi jamur pada kulit. Infeksi jamur di kulit seperti kurap bisa muncul dimana saja termasuk juga di wajah. Anda bisa memanfaatkan madu untuk menghilangkan kurap di wajah anda.

Kandungan antioksidan, anti mikroba dan juga anti-jamur pada madu memang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dari bintik merah sampai infeksi jamur. Caranya adalah dengan mengaplikasikan madu murni sebanyak dua kali sehari di bagain kulit yang terkena infeksi jamur. Lakukan setiap hari hingga infeksi jamur hilang.

9. Manfaat Madu Untuk Wajah: Menyembukan Luka

Siapa yang pernah terluka di bagian wajah? Tentu saja ini akan sangat mengganggu penampilan dan membuat kita tidak percaya diri. Manfaat madu untuk wajah yang satu ini bisa sangat membantu anda untuk menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas luka di wajah.

Baik itu luka bakar, luka sayatan, atau jenis luka lain, masker madu bisa membantu menyembuhkannya. Madu memiliki sifat antimikroba yang membuatnya cocok untuk dijadikan antiseptik sebagai pertolongan pertama jika wajah anda terluka.

Simak Juga: Praktis! Berikut 11 Cara Mengatasi Kulit Kusam pada Wajah Secara Alami

Cara menggunakan madu sebagai antiseptik sama seperti menggunakan masker madu untuk jerawat, yaitu dengan cara mencampurkan madu dengan bubuk kunyit murni langsung pada bagian yang terluka.

Selain itu, madu juga efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Untuk menghilangkan bekas lukanya, anda bisa mengoleskan mad uke area yang luka setelah membersihkannya dengan air. Diamkan sampai meresap dan kering. Terakhir, bilas memakai air dingin sampai bersih.

Untuk hasil yang maksimal, anda bisa mengkombinasikan madu dengan lidah buaya. Itu dia 9 manfaat madu untuk wajah beserta cara-cara mengaplikasikannya sebagai perawatan alami kulit. Selamat mencoba, ya!

1 Komentar untuk "9 Manfaat Madu Untuk Wajah, Perawatan Kulit Natural Dari Alam"

She is a passionate sweeper, with tens of 카지노 thousands of dollars price of prize wins to her name, and she has been sharing advice about how to to|tips on how to} be a winner for over a decade. Erving Goffman, the legendary social psychologist who once as} worked as a blackjack supplier in Vegas, dismissed them as not being a correct "sociological entity" – in spite of everything, there wasn't much social interplay at work. Anthropologist Clifford Geertz known as slots "silly mechanical cranks", of curiosity solely to "women, children, adolescents… the extraordinarily poor, the socially despised, and the personally idiosyncratic".

Back To Top