Bukan Sekedar Kota Transit, 9 Tempat Wisata di Batam Ini Wajib Untuk Dikunjungi


Sejak dulu, Batam memang terkenal sebagai kota transit bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, dari Indonesia melalui jalur laut. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui, bahwasannya banyak tempat wisata di Batam yang menarik untuk dijelajahi, karena keindahan alamnya yang luar biasa.


Bahkan, sebagai salah satu kota dengan gugusan pulau kecil yang ada di sekitarnya, Batam juga bisa disebut sebagai destinasi wisata tropis yang eksotis, lho. Daripada menghabiskan uang berlibur di negara tetangga, lebih baik kita mengunjungi objek wisata yang ada di negara kita sendiri dong.

Oleh sebab itu, hari ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Batam yang wajib banget untuk kamu kunjungi. Untuk lebih jelasnya, simak penjabaran di bawah ini ya.

1. Pantai Tanjung Pinggir


Pantai Tanjung Pinggir
Photo: Tribunnews.com


Tempat wisata di Batam pertama yang wajib sekali untuk kamu kunjungi adalah Pantai Tanjung Pinggir. Sesuai namanya, saking “pinggirnya” pantai ini, kamu sampai bisa melihat gedung-gedung tinggi negara Singapura melalui lokasi tersebut.

Apalagi jika kamu datang pada saat sunset, kamu bisa menyaksikan matahari terbenam sambil ditemani megahnya pemandangan Kota Singa dari kejauhan. 
Selain pemandangannya, Pantai Tanjung Pinggir juga memiliki pasir putih yang bersih, serta sebuah wahana wisata selfie di depan Rumah Hobbit, seperti yang ada di Farmhouse Bandung.

2. Pulau Ranoh

 Pulau Ranoh
Photo: Genpi.co
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Kota Batam dikelilingi banyak sekali pulau kecil yang dianugerahi keindahan alam luar bisa, salah satu di antaranya ya Pulau Ranoh. Untuk menuju ke pulau ini kita harus menyebrang menggunakan perahu nelayan atau perahu milik Pulau Ranoh, dengan estimasi waktu kurang lebih 30 menit dari Pelabuhan Labun di Pulau Galang.

Baca Juga: 5 Tempat Nongkrong di Bandung Dengan Desain Unik dan Harga Bersaing

Sesampainya di sana, kamu akan langsung disapa oleh keindahan panorama sekitar Pulau Ranoh, serta bersihnya pasir putih yang ada di sana. Semenjak di kembangkan, berbagai fasilitas pun tersedia di Pulau Ranoh, mulai dari penginapan, restoran, tempat hiburan, hingga wahana wisata air tersedia lengkap.

Oleh karenya, enggak heran dong, jika tempat wisata di Batam ini menjadi lokasi favorit bagi wisatawan.

3. Pulau Mubut Darat

Pulau Mubut Darat

Bosan dengan suasana pulau dan pantai yang ramai akan wisatawan? Kalau begitu, Pulau Mubut Darat adalah tempat wisata di Batam yang sesuai untukmu. Berbeda dengan Pulau Ranoh, Pulau Mubut Darat lebih menawarkan eksplorasi keindahan alam daripada berbagai pendukung yang lengkap. Maka dari itu, tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini. 

Baca Juga: Yuk, Wisata Seru ke Pulau Umang!

Namun jangan sedih, meski tak dibekali berbagai fasilitas mewah, namun banyak sekali aktivitas yang dapat kamu lakukan di tempat ini. 
Mulai dari berenang, bersantai di pinggir pantai, sampai dengan menikmati sunset di pulau dengan pasir putihnya yang sangat bersih.

4. Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk

Pulau Mubut Darat masih ke-mainstream-an? Wah, kalau begitu kamu harus mengujungi tempat wisata anti-mainstream di berikut ini. Terletak di tenggara Kota Batam, nama Pulau Tunjuk mungkin tak sementereng pulau-pulau lain yang ada di wilayah Kepulauan Riau, namun keindahan pulau ini juga enggak kalah kerennya, lho.

Selain bisa menenangkan diri, sambil menikmati desiran ombak di pantai, pulau yang memiliki pasir putih bak mutiara ini juga tempat yang indah untuk menikmati sunrise dari ufuk timur Batam.

5. Pulau Abang



Mana nih para penikmat olahraga air? Nah, tempat wisata di Batam berikut ini merupakan lokasi yang cocok untukmu melalukan berbagai macam olahraga air. Keindahan alam bawah laut Pulau Abang sungguh tak bisa dipandang sebelah mata.

Memiliki air yang jernih, gugusan karang yang cantik, serta berbagai jenis ikan yang eksotis, Pulau Abang merupakan salah satu spot snorkeling terbaik yang ada di Kepulauan Riau.

6. Pulau Petong

Pulau Petong
Photo: Pemburu pantai
Selain Pulau Abang, Pulau Petong adalah tempat wisata di Batam yang menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Dipenuhi berbagai macam biota laut yang cantik, serta air laut yang jernih, lokasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai spot snorkeling dan juga diving. 
Jika kamu enggan bermain air, suasanya di Pulau Petong juga sangat pas kok untuk sekedar bersantai dan mengistirahatkan badan dari rutinitas sehari-hari.

7. Sea Forest Adventure




Diberi nama Sea Forest Adventure, tempat wisata di Batam yang baru beroperasi pada tahun 2017 ini diklaim sebagai kawasan terbesar di Kota Batam, yakni seluas 10 hektare. Mengusung konsep nature, adventure, dan survival science, berbagai macam aktivitas outdoor tersedia di sana, mulai dari jetski, parasailing, banana boat, mangrove tour, hingga camping semuanya lengkap.

Segala wahana dan aktivitas sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai usia, maka dari itu, Sea Forest Adventure merupakan lokasi yang tepat untuk menghabiskan weekend bersama keluarga.

8. Taman Habibie Tangga Seribu


Bosan dengan wisata pantai? Tenang, ada juga kok tempat wisata di Batam yang menawarkan keindahan landscape wilayahnya, terutama dari ketinggian. Salah satunya adalah kawasan Taman Habibie Tangga Seribu yang baru dibuka pada tahun 2018 silam. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Penang yang Wajib Dikunjungi

Benar, lokasi ini memang ada hubungannya dengan mantan Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie. Dinamakan demikian, karena konon, lokasi itu dulunya merupakan kediaman Presiden Habibie di Batam. 
Dari Taman Habibie kamu dapar menikmati keindahan Kota Batam dari ketinggian. Tidak hanya itu, pemandangan laut sekitarnya pun terlihat jelas dari kawasan ini.

9. Kawasan Nagoya




Bukan cuma Jepang saja, Kota Batam juga punya lho, yang namanya Nagoya. Kawasan yang menyerupai seperti China  Town-nya Batam ini merupakan surge belanja barang-barang branded berharga miring. Iya, sebagai kawasan free trade zone atau kawasan perdagangan bebas, semua barang yang masuk ke Kota Batam tidak akan dikenakan pajak sedikit pun.

Itu sebabnya, Batam termasuk sebagai salah satu kota destinasi wisata belanja yang ada di Indonesia, dan Nagoya adalah kawasan dengan ratusan toko yang menjajakan barang-barang mewah nan murah.
Jika kamu berkunjung ke Batam, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata di Batam yang satu ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berwisata!

Tag : Traveling
0 Komentar untuk "Bukan Sekedar Kota Transit, 9 Tempat Wisata di Batam Ini Wajib Untuk Dikunjungi"

Back To Top